Khasiat Daun Bidara menurut Islam, Sudah Tahukah?

0
44
khasiat daun bidara

Khasiat Daun Bidara – Dalam Alquran, pohon bidara kerap kali disebutkan sebagai pohon yang haram ditebang oleh kita. Namun tahukah Sobat tentang khasiat daun bidara?

Jika belum, maka penting sekali untuk mencari tahu tentang tanaman bidara yang memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana. Yakni sejenis pohon kecil yang mampu menghasilkan buah dan biasa tumbuh di tanah yang kering.

Sobat Cahaya Islam, yang seringkali kita dengar dari manfaat daun bidara adalah digunakan sebagai bahan alami yang membantu pengobatan ruqyah.

Daun tersebut cukup ditumbuk dengan batu hingga halus. Lalu dimasukkan ke dalam air dan dibacakan aurat Al-Faatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, Pangkal Al-Baqarah, ayat kursi dan ujung Al-Baqarah serta tahlil.

Kemudian disiramkan pada tubuh orang yang kesurupan agar setan di dalamnya keluar. Daun ini memang dikenal mampu mengusir jin.

Bahkan, tak jarang daun bidara juga digunakan saat memandikan jenazah. Yakni dengan cara meremasnya hingga hancur lalu dicampur ke wadah air yang dipakai untuk memandikan.

5 Khasiat Daun Bidara menurut Islam

Akan tetapi, ada banyak pula kandungan di dalamnya yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Beberapa ayat Alquran menyebutkan pohon ini. Salah satunya di surat Al-Waqiah ayat 27-29 yang berbunyi:

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ () فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ () وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ () وَظِلٍّ مَمْدُودٍ

“Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri. Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya). Dan naungan yang terbentang luas.” (QS: Al-Waqi’ah ayat 27-30)

1.      Obat Herbal

khasiat daun bidara

Tanaman bidara memang sudah lama difungsikan sebagai obat herbal yang khasiatnya ampuh.

Hal ini disebabkan tanaman penghuni surga itu mengandung senyawa alami sehingga mengandung manfaat bagi kesehatan yang penuh ragam.

Mulai dari melancarkan fungsi pencernaan, lalu meningkatkan imunitas tubuh, hingga sifatnya yang antioksidan.

2.      Mengontrol Gula Darah

Selain itu, dengan cara minum air rebusan daun bidara juga bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Kita dianjurkan minum secara rutin agar gula darah menjadi stabil. Tak heran jika daun ini sering diburu untuk dijadikan obat penderita diabetes.

3.      Menurunkan Kolesterol

khasiat daun bidara

Selain menstabilkan kadar gula darah, ekstrak daun bidara juga memiliki pengaruh yang memberi dampak baik bagi kolesterol.

4.      Menyembuhkan Luka

Daun bidara menyimpan zat anti-inflamasi dan juga anti bakteri di dalamnya sehingga berpotensi membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Tak hanya itu, kulit juga bisa regenerasi dengan optimal.

Caranya cukup dengan menghaluskan daun bidara hingga bisa dioleskan pada bagian tubuh yang terluka.

5.      Daya Tahan Tubuh

Daun bidara ternyata juga mempunyai kemampuan dalam menjaga daya tahan tubuh. Ada kandungan sapinin, flavonoid, yakni senyawa yang selain membuat imunitas optimal juga mampu menghadang stres.

Memang, bidara sudah bukan lagi tumbuhan langka yang sulit ditemui. Bahkan kita pasti tak asing jika menjumpai pohon ini tumbuh di sekitar rumah.

Sebab, banyak orang awam yang juga meyakini bahwa bidara mampu mengatasi beberapa permasalahan yang tergolong kecil. Seperti tumbuhnya jerawat di wajah hingga sariawan pada mulut.

Belum lagi, kita mengaplikasikannya dengan cara yang cukup mudah dan tidak perlu susah payah mengeluarkan biaya.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai khasiat daun bidara menurut agama Islam sebagaimana tertuang dalam ayat-ayat Alquran. Semoga artikel ini memberikan manfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY