Keutamaan Surat Al-Ikhlas, Benarkah Setara dengan Sepertiga Alquran?

0
485
Keutamaan Surat Al-Ikhlas

Keutamaan Surat Al-Ikhlas – Kasih sayang dan rahmat Allah SWT sangatlah luas. Terkadang, Allah pun memberikan keutamaan khusus bagi suatu umat, terlebih bagi yang membaca ayat-ayat Alquran.

Salah satunya adalah keutamaan Surat Al-Ikhlas, yang mana bagi pembacanya dihitung setara dengan membaca sepertiga Alquran. MasyaAllah.

Meski demikian, ada yang mengherankan. Yakni bukannya malah termotivasi untuk lebih bersemangat memperbanyak amalan-amalan baik.

Justru memilih semakin malas dan biasa saja dengan keutamaan dahsyat tersebut. Seolah-olah malah menjauhinya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda,

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

“Demi Zat yang jiwaku ada di tangan-Nya, ia sebanding dengan sepertiga Al-Qur`an.” (HR. Bukhari no. 5013, Abu Dawud no. 1461, Nasa’i no. 995 dan Ahmad no. 11306)

5 Keutamaan Surat Al-Ikhlas

Nah, Sobat Cahaya Islam, Surat AL-Ikhlas yang merupakan surat ke 122 dan tergolong surat Makkiyah ini terdiri dari empat ayat.

Makna yang terkandung di dalamnya juga sangat indah dan membacanya pun memiliki banyak manfaat. Antara lain:

1.      Mendatangkan Rezeki

Siapa sangka, Sobat, jika surat Al-Ikhlas sanggup menjauhkan kita dari kemiskinan dan juga mendatangkan rezeki bertubi-tubi jika kita istiqomah membacanya.

Keutamaan Surat Al-Ikhlas

Terlebih lagi, jika dibaca saat hendak memasuki rumah, maka kefakiran akan hilang dan sirna dari dalam penghuni rumah terseut. Bahkan tetangganya pun memperoleh kebaikan itu pula.

2.      Ketika Meninggal Dishalati 70.000 Malaikat

Pernah ada satu kisah yang tertera dalam hadits Anas ibn Malik. Di mana satu pagi Rasulullah SAW bersama dengan sahabatnya, Anas ibn Malik tersebut menjumpai sebuah keanehan.

Yakni matahari tetap bersinar namun tampak redup, padahal tidak mendung.

Ternyata, itu adalah bertepatan dengan wafatnya Muawiyah ibnu Muawiyah Al-Laisi. Allah SWT pun mengirimkan 70.000 malaikat untuk menshalatinya. Mengapa dia memperoleh kemuliaan yang sangat luar biasa itu?

Kemudian Rasulullah menjawab, bahwa semasa hidup Muawiyah itu senantiasa banyak membaca surat Al-Ikhlas di waktu siang, malam, pagi, waktu duduk, berjalan, berdiri dan dalam setiap keadaan.

3.      Diampuni Dosa

Pernah Rasulullah SAW enggan menyalati jenazah seseorang di mana dia meninggal dunia dalam keadaan masih memiliki utang.

Namun tiba-tiba Allah SWT mengutus Malaikat Jibril untuk menyampaikan pesan kepada Rasulullah agar menshalatinya. Sebab Allah SWT telah mengampuni dosanya dan melunasi utang orang tersebut.

Mengapa? Diketahui bahwa orang itu mengamalkan surat Al-Ikhlas sebanyak 100 kali setiap hari. Makqzna di dalam surat tersebut memang terdapat penjelasan tentang sifat-sifat Allah SWT serta pujian untukNya.

4.      Pembuka Pintu Surga

Rasulullah SAW pernah menyampaikan kepada para sahabat agar saat menjadi imam shalat agar tidak pernah meninggalkan surat Al-Ikhlas. Karena bagi orang yang sering membaca surat tersebut maka wajib baginya untuk masuk ke surga kelak saat hari kiamat. masyaAllah.

5.      Mendapatkan Pahala Senilai Sepertiga Alquran

Membaca Alquran diyakini setara dengan membaca sepertiga Alquran. Maka dari itu, membacanya secara rutin setiap hari sebanyak 100 kali dapat menjad bekal amal untuk keselamatan di hari akhir kelak.

Keutamaan Surat Al-Ikhlas

Jadi apabila ada yang mungkin terasa berat bahkan tidak sanggup jika harus membaca sepertiga Alquran pada malam hari. Maka kita bisa menggantinya dengan membaca surat Al-Ikhlas.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ تَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

“Qulhuwallahu ahad (surah Al-Ikhlas) sebanding dengan sepertiga Al-Qur’an.” (HR. Muslim no. 811)

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai keutamaan surat Al-Ikhlas. Semoga artikel ini bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY