Doa Meminta Kekayaan yang Bisa Sobat Hafalkan

0
76
doa meminta kekayaan

Doa meminta kekayaan – Terdapat doa meminta kekayaan yang bisa dijadikan sebagai ikhtiar untuk meminta kecukupan harta kekayaan. Pada dasarnya, setiap orang tentu menginginkan memiliki ekonomi yang stabil.

Hanya saja, meski telah bekerja banting tulang siang dan malam, tetapi tidak semuanya diberi kekayaan berlimpah. Agar selalu bertawakal kepada Allah SWT atas limpahan rezeki yang telah diberikanNya, tidak ada salahnya merutinkan membaca doa untuk meminta kekayaan yang halal lagi baik.

Pilihan Doa Meminta Kekayaan

Di situs-situs pemberitaan online belakangan ini sering dibahas tingkat pengangguran yang semakin tinggi. Supaya Allah SWT berkenan melimpahkan rezeki yang halal lagi baik kepada kita semua, sebaiknya Sobat Cahaya Islam rajin-rajin membaca salah satu dari doa berikut:

1. Doa Memohon Rezeki yang Melimpah dan Baik

“Ya Allah, wahai Dzat yang Maha Esa tiada terbagi-bagi, wahai Dzat yang Maha Esa tiada bersekutu, wahai Dzat yang Maujud, wahai Dzat yang Maha Pemurah, wahai Dzat yang Maha Pembagi, wahai Dzat yang Maha Mulia, wahai Dzat yang Maha Pemberi, wahai Dzat yang Memiliki Anugrah, wahai Dzat yang Maha Kaya, wahai Dzat yang Maha Pemberi wahai Dzat yang Maha pembuka pintu rezeki, wahai Dzat yang Maha Mengetahui, wahai Dzat yang Maha Hidup, wahai Dzat yang Maha Pengasih, wahai Dzat yang Maha Penyayang, wahai Dzat yang Maha Pemberi Anugrah, limpahkanlah rezeki dari-Mu dengan kelimpahan sebaik-baiknya yang dapat memberikan kecukupan bagi diriku, terlepas dari pengharapan pemberian siapapun selain Engkau.”

2. Doa Memohon Rezeki Halal dan Berkah

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, seorang hamba dan juga Rasul-Mu, Nabi pembawa rahmat, dan kepada semua keluarga serta sahabatnya. Limpahkanlah salam kesejahteraan sebanyak bilangan sesuatu yang berada di bawah pengetahuan-Mu dan sejalan dengan perjalanan pena-Mu dan sesampainya hukum-Mu karenanya. Ya Allah, wahai Dzat yang Maha menguasai rahasia-rahasia langit dan bumi, wahai Dzat yang Maha menghendaki berkata kepada sesuatu dengan kun fayakun (jadi maka jadilah), aku memohon agar hendaknya Engkau melimpahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, dan kepada semua keluarganya dan hendaknya Engkau menyelamatkan diriku dari hutang. Hendaklah Engkau memberi kecukupan kepadaku dari kefakiran, dan melimpahkan rezeki kepadaku dengan rezeki yang halal lagi luas, mengandung keberkahan di dalamnya. Hendaklah Engkau meluluskan semua hajat keperluanku dan semoga Engkau senantiasa melimpahkan rahmat dan salam kesejahteraan-Mu kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW dan semua keluarga serta para sahabatnya.”

Hukum Berdoa Meminta Kekayaan

Pada dasarnya, berdoa meminta kekayaan tidak dilarang. Hanya saja pastikan perbuatan tersebut tidak sampai melalaikan dan harus diimbangi dengan bekerja dalam bidang yang halal lagi baik.

Berdasarkan keterangan Syekh Abdullah As-Syarqawi. Menurutnya, sebaiknya berdoa yang sewajarnya saja, artinya jangan berdoa meminta sesuatu secara berlebihan. Penjelasannya ada di bawah ini:

“Untuk yang kedua (berlebihan dalam berdoa) contohnya permohonan kepada Allah untuk dianugerahi derajat kenabian; dianugerahi harta melimpah yang tidak mungkin terwujud (menurut kalkulasi matematik) dari praktik bisnis tertentu; atau berdoa dengan suara yang terlampau keras,” (Lihat Syekh Abdullah As-Syarqawi, Hasyiyatus Syarqawi ala Tuhfatut Thullab, Beirut, Darul Fikr, 2006 M/1426-1427 H, juz I, halaman 60).

Amalan Pelancar Rezeki

Selain merutinkan membaca doa meminta kekayaan, perlu juga rajin-rajin melakukan amalan yang bisa menjadi perantara kelancaran rezeki. Mengenai apa saja itu, pembahasannya ada pada poin-poin berikut:

1. Membaca Surah Al-Waqi’ah

Salah satu amalan yang dapat menarik rezeki adalah membaca surah Al-Waqiah secara istiqomah. Dalam hadits riwayat imam Baihaqi dijelaskan bahwa orang yang membaca surah Al-Waqiah setiap malam maka tidak akan fakir.

2. Melaksanakan Shalat Dhuha

Shalat dhuha boleh dikerjakan setelah matahari terbit hingga 15 menit sebelum masuk waktu shalat dhuhur. Penjelasan mengenai khasiat shalat dhuha yang dapat melancarkan rezeki dijelaskan dalam hadits riwayat Imam Al-Hakim dan Ath-Thabrani.

Isinya menjelaskan bahwa anak Adam tidak boleh malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat dhuha). Sebab, Allah SWT berjanji akan melancarkan rezeki orang yang rajin shalat dhuha.

3. Memperbanyak Istighfar

Setiap harinya, seseorang tanpa sadar melakukan berbagai dosa. Bukan hanya mencegah pengabulan doa, dosa juga bisa mencegah datangnya rezeki. Agar rezeki semakin deras, Sobat Cahaya Islam harus rutin membaca istighfar.

Dalil mengenai hal tersebut ada dalam surah Nuh ayat 10-12 yang menjelaskan bahwa jika seseorang meminta ampun dengan sungguh-sungguh, maka Allah SWT akan menurunkan hujan lebat dari langit.

Sementara itu, keutamaan istighfar juga dijelaskan dalam hadits riwayat Abu Dawud. Di dalamnya diterangkan bahwa Allah SWT akan melapangkan setiap kesulitan, memberi jalan keluar setiap masalah, dan mendatangkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

4. Menjaga Silaturahmi

Amalan selanjutnya yang dapat melancarkan rezeki adalah menjaga silaturahmi. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadits riwayat Imam Bukhari yang berisi penjelasan mengenai dilapangkannya rezeki orang yang suka menyambung tali silaturahim.

Sebagai informasi, doa meminta kekayaan di atas terdapat dalam buku Kumpulan Doa Pembuka Rezeki karya Ust. Fayumi Al-Maliki yang bisa Sobat Cahaya Islam panjatkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY