Keutamaan Menjaga Wudhu, Sudah Tahu?

0
230
Keutamaan Menjaga Wudhu 3

Keutamaan menjaga wudhu – Wudhu adalah salah satu kegiatan bersuci agar kaum muslimin dapat mengerjakan ibadah shalat wajib maupun sunnah secara sah. Kegiatan wudhu itu sendiri adalah membasuh sebagian anggota tubuh sesuai anjuran islam dengan air. Selain itu, wudhu juga diiringi dengan bacaan niat agar menjadikannya sah atau suci.

Dalam islam sendiri, kita tahu bahwasanya wudhu menjadi syarat sebelum melaksanakan ibadah shalat. Namun dalam keadaan tertentu wudhu dapat dilakukan dengan cara tayamum agar ibadah tetap dapat dilaksanakan dengan sah. Namun tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya ketika seorang muslim menjaga wudhu ternyata ada beberapa keutamaan lho menurut islam?

Keutamaan Menjaga Wudhu, Ini Diantaranya Menurut Islam

Keutamaan Menjaga Wudhu 1

Keutamaan menjaga wudhu tentu saja tidak hanya dapat membersihkan diri dari hadats saja dalam rangka untuk mengerjakan ibadah shalat. Namun ada beberapa keutamaan lainnya yang bisa kita peroleh. Sebelum itu, dalam ayat Al Quran telah tertulis bagaimana kaum muslimin perlu untuk berwudhu agar menjadikan kita bersih atau suci saat mengerjakan ibadah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.

Lalu apa keutamaan menjaga wudhu menurut pandangan dalam islam?

Keutamaan Menjaga Wudhu 2

Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Salah satu keutamaan menjaga wudhu adalah dapat menghapus dosa-dosa kaum muslimin. Ketika kita menyempurnakan wudhu, maka seolah dosa-dosa kita akan keluar dari bawah kuku dan luntur bersama air yang mengalir dari air wudhu.

Mendapatkan Setengah Iman

Kaum muslimin yang dapat menjaga atau menyempurnakan wudhu, maka ia akan mendapatkan setengah dari iman.

Bercahaya Ketika Hari Kiamat

Keutamaan menjaga wudhu diantaranya adalah bercahaya ketika hari kiamat. Tentu saja apabila seorang muslim dapat menjaga, menyempurnakan dan juga mengimbangi dengan memperbanyak amalan.

Diberi Balasan Surga

Wudhu tampak seperti hal yang sederhana atau sepele, namun tahukah sobat CahayaIslam bahwasanya orang yang dapat menjaga wudhu dan menyempurnakannya maka dapat menjadi jembatan untuk menuju surga.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ma’idah Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY