5 Keutamaan Berdzikir, Hidup Tentram Hingga Mati pun Masuk Surga

0
647
keutamaan berdzikir

Keutamaan Berdzikir – Berdzikir berarti kita mengingat Allah SWT, entah itu bentuk lisan maupun perbuatan. Namun kita sering kali lupa apa saja keutamaan berdzikir, padahal ada banyak sekali.

Segala sesuatu yang apabila kita kerjakan bertujuan untuk mencari ridha Allah SWT adalah dinamakan dengan ibadah. Saat kita hidup di dunia, sudah sepatutnya untuk sesering mungkin mengingat Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 35:

إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلْخَٰشِعِينَ وَٱلْخَٰشِعَٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya: Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلاً (42)

“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab:41-42)

5 Keutamaan Berdzikir

Dengan berdzikir, hati pun akan terasa tenteram dan jauh dari berbagai penyakit hati yang merusak iman. Nah, Sobat Cahaya Islam, selain itu, berdzikir juga memiliki banyak sekali keutamaan. Apa saja?

1.      Hidup Senantiasa Merasa Cukup

Semua yang terjadi pada makhluk alam semesta ini tak lain atas kehendak dan kuasa Allah SWT. Dialah Dzat yang Maha mengetahui apa pun yang bahkan tidak diketahui oleh makhlukNya.

Saah satunya adalah mengenai kebutuhan dari kita, Allah SWT selalu memenuhi apa saja yang kita butuhkan dalam menjalani hidup ini. Hanya saja seringkali kita merasa kurang padahal sebenarnya cukup.

keutamaan berdzikir

Dengan banyak dzikir, hati yang suka merasa kurang atas nikmat Allah SWT itu pun akan tiada.

Sebab dia yakin bahwa Allah SWT senantiasa memberikan apa yang menjadi kebutuhan hambaNya. Bahkan melalui arah yang kadang tidak terduga.

2.      Masuk Surga

Seseorang yang sering berdzikir kepada Allah SWT saat waktu luang maupun waktu sibuk, saat sehat maupun sakit, saat masih kaya maupun miskin, maka Allah jaminkan baginya masuk surga saat di akhirat nanti.

keutamaan berdzikir

3.      Mendapatkan Predikat Orang Terbaik di Akhirat

Saat kiamat kelak, orang-orang yang selama hidupnya senantiasa menghabiskan waktunya untuk banyak berdzikir kepada Allah SWT maka kelak di akhirat dia akan mendapatkan predikat sebagai orang terbaik di hadapanNya. MasyaAllah.

4.      Mendapatkan Pahala Kebaikan Berlipat-lipat

Berdzikir juga bisa membuat seseorang dicatat amalannya menjadi 10 kebakan dan dihapuskan 10 kesalahan.

Dia juga mendapat pahala setara dengan memerdekakan 10 orang budak, serta terlindung baginya dari gangguan setan dan iblis.

5.      Terhindarkan dari Penyakit Hati

Adapun berdzikir juga menghindarkan kita dari berbagai penyakit hati. Mulai dari cemas, gelisah, rasa resah dan takut pada kesusahan yang ada di dunia.

Orang yang demikian, biasanya akan tunduk dan bertakwa kepada Allah SWT tanpa memikirkan hal-hal yang tidak ada urusannya dengan akhirat.

Selain itu, terbebas dari penyakit-penyakit hati juga bisa membuat seseorang lebih mengenal Allah SWT sehingga hatinya menjadi kuat dan wajahnya pun bersinar cerah.

Sebab, orang-orang yang menderita penyakit hati di atas seringkali tidak peduli dengan ibadah yang sepatutnya diprioritaskan. Ada saja alasan yang dibuat-buat seolah tidak sempat melakukannya.

Padahal, berdzikir bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Bahkan hanya menggumamkannya dalam hati pun boleh, asalkan memang ditujukan untuk mengingat Allah dan mencari ridhanya.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai apa saja keutamaan berdzikir bagi kebaikan saat kita hidup maupun setelah mati nantinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY