Ketahui Fakta dan Dampak Perceraian Seperti yang Dialami Lulu Tobing

0
34
Lulu Tobing

Lulu Tobing – Perceraian Lulu Tobing, mantan artis senior nampaknya menambah deretan angka cerai di kalangan selebriti papan atas. Padahal berita gosip sudah jarang mengabarkan desas desus adanya keretakan rumah tangga keduanya. Walhasil, beberapa netizen sempat kecewa dengan kandasnya hubungan mereka.

Sobat Cahaya Islam, maraknya angka perceraian di dunia entertainment nampaknya harus masuk ke dalam proses pengkajian. Sebab jika angka terus bertambah akan menyebabkan terjadinya kerapuhan pada mental generasi terkait aspek rumah tangga. Mengapa bisa demikian? Sebab seorang artis maupun aktor adalah kategori orang – orang berpengaruh yang sangat diidolakan oleh para fansnya.

Bagaimana Seharusnya Umat Menyikapi Perceraian Sang Artis Senior Lulu Tobing?

Sobat Cahaya Islam, umat perlu memahami bahwa perceraian bukanlah suatu aktivitas yang baik dan menghasilkan dampak negatif. Beberapa diantaranya yakni :

1. Menjadikan Keluarga Bercerai Berai

Salah satu hal yang menjadi dampak negatif dari perceraian yakni keharmonisan keluarga dapat terganggu. Gangguan tersebut tidak hanya bisa terasa dalam keluarga inti, namun juga dapat merambah pada keluarga besar yakni dari sang ayah dan ibu.

Jika lingkungan keluarga tersebut baik, maka Insya Allah SWT antar keluarga besar akan saling mendukung. Namun faktanya, banyak fakta mengenai perceraian yang malah menyebabkan ikatan antar dua keluarga besar menjadi hancur bahkan saling bermusuhan.

2. Anak tak Mendapat Kasih Sayang yang Utuh

Lulu Tobing

Selain itu, dampak negatif lain dari perceraian yakni sang anak akan sering berada dalam kegamangan. Hal tersebut terjadi lantaran sang anak bingung untuk memilih dengan siapa akan tinggal. Memang, perceraian yang melibatkan anak – anak di bawah usia baligh mengharuskan sang anak tinggal dengan sang ibu.

 Namun, fakta banyak membuktikan bahwa tak semua ibu memiliki kemampuan untuk bisa membangun kedekatan personal dengan sang anak. Sehingga dalam kasus perceraian yang melibatkan anak usia dini, maka sang ayah menjadi orang terpilih yang memiliki hak asuh.

Apa saja Faktor Penyebab Perceraian seperti Lulu Tobing yang Marak Terjadi?

Lulu Tobing

Perceraian secara sederhana bermakna akhir dari sebuah hubungan yang matang yang mana dalam perjalanannya ada komponen yang tak sejalan, seperti yang terjadi pada Lulu Tobing. Secara umum, beberapa faktor di antaranya adalah :

1. Perbedaan Keyakinan

Salah satu hal yang mendasari sebuah hubungan yakni keyakinan antar pasangan. Pasangan dengan keyakinan yang sama, dalam hal ini sama – sama seorang muslim, tentu akan mudah untuk mencoba menguraikan masalah. Sebab, mereka akan mencari dengan solusi yang sama yakni Islam. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 221 yakni :

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكٰتِ حَتّٰى يُؤْمِنَّ ۗ وَلَاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّلَوْ اَعْجَبَتْكُمْ ۚ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِيْنَ حَتّٰى يُؤْمِنُوْا ۗ وَلَعَبْدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكُمْ ۗ اُولٰۤىِٕكَ يَدْعُوْنَ اِلَى النَّارِ ۖ وَاللّٰهُ يَدْعُوْٓا اِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِاِذْنِهٖۚ وَيُبَيِّنُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ ࣖ

Artinya : Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. (Allah) menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran.

2. Perbedaan Visi Misi

Selain itu, perceraian juga dapat terjadi bila kedua orang yang sedang menjalin hubungan memiliki visi misi yang berbeda. Hal ini kerap kali terjadi bila awal pertemuan atau biasa disebut proses taaruf tak saling menyampaikan segala sesuatu dengan terbuka. Akhirnya, beberapa fakta yang seharusnya perlu disampaikan menjadi bumerang dalam biduk rumah tangganya. Sebab, visi dan misi haruslah sejalan agar mudah untuk menggapainya.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai fakta perceraian Lulu Tobing serta pembahasan faktor perceraian secara general. Semoga kedepan, uamt menjadi semakin hati – hati dalam menjaga keharmonisan keluarga serta lebih bersabar memperjuangkannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY