Keistimewaan Surat Al Kahfi Bagi Umat Islam

0
39
Keistimewaan Surat Al Kahfi

Keistimewaan Surat Al Kahfi – Hari Jumat merupakan hari raya bagi umat Islam sehingga salah satu hal yang disunnahkan yakni mengisi hari tersebut untuk menjemput keistimewaan surat Al Kahfi dengan membacanya. Terdapat berbagai keistimewaan yang bisa didapatkan oleh umat saat membacanya bahkan jika ikut mengamalkannya.

Sobat Cahaya Islam, walaupun terdapat banyak keistimewaan Surat Al Kahfi tentu hal tersebut tidak menjadikan fokus umat teralihkan. Fokus utamanya yakni umat menjalankan Sunnah Rasulullah SAW sehingga mendapatkan ridho dari Allah Ta’ala.

Apa Makna dari Surat Al Kahfi di dalam Alquran?

Keistimewaan Surat Al Kahfi

Sobat Cahaya Islam, terdapat berbagai kandungan dalam surat Al Kahfi yang dapat diamalkan. Menurut tafsir Ibnu katsir, Al Kahfi bermakna para penghuni goa dimana mengisahkan ketaatan tujuh pemuda yang shaleh beserta seeokor anjing dari jangkauan para penguasa kafir dan sangat dzalim.

Para pemuda ini lari sampai di mulut goa lantaran menolak untuk menyembah berhala. Kemudian, atas izin Allah SWT, mereka ditidurkan selama 309 tahun serta kembali bangkit dalam keadaan ada dalam lingkungan masyarakat dan penguasa yang mengimani Allah Ta’ala.

Keistimewaan Surat Al – Kahfi

Keistimewaan Surat Al Kahfi

Allah SWT adalah Maha yang mengetahui segalaNya termasuk yang mengatur apapun yang diberikan kepada hambaNya. Walaupun demikian, rasulullah sebagai utusan Allah SWT tak pernah mengajarkan umat untuk melakukan suatu peribadatan dengan pamrih. Sehingga, atas kesadaran pemikiranlah umat melakukan sebuah amalan.

Namun, Allah SWT adalah sang Maha Baik. Bahkan sebab kebaikan dari Allah SWT lah, umat yang senantiasa menjalankan sunnah dengan membaca al Kahfi akan mendapatkan keistimewaan. Beberapa diantaranya adalah :

1.      Diampuni Dosanya Secara Keseluruhan

Dalam kitab tafsir yang dikarang oleh Al-Hafiz Abu Bakar, beliau menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah menyampaikan bahwa orang – orang yang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan diampuni dosanya diantara dua jumat. Masya Allah sekali ya?

Padahal, umat hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk membacanya, namun karunia yang diberikan Allah begitu besar. Tentu amalan ini tidak bisa disepelekan. Selain itu, membaca Al Kahfi juga akan mengajarkan umat tentang ketaatan pemuda terhadap Islam.

2.      Menjadi Cahaya Kelak di Hari Kiamat

Salah satu keistimewaan lain dari membaca surat Al Kahfi yakni akan menjadi pelita antara si pembaca dengan Ka’bah serta yang akan menyinari di hari Kiamat. Hari kiamat adalah hari dimana manusia mempertanggungjawabkan amalan perbuatannya.

Di hari itu pula, manusia hanya akan berjalan ditemani amal. Sehingga membaca surat Al Kahfi merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk dirutinkan agar mendapatkan syafaat dari Allah Ta’ala.

Hal ini pun juga sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yakni :

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

3.      Terpelihara dari Marabahaya Fitnah Dajjal

Rasulullah SAW menyampaikan dalam sabdanya bahwa umat yang membaca surat Al Kahfi di hai jumat akan terpelihara dari fitnah bahkan ketika Dajjal keluar sekalipun. Tentu, hal tersebut merupakan keistimewaan yang tak dapat dilewatkan. Sebab, fitnah Dajjal tak dapat dengan mudah dihindari layaknya fitnah manusia.

Hal ini sudah dikabarkan oleh Rasulullah SAW sendiri bahwa fitnahnya jauh lebih menyesatkan dan menyebabkan umat goyah akan keimanannya. Maka dari itu, terdapat beberapa doa khusus agar umat terhindar dari bahaya fitnah Dajjal.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa ulasan mengenai keistimewaan surat Al Kahfi. Walaupun terdapat berbagai keistimewaan, semoga hal tersebut tak menjadikan umat fokus teralih untuk bertaqarrub ilallah. Sedangkan keistimewaannya sebagai bonus dari Allah Ta’ala saja.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY