Keimanan Sebagai Pondasi Ibadah Kepada Allah, Inilah Ciri-Ciri Muslim yang Beriman!

0
43

Ciri-Ciri Muslim yang Beriman – Dalam kehidupan umat beragama Islam, beribadah menjadi salah satu kewajiban yang hendaknya tidak ditinggalkan seorang muslim. Namun, apakah Sobat Cahaya Islam tahu, apa pondasi ibadah kepada Allah swt.

Yang menjadi pondasi ibadah seseorang kepada Tuhan-Nya yakni keimanan. Tanpa adanya keyakinan terhadap Allah swt, maka setiap perbuatan yang dilakukan tidak bernilai ibadah.

Beriman dan yakin seyakin-yakinnya akan keberadaan Allah swt, segala perbuatan diniati karena-Nya, maka hal itu menjadi pondasi yang kuat terhadap ibadah yang dilakukan. Sebagaimana yang dinyatakan dalam Firman Allah swt, Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 2-4 yang berbunyi:

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ – ٢ الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ ۙ – ٣ وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ وَبِالْاٰخِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَۗ -٤

“Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat. (Qs. Al-Baqarah: 2-4)”

Ciri-Ciri Muslim yang Beriman

Landasan keimanan dalam beribadah menjadi salah satu awal sikap pasrah manusia terhadap ajaran Islam. Hal ini sebagai salah satu tanda, bahwa memasuki pintu keislaman hendaknya didasari kesadaran yang penuh tanpa paksaan sedikit pun.

Lalu, muslim yang bertakwa akan senantiasa memelihara diri dari pedihnya siksaan Allah swt dengan menjalankan segala perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya. Sebagaimana dalam Firman Allah swt. Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 256:

لَآ اِكْرَاهَ فِى الدِّيْنِۗ قَدْ تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَّكْفُرْ بِالطَّاغُوْتِ وَيُؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقٰى لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗوَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ – ٢٥٦

“Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada Tagut dan beriman kepada Allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (Qs. Al-Baqarah: 256)”.

Orang yang bertakwa tidak hanya dikatakan takut saja, melainkan harus disertai keimanan yang kuat. Lantas, apa saja Ciri-Ciri Muslim yang Beriman? Nah, Sobat Cahaya Islam berikut ini ciri-ciri yang akan ditunjukkan oleh seorang muslim yang beriman. Yuk simak ulasan berikut ini!

1.   Percaya Terhadap Hal yang Gaib

Pertama, Ciri-Ciri Muslim yang Beriman yakni mengimani hal yang gaib. Dalam hal ini, gaib yang dimaksud yakni wujud Allah swt, malaikat serta jin. Perlu dijelaskan, makna yang tersirat dari mengimani hal yang gaib maksudnya yaitu percaya/ meyakini bahwa setiap makhluk gaib seperti malaikat dan jin itu ada dan diciptakan oleh Allah swt.

2.   Mendirikan Shalat

Selanjutnya, ciri lainnya yakni senantiasa mendirikan shalat. Secara bahasa, shalat diartikan sebagai so’a. adapun secara istilah diartikan sebagai suatu ibadah yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam yang dilakukan sebagia bukti pengabdian serta kerendahan terhadap Sang Khaliq. Perintah shalat dilaksanakan dengan jasmaniyah dan rohaniyah sebagai salah satu langkah untuk ingat dan dekat kepada Allah swt.

3.   Menafkahkan Sebagian Rizki

Ciri-Ciri Muslim yang Beriman lainnya yakni senantiasa menafkahkan sebagian rizki yang dimilikinya. Setiap muslim hendaknya menyakini bahwa apa yang dimilikinya hanyalah sebuah titipan dan terdapat hak orang lain yang telah disyariatkan dalam agama, seperti fakir, miskin, anak yatim, dan sebagainya. Rizki yang dikeluarkan bisa melalui infak, zakat, maupun sedekah.

4.   Mengimani Kitab-Kitab Allah swt

Orang muslim yang beriman senantiasa mengimani kitab-kitab Allah swt. yakni Al-Quran, Zabur, Taurat dan Injil. Meyakini setiap kitab Allah swt bukan berarti mengikuti ajaran-ajaran yang terdapat di dalam kitab sebelum Al-Quran,melainkan percaya dan yakin bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitab sebelum Al-Quran dan menjadikan Al-Quran sebagai kitab terakhir yang menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya.

5.   Beriman Terhadap Hari Akhir

Selanjutnya, Ciri-Ciri Muslim yang Beriman lainnya yakni meyakini akan adanya hari akhir yang dijadikan sebagai kehidupan pertanggungjawaban dari segala perbuatan manusia di dunia. Akan ada masa dihisab yakni setelah dibangkitkan dari alam kubur. Setiap perbuatan besar maupun kecil akan diperhitungkan dengan keadilan Allah swt.

6.   Mengimani Rukun Iman

Adapun, terkahir Ciri-Ciri Muslim yang Beriman yakni mengimani rukun iman. Seperti yang telah Sobat Cahaya Islam ketahui, terdapat enam  poin rukun iman yang perlu diyakini yakni iman kepada Allah swt, iman kepada para malaikat, iman kepada para nabi dan rasul, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada hari akhir serta iman terhadap qada dan qadar Allah swt.

Nah, itulah beberapa Ciri-Ciri Muslim yang Beriman yang hendaknya menjadi wawasan serta pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hal memang sulit untuk dpraktikkan, tetapi jika dilakukan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan, maka segalanya akan mudah untuk dilakukan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY