Karyawati Kawan Lama Group Dilecehkan, Begini Cara Menghindarinya

0
612
Kawan Lama Grup

Kawan Lama Grup – Salah satu karyawati di Kawan Lama Grup, mendapatkan pelecehan dari rekan kerjanya. Hal ini sesuai dengan pengakuan yang dibeberkan oleh suami korban Richo Pramono, melalui laman Twitter-nya.

Hal ini bermula ketika istrinya diminta untuk menjadi foto model produk di perusahaannya. Selepas pengambilan gambar selesai, Richo menuturkan fotografer dengan insial DC mengambil foto punggung istrinya tanpa izin sama sekali.

Foto tersebut tidak digunakan untuk kebutuhan kantor, melainkan dijadikan bahan untuk melecehkan istrinya di grup kantor. Tidak hanya tanpa izin, foto tersebut juga berisi gambar istrinya yang sedang melakukan fitting, jadi tampak bra yang terlihat di punggung.

Setelah foto tersebut di share di grup, banyak komentar bermunculan. Salah satunya tanggapan dari SB. Ia mengeluarkan perkataan tidak pantas dan cenderung melecehkan.

Richo juga menyebutkan, bahwa ada dua karyawan lain dengan insial VV dan T yang ikut melecehkan istrinya. Seolah sedang diframing keduanya mengirim foto lain berisi foto sang istri dan temannya yang sedang duduk berdampingan. Keduanya dianggap sebagai seorang wanita panggilan menunggu untuk dipilih.

Bahkan DC menyeret nama anaknya dalam percakapan tersebut. Tentu saja membuat amarah Richo semakin memuncak. Ia sampai menegaskan dirinya akan mendampingi sang istri menghadap HR untuk melayangkan gugatan terkait kasus ini.

Richo juga mengajukan untuk memecat secara tidak hormat, orang-orang yang melecehkan istrinya. Menurutnya orang-orang seperti mereka harus dipecat, karena setiap orang harus memiliki lingkungan kerja yang sehat, bukan toxic.

Ia juga mengungkapkan bahwa bibit predator bisa muncul, karena lingkungan yang membiarkan prilaku seperti ini. Richo juga berencana untuk menempuh jalur hukum atas pelecehan yang menimpa istrinya.

Tanggapan Kawan Lama Group

Berdasarkan akun Instagram Kawan Lama Group tengah melakukan investigasi lebih lanjut. Pihak perusahaan menuliskan, bahwa perusahaan tidak mentolerir segala bentuk pelecehan dan memiliki komitmen untuk menghilangkan pelecehan seksual di tempat kerja.

 Untuk menghadirkan lingkungan yang sehat, aman dan nyaman bagi setiap karyawan. Perusahaan ini juga siap dan mendukung langkah yang diambil oleh korban dan siap melakukan kerjasama bersama korban.

Kasus ini memberikan gambaran yang mengerikan tentang kehidupan di luar sana. Manusia sulit mengendalikan hawa nafsu dan akal pikirannya. Islam sendiri selalu memberikan jawaban atas permasalahan yang ada, termasuk cara menghindari pelecehan seksual.

Cara Menghindari Pelecehan Seksual dalam Islam

1.       Melihat lawan jenis karena ada hajat

Usahakan untuk tidak memerhatikan lawan jenis tanpa ada urusan tertentu. Setan selalu membisikan dan mempengaruhi manusia untuk berbuat jahat setiap detiknya.  Muslimah juga diharuskan untuk menutup seluruh tubuh yang merupakan aurat.

2.       Tidak menyentuh lawan jenis

Jangan menyentuh lawan jenis, meski mahrom sekalipun. Kita patut mewaspadai, karena sentuhan bisa menimbulkan hawa nafsu. Bisa kita lihat beberapa kasus yang terjadi belakangan ini ayah melecehkan anak, sodara laki-laki melecehkan sodara perempuannya, dan kasus keluarga lainnya.

3.       Menundukkan pandangan

Kawan Lama Grup

Paling utama untuk menghindari perbuatan tercela ini, harus menundukan pandangan. Sesuai dengan firman Allah.

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’” (QS. An-Nur [24] : 30)

Dan sabda Rasulullah;

“Mata itu berzina, hati juga berzina. Zina mata adalah dengan melihat (yang diharamkan), zina hati adalah dengan membayangkan (pemicu syahwat yang terlarang). Sementara kemaluan membenarkan atau mendustakan semua itu.” (HR. Ahmad no. 8356. Dinilai shahih oleh Syaikh Syu’aib Al-Arnauth.)

4.       Menjaga penampilan

Kawan Lama Grup

Menjaga penampilan ini sangat penting bagi perempuan. Seperti kita ketahui, banyak laki-laki yang melakukan pelecehan pada perempuan yang pakaiannya terbuka.

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Mengetahui informasi terbaru tentang karyawan Kawan Lama Group yang mengalami pelecehan, dan cara pencegahannya semoga kita bisa terhindari perbuatan ini. Wallahu’alam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY