Kajian Islam Manfaat Mengucapkan Salam Sebagai Amalan

0
456
Kajian Islam Manfaat Mengucapkan Salam Sebagai Amalan

Kajian Islam – Ucapan salam memang menjadi suatu hal yang tidak asing bagi kaum muslimim. Dikatakan tidak asing lagi lantaran lafal salam itu sering diucapkan seorang manusia yang beragama islam kepada saudara seiman. Mengucapakan salam biasanya dilakukan oleh seorang muslimin disaat bertemu dengan sesama muslim. Ternyata tindakan yang begitu mudah dilakukan ini termasuk dalam amalan soleh.

Kajian Islam Manfaat Mengucapkan Salam Sebagai Amalan

Seorang muslim yang gemar mengucapkan salam kepada saudaranya akan mendapatkan pahala dari sisi Allah SWT. Dalam kajian islam, mengucapakan kalimat salam tergolong sebagai tindakan yang dianjurkan. Maka dari itulah amalan soleh yang mudah ini harus selalu dikerjakan.

Kepada siapa sajakah kita dianjurkan mengucapkan Salam?

Kajian Islam Manfaat Mengucapkan Salam Sebagai Amalan2

Sobat cahaya islam, ucapan salam memang menjadi suatu hal yang dianjurkan dalam ajaran islam. Hal ini dikarena ucapan salam merupakan doa keselamatan bagi saudara seiman. Oleh sebab itulah, maka setiap muslim dianjurkan untuk mengucapkan salam kepada saudara seiman walupun ia tidak mengenalnya.

Ketika seorang muslim mengucapkan salam kepada kita. Lantas apa yang seharusnya dilakukan? menurut kajian islam, jawaban dari pertanyaan ini adalah sebagai seorang yang beragama islam kita wajib membalasnya. Bahkan apabila sanggup membalas ucapan salam tadi dengan yang lebih baik lagi. Pernyataan ini berdasarkan firman Allah SWT dalam kitab suci Al Qur’an:

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.” [1]

Dalam ayat di atas dijelaskan secara gamblang bahwa Allah SWT sebagai Tuhan Penguasa Alam memerintahkan kaum muslimin untuk membalas salam yang telah diberikan oleh saudaramu. Balaslah ucapan salam tadi minimal yang senilai atau sama dengan yang diucapkan pertama kali. Akan tetapi bisa lebih bagus lagi jika dibalas degan ucapan yang lebih panjang dan baik. Dalam akhir ayat dijelaskan bahwa Allah SWT akan membalas setiap perbuatan hamba Nya walaupun hanya mengucapkan salam.

Pada dasarnya, ucapan salam menurut kajian islam memang menjadi amalan yang diperhitungkan. Jenis amalan yang satu ini begitu mudah untuk dilakukan. Dengan kata lain, seorang muslim yang mengucapkan dan membalas salam akan dicatat sebagai amal kebaikan. Oleh karena itulah, sudah semestinya sebagai kaum muslimin senantiasa mengucapkan salam kepada semua saudara seiman.

Manfaat Mengucapkan Salam Bagi Umat Islam

Mengucapkan salam termasuk suatu tindakan yang terpuji. Dalam kajian islam, mengucapkan kalimat salam kepada sesama muslim menjadikan hal yang penting. Dikatakan sebagai hal atau tindakan penting lantaran dalam untaian kalimat salam terkandung doa untuk saudara seiman. Karena poin tersebut, maka sesama umat islam dianjurkan untuk salam bertegur sapa dengan mengucapkan salam.

Kalimat Assalamu’alaikum menjadi suatu rangkaian kata yang bermakna tinggi. Dalam kajian islam, kalimat salam itu terdapat kandungan keselematan bagi orang yang menerimanya. Doa keselamatan ini tentu saja menjadi sangat istimewa untuk diberikan kepada saudara seiman. Selain itu, mengucapkan salam juga memberikan berbagai manfaat atau faedah bagi kaum muslimin. Berikut ini berbagai manfaat atau faedah mengucap salam yang perlu sobat cahaya islami ketahui.

memunculkan rasa cinta sesama muslim

Menyapa saudara seiman dengan ucapan salam memang menjadi awal mula muncul rasa cinta terhadap sesama. Oleh karean itulah, maka setiap muslim dianjurkan mengucapkan salam kepada saudara seiman walupun tidak mengenalnya. Hal ini sesuai hadits nabi :

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، وَوَكِيعٌ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا ‏.‏ أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُم

Abu Huraira melaporkan: Rasululloh SAW mengamati: kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian saling mencintai, sebarkanlah salam diantara kalian. [2]

Pada hadits diatas dijelaskan bahwa sesorang muslim akan saling mencintai jika mengucapkan salam sesama umat islam. Dengan demikain jelas sudah bahwa kalimat salam juga menjadi wujud cinta kita kepada saudara seiman. Sehingga dengan membudayakan ucapan salam rasa kasing sayang terhadap sesama muslim akan tumbuh secara alami.

Memperat ikatan persaudaraan

Manfaat atau faedah lain dari mengucapkan salam adalah kuatnya ukhuwah islamiyah. Dalam kajian islam, ucapan salam merupakan sebuah untaian do’a. Maka dari itulah, jika tindakan ini dibudayakan sesama muslim secara otomatis akan mempererat tali persaudaraan. Alhasil persatuan antar sesama muslim menjadi lebih kuat.


[1] Surat An Nisa (4) ayat 86

[2] H.R. Muslim nomer 54 (shahih), bab Mengklarifikasi bahwa tidak seorang pun akan masuk surga kecuali orang-orang percaya; mencintai orang-orang percaya adalah bagian dari iman dan menyebarkan Salam adalah cara untuk mencapai itu

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!