Kajian Islam Manfaat Sifat Sabar dalam Bertetangga

0
254
Hispanic referee between arguing neighbors

Kajian Islam – Agama islam menjadi sebuah kepercayaan yang tergolong lengkap. Dikatakan sebagai sebuah kepercayaan atau agama lengkap lantaran syariat yang dibawa oleh nabi agung Muhammad SAW ini mengatur semua sendi kehidupan umat manusia. Salah satu bagian dari sendi kehidupan yang diatur oleh syariat isalam yakni tata cara bertetangga. Pada dasarnya, tetangga merupakan orang yang tinggal disekitar lingkungan kita. Tetangga menjadi orang pertama yang akan memberikan bantuan apabila kita mengalami kesusahan. Karena begitu penting peran tetangga, maka tidak mengherankan jika hubungan bertetangga ada dalam ajaran islam. Dengan adanya aturan bertetangga menurut agama islam maka diharapkan tercipta kehidupan harmonis dengan orang disekitar tempat tinggal. Dalam berbagai kajian islam pun seorang muslimin dituntut untuk selalu menjaga tali persaudaraan dengan tetangga karena Manfaat Memiliki Sifat Sabar dalam Kehidupan Bertetangga sangatlah di perlukan mengingat sifat setiap umat di dunia ini beragam.

Kajian Islam Manfaat Sifat Sabar dalam Bertetangga

Dalil Tentang Anjuran Bertetangga Dalam Ajaran Islam

Sobat Cahaya Islam, tetangga memang menjadi bagian yang penting bagi seorang manusia. Pada dasarnya, tetangga merupakan orang yang tinggal disekitar kita. Tetangga menjadi orang yang mengetahui tentang seluk beluk diri kita. Hal ini dapat terjadi karena setiap harinya pasti bersosialisasi dengan tetangga. Dalam kajian islam, sebagai kaum muslimin dianjurkan untuk selalu berbuat baik kepada tetangga. Berbuat baik kepada tetangga ini akan membuat Allah SWT ridho terhadap diri seorang muslim.

Berbuat baik terhadap tetangga memang menjadi salah satu akhlak yang mulia. Seseorang yang selalu bersikap baik pasti akan dapat diterima di lingkungannya. Orang – orang disekitar tempat tinggal akan menyukai kehadiran orang dengan akhlak baik tersebut. Hal ini sesuai dengan kajian islam yang menganjurkan berbuat baik pada tetangga dalam Al Qur’an dijelaskan bahwa :

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri, [1]

Dalam kajian islam ayat di atas telah dijelaskan bahwa seorang muslim harus berbuat baik pada tetangga, baik itu tetangga jauh ataupun tetangga dekat. Allah swt menyukai orang yang berbuat baik pada tetangga dan tidak membangga – banggakan diri.

Berbagai Manfaat Sifat Sabar Dalam Bertetangga

Sobat cahaya islami, menjalin hubungan baik dengan tetangga menjadi perintah Allah yang wajib kita taati. Akan tetapi terkadang muncul pertanyaan apabila kita telah berbuat baik lalu tetangga berifat kurang baik, lantas apa yang dilakukan? Pertanyaan memang menjadi hal yang umum terjadi. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini yakni bersikap sabar dan terus berbuat baik.

Menurut kajian islam, sikap sabar terhadap tetangga yang berperilaku kurang baik ternyata memberikan berbagai dampak positif atau manfaat. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai manfaat sikap sabar dalam bertetangga yang perlu kaum muslimin ketahui.

Termasuk salah satu sikap terpuji

Manfaat pertama dari sikap sabar dalam bertetangga menurut ajaran islam yakni termasuk dalam sikap mterpuji. Seseorang yang tetap bersikap baik terhadap tetangga yang membenci tentu termasuk dalam perbuatan yang baik. Dengan tetap terus istiqomah dengan sikap sabar ini maka tidak menutup kemungkinan sikap tetangga akan menjadi lebih baik.

Mendapat pahala dari Allah SWT

Mendapatkan pahala dari Allah SWT termasuk keuntungan dari sikap sabar dalam bertetangga. Ketika menghadapi tetangga yang tidak baik terhadao diri kita, sikap sabar menjadi hal terbaik. Seseorang yang tidak menaruh rasa benci terhadap tetangga buruk akan mendapat pahala dari sisi Allah SWT.

Terhindar dari penyakit hati

Dalam kajian islam, penyakit hati merupakan hal yang berbahaya. Penyakit ini bisa muncul dari sikap benci terhadap orang lain. Oleh karena itulah, maka tetap bersabar terhadap tetangga yang berperangi buruk akan memberi keuntungan. Seseorang yang tetap bersikap sabar akan terhindar dari berbagai macam penyakit hati.


[1] Q.S. An Nisa (4) ayat 36

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!