Kajian islam Bertemu Allah dan Sifat Zuhud Seseorang

0
139
kajian islam tentang memiliki sifat zuhud dalam hidup untuk kecintaan dalam bertemu Allah nanti di Akhirat
kajian islam tentang memiliki sifat zuhud dalam hidup untuk kecintaan dalam bertemu Allah nanti di Akhirat

Bertemu Allah dan sifat zuhud – Ada sebuah quote motivasi islam yang jadi satu favorit dan dipajang di kantor tim cahayaislam: Beribadahlah seolah kamu akan mati besok, dan bekerjalah seolah kamu akan hidup seribu tahun lamanya

Quote motivasi islam favorit ini sebenarnya cukup dalam bila kita telisik lebih jauh. Dimana sebenarnya sebagai orang islam yang memiliki iman kita tahu betul bahwa:

Dunia ini hanyalah tempat sementara dan semua Hamba akan kembali kepada Allah SWT

Lalu apa kaitannya dengan artikel kali ini yang akan menjelaskan tentang bertemu Allah dan sifat zuhud? yuk simak poin demi poin yang ingin kami jelaskan.

Orang islam harus mendambakan Bertemu Allah

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلاَنَ، حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنْ قَتَادَةَ، قَالَ سَمِعْتُ أَنَسًا، يُحَدِّثُ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ مَنْ أَحَبَّ لِقَاءَ اللَّهِ أَحَبَّ اللَّهُ لِقَاءَهُ وَمَنْ كَرِهَ لِقَاءَ اللَّهِ كَرِهَ اللَّهُ لِقَاءَهُ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ وَفِي الْبَابِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَعَائِشَةَ وَأَنَسٍ وَأَبِي مُوسَى ‏.‏ قَالَ حَدِيثُ عُبَادَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Apa yang akan terjadi bila kita lagi sebel sama orang lain tapi kita harus bertemu mereka? pastinya BETE banget kan buat ketemu.

Analoginya seperti itu, dalam hadits diatas dijelaskan bahwa: Siapapun yang mengharapkan dengan cinta untuk bertemu dengan Allah, maka Allah akan bersuka cita pula untuk bertemu dengannya (1)

Jadi, setiap muslim haruslah ingin dan bersuka cita dalam proses bertemu dengan Allah. Karena Allah akan bersuka cita pula. Dalam artian lain, kita harus jadi hamba yang tidak khawatir pada kematian yang akan menjemput kita. Namun lebih fokus pada mencari bekal sebanyak banyaknya untuk menghadapinya.

Karena Bertemu Allah adalah Dambaan, Maka Sifat Zuhud wajib dimiliki

Nah, karena kematian bukanlah suatu hal yang akan menjadi momok bagi orang iman yang bersuka cita dalam bertemu Allah. Maka Perlu adanya antisipasi lebih ketat pada halangan – halangan yang akan membuat kita tersesat, yakni:

Menghilangkan sikap terlalu cinta pada Dunia

Karena pada dasarnya dunia itu penuh dengan hal hal yang menyenangkan. Yang pada akhirnya akan menjerumuskan kita dan menjadikan kita lupa kepada Tuhan. Oleh karenanya Memiliki sifat zuhudtentu bisa menjadi hal yang perlu.

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ وَلَلدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya? (2)

Kesimpulan Bertemu Allah dan Perlunya Sifat Zuhud

Dari beberapa poin yang sudah kita ulas diatas. Sebenarnya prinsip yang ada cukup sederhana. Kita sebagai orang islam harus sadar betul bahwa kematian merupakan suatu kodrat yang harus manusia lalui.

Kematian itu adalah satu fase yang membuat kita lebih dekat untuk bertemu Allah

Dari kematian yang sifatnya inevitable (tidak bisa dihindari) inilah kita harus berusaha sekuat tenaga untuk membawa diri kita supaya tidak terlena dengan kehidupan dunia atau menjadi diri yang terlalu mencintai dunia.

Oleh karena itu, cara yang bisa kita lakukan adalah:

Membentuk Karakter dan sifat Zuhud kita menjadi lebih baik

Yuk, sama sama kita usahakan, semoga bermanfaat!


Catatan Kaki

(1) – H.R Tirmidzi 2309 – كتاب الزهد

(2) – Al Quran Surat Al An’am ayat 32

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!