Jelang Hari Ibu Nasional, Ketahui 3 Cara Berbakti Kepada Ibu sesuai Anjuran Islam

0
392

Hari Ibu Nasional – Menjelang Hari Ibu Nasional, banyak orang yang sudah mencari hadiah atau kado untuk ibunya di rumah. Hari Ibu Nasional diadakan di Indonesia pada tanggal 22 Desember, sedangkan di beberapa negara lainnya Hari Ibu Nasional diadakan pada bulan Mei. Jika di Indonesia pada umumnya hari Ibu diadakan dengan cara menyediakan surprise atau sejenis hadiah yang dipersembahkan kepada ibu. Maka, di negara lain merayakan hari Ibu berarti membebaskan tugas dan kewajiban seorang ibu, seperti membersihkan rumah dan memasak.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk selalu menghargai dan menghormati ibu kita. menunjukkan kasih sayang dan memberikan hadiah kepada Ibu tidak hanya dapat dilakukan ketika Hari Ibu Nasional saja. Tetapi, juga bisa dilakukan pada hari-hari biasanya. Lalu, bagaimana cara berbakti kepada ibu sesuai anjuran Islam?

3 Cara Berbakti Kepada Ibu Sesuai Anjuran Islam Untuk Merayakan Hari Ibu Nasional

Ibu adalah seseorang yang telah mengandung dan melahirkan kita kedunia ini. Selain itu, Ibu juga yang membesarkan kita dengan penuh kasih sayang. Dalam hadis dan ayat-ayat Alquran, Allah memerintahkan kita untuk berbakti kepada orang tua. Salah satunya adalah ibu.

Akhir-akhir ini, banyak orang yang merayakan hari Ibu sebagai wujud berbakti kepada ibu. Meskipun sebenarnya berbakti kepada Ibu bisa kita lakukan setiap hari. Contohnya dengan membantu pekerjaan ibu, seperti membersihkan kamar tidur. Lalu, Apakah ada cara lainnya lagi untuk menunjukkan kita berbakti kepada Ibu menurut Islam?

Tentu saja ada. Cara-cara tersebut diantaranya adalah:

1. Tidak Berkata Kasar Kepada Ibu

salah satu cara berbakti kepada Ibu adalah dengan tidak mengucapkan kata-kata yang kasar kepadanya. Hal tersebut tentunya sulit bagi remaja pada saat ini yang terbiasa memberontak dengan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh keluarganya. Kebanyakan dari mereka suka melawan perintah ibunya dengan kata-kata yang ketus dan terdengar menyakitkan.

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (Q.S. Al-Isra’ : 23).

Oleh karena itu, dalam suatu ayat di Alquran Allah melarang kita untuk berkata kasar kepada orang tua kita. hal tersebut dikarenakan kata-kata yang kasar dapat menyakiti dan membuat orang tua kita bersedih. Oleh karena itu, kita harus berbicara dan berperilaku lemah lembut terhadap orang tua kita sebagai wujud berbakti dan taat kepada perintah Allah.

2. Menyenangkan Hati Ibu

menyenangkan hati ibu juga dapat dilakukan sebagai salah satu cara berbakti kepada ibu. Pada Hari Ibu Nasional ini banyak orang yang akan memberikan kejutan dan hadiah kepada ibu mereka. Memberikan hadiah menjadi salah satu cara untuk menyenangkan hati ibu.

3. Mendoakan Ibu

Doa adalah salah satu hadiah terindah yang bisa kita berikan kepada ibu. Hari Ibu Nasional bisa dirayakan dengan banyak mendoakan ibu kita. Doa tidak hanya memberikan kebaikan di dunia tetapi juga di akhirat.

Itulah 3 berbakti kepada Ibu menurut anjuran Islam untuk merayakan Hari Ibu Nasional. Kita sebagai seorang anak selayaknya selalu berusaha menghormati, menghargai, dan membahagiakan kedua orang tua kita. Semoga Allah selalu meridhoi orang tua kita. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY