Ingin Mengajak Anak Ke Masjid? Perhatikan Hal-hal ini ya!

0
1354
Ingin Mengajak Anak Ke Masjid? Perhatikan Hal-hal ini ya!

Tips IslamiMembiaskan kebiasaan baik kepada Anak-anak kita untuk dekat dengan masjid sangat kami rekomendasikan. Biasanya para orang tua mengajarkan kebiasaan dekat dengan lingkungan masjid tersebut dengan mengajak anak ke masjid, khususnya pada waktu-waktu shalat untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Terlebih bila anak-anak anda sudah masuk di umur 10 tahun yang mana sejalan dengan hadits perintah Rasulullah tentang memerintahkan anak diumur itu untuk shalat.

مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ ، وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

Namun, niyat baik tersebut bisa juga menjadi suatu hal yang merugikan bilamana ternyata si kecil kita malah membuat gaduh ketika shalat berjamaah di masjid. Tentu saja ini akan mengganggu kekhusyu’an para jamaah shalat. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa ulasan penting tentang hal-hal yang perlu anda perhatikan bila anda ingin mengajak anak ke masjid. Cek langsung deh!

Pertama: Kenali tipikal buah hati anda terlebih dahulu

Bila anda ingin mengajak anak ke masjid, sebaiknya ketahui dulu tipikal buah hati anda. Banyak para ahli parenting islami yang membagi tipikal anak dan perilakunya di masjid menjadi tiga: (1) Anak kecil yang tidak rewel, (2) Anak kecil yang rewel, dan (3) Anak yang sudah bisa diatur.

Ketahui dari ketiga itu, anak anda termasuk yang nomor berapa? Anak tipe nomor 3 adalah yang paling aman, berbeda dengan 2 tipe yang lainnya. Anak dengan kriteria nomor 1 biasanya memang memiliki tipikal yang tidak rewel, namun belum bisa diatur dengan baik.

Anak kecil tipe ini biasanya masih belum bisa diberi pengertian tentang apa yang kita lakukan didalam masjid. Namun tipe nomor 1 masih lebih mudah untuk dihandle daripada tipe kedua yaitu anak kecil yang rewel. Anak kecil tipe 2 memiliki dua hal yang perlu konsiderasi anda: dia biasanya membuat keributan dan dia belum bisa diatur.

Jangan biarkan anak anda berkeliaran sembarangan, jaga dia disisi anda

Sobat Cahayaislam bisa memberi nasihat kepada anak-anak anda untuk tidak berkeliaran. Atau memberi peringatan kepada mereka kalau mereka tidak mau menurut kepada anda, maka anda tidak akan mengajak mereka ke masjid lagi. Maka dari itu sediakan shaf kosong disamping anda untuk anak-anak anda dan jaga dia selalu agar berada disisi anda. Biasanya anak-anak membuat kegaduhan ketika shalat itu bermula dari mereka dan anak-anak lain yang berkeliaran.

Bawa Minuman atau mainan yang bisa membuat buah hati anda tenang

Beberapa pakar parenting yang tim Cahayaislam temui juga memberikan tips untuk membawa minuman atau mainan yang anak anda sukai untuk menenangkan mereka. Minuman bisa berupa air putih atau air susu untuk mereka yang masih balita, dan mainan untuk mereka yang sudah berumur diatas 3 tahun bisa menjadi ide yang cukup baik. Selain agar mereka tidak rewel, tips ini juga menjaga agar anak anda tidak berkeliaran di sekitar masjid membuat kegaduhan.

Segera atasi bila anak anda membuat gaduh atau menangis ketika shalat berlangsung

Ketika waktu shalat berjamaah sudah dimulai, namun anda melihat anak anda sedang membuat kegaduhan atau menangis, maka sebagai orang tua haruslah tanggap untuk mengatasi hal itu. Segera tenangkan mereka agar tidak membuat kegaduhan lebih parah. Anda bahkan bisa juga menggendong mereka ketika shalat. Rasulullah pernah mencontohkan shalat dengan menggendong anak kecil. Praktiknya dengan menggendongnya ketika berdiri dan meneruh mereka didepan ketika sedang sujud.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY