Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Pentingnya Nilai-Nilai Agama Untuk Kesehatan Mental Menurut Pandangan Islam!

0
18
Hari Kesehatan Mental Sedunia dan Peran Nilai Agama

Hari kesehatan mental sedunia – Pada tanggal 10 Oktober 2020 ini diperingati sebagai World Mental Health Day. Peringatan hari kesehatan mental ini memang diperingati setiap tanggal 10 pada bulan Oktober. Kesehatan mental sendiri adalah bagian penting yang mana sangat berpengaruh terhadap perilaku atau emosi seseorang. Situasi psikologis yang kurang baik bisa menyebabkan gangguan mental. Dan ini bisa berakibat pada depresi, stress dan perilaku mental yang menunjukkan adanya penyimpangan.

Hari Kesehatan Mental Sedunia dan Pentingnya Nilai Agama Untuk Kesehatan Mental

Kesehatan mental tentu saja dipengaruhi oleh kondisi yang mendukung, seperti rasa senang atau bahagia. Terlebih lagi kesehatan mental ini akan berpengaruh pada perilaku, kehidupan sehari-hari bahkan juga hubungan relasi. Itu sebabnya, penting untuk menjaga kesehatan mental. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya nilai-nilai agama cukup berperan penting untuk menjaga kesehatan mental kita. Sehingga meningkatkan keimanan kita akan membantu dalam menjaga kesehatan mental juga lho.

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Pentingnya Nilai-Nilai Agama Untuk Kesehatan Mental

Hari Kesehatan Mental Sedunia dan Pentingnya Agama Untuk Menjaga Mental

Hari kesehatan mental sedunia mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kesehatan mental. Dengan memiliki mental yang sehat, maka inipun akan mendorong kita pada perilaku yang positif juga. Oleh karena itu, islam pun menganjurkan untuk melakukan beberapa hal guna tetap menjaga kesehatan mental. Selain ini memberikan perasaan bahagia, tenang namun juga berpengaruh pada perilaku yang lebih positif. Lalu apa sebenarnya pentingnya nilai-nilai agama untuk kesehatan mental menurut pandangan islam?

Menciptakan Pikiran Yang Positif

Hari Kesehatan Mental Sedunia dan Ini Pandangan Islam

Dengan menanamkan nilai-nilai agama, maka ini akan membantu kita untuk menciptakan pikiran-pikiran yang lebih positif. Kenapa begitu? Islam mengajarkan kita untuk bersyukur, berprasangka baik dan melakukan tindakan atau bersikap yang mengacu pada kebaikan. Sehingga ini akan meminimalisir pikiran negatif apalagi perasaan seperti tidak bersyukur. Itu akan menciptakan perasaan yang lebih tenang dan pikiran yang tidak mengarah pada prasangka negatif. Tentu saja ini menenangkan dan baik untuk kesehatan mental kita.

Nilai Agama Sebagai Penawar Segala Hal

Saat merasakan sakit, sedih, kecewa maka penawar terbaik adalah nilai-nilai agama islam yang ada. Termasuk Al-Quran sebagai salah satu rahmat dan penawar bagi kaum muslimin. Ini artinya, nilai agama berperan penting untuk memberikan ketenangan atau yang berkaitan dengan kesehatan mental juga. Dengan menanamkan nilai-nilai agama dengan baik, maka kita akan terhindar dari hal-hal yang bisa menganggu kesehatan mental kita lho sobat CahayaIslam.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.(1)

Menjauhkan Dari Perilaku Buruk

Sobat CahayaIslam, dengan menanamkan nilai-nilai agama maka ini akan membantu untuk menjaga kesehatan mental kita. Salah satunya bisa menjauhkan kita dari perilaku buruk. Dengan begitu, kita juga tidak akan terjerumus pada hal-hal yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental.

Hari kesehatan mental sedunia – mengingatkan kita bahwa sangat penting menjaga kesehatan mental. Sebagai seorang muslim, nilai-nilai agama islam lah yang menjadi kunci untuk mencapai mental yang sehat.


Catatan Kaki:

(1) –  Surat Al-Isra’ Ayat 82

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!