Hari Gizi dan Makanan, Muslim Perlu Tahu Makanan yang Mengandung Banyak Gizi di Al-Qur’an

0
47

Hari Gizi dan Makanan – Hari besar nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, yang pada mulanya ditetapkan tepat pada tanggal 25 Januari 1951 yang dicetuskan oleh Prof. Poorwo Soedarmo. Sehingga di tahun 2021 ini, genap memasuki 70 tahun Hari Gizi.

Adapun tema di Hari Gizi dan Makanan pada tahun ini adalah “Remaja Sehat, Bebas Anemia”. Tema ini mengandung tujuan agar remaja generasi penerus bangsa bisa sehat, khususnya dari penyakit anemia yang sering mendera. Jika remaja sehat, Insya Allah bisa menjadi harapan bangsa lebih maju.

Sobat Cahaya Islam, gizi dan makanan menjadi hal yang pokok mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia, lebih luas lagi kesejahteraan bangsa. Sebagai umat Islam tentu mengharapkan tubuh yang sehat dan kuat sebagai wasilah (perantara) menjalankan ibadah.

Coba bayangkan apabila sakit atau kurang gizi menjalankan ibadah jadi tidak maksimal. Belum juga tugas-tugas permasalahan duniawi yang perlu dibereskan. Oleh karena itu, di momen istimewa ini, kita perlu tahu beberapa makanan yang bergizi dan tercantum dalam Al-Qur’an.

Makanan yang Bergizi dalam Al-Qur’an Perlu Diketahui di Hari Gizi dan Makanan

Ada banyak sebenarnya makanan-makanan yang bergizi tertera dalam Al-Qur’an. Namun kali ini hanya akan membahas lima saja, berikut penjelasannya:

Susu

Susu dipercaya kaya akan gizi. Kalau dalam istilahnya susu sebagai penyempurnaan dari empat sehat (ada nasi, lauk-pauk, sayur-mayur, dan buah-buahan). Allah SWT menciptakan beberapa jenis hewan ternak untuk diambil susunya demi memenuhi kebutuhan kalsium bagi manusia.

Begitu selaras dengan anjuran untuk wanita menyusui bayinya hingga genap dua tahun sebagaimana ajaran agama Islam. Hal ini dibuktikan dari lebih sehatnya ASI bagi pertumbuhan bayi dibandingkan dengan susu formula.

Buah Tin

Buah tin, buah yang diabadikan namanya sebagai nama surah di juz 30 yang biasa ditemukan di benua Asia bagian barat kaya akan manfaat.

Manfaat buah tin antara lain, dapat meningkatkan kesuburan, menguatkan tulang, bagus untuk pencernaan, serta dapat mengobati beberapa penyakit: anemia, tumor, penyakit jantung, dan kolesterol.

Buah Zaitun

Buah satu ini tidak kalah manfaat mengingat kandungan gizinya yang beragam mengandung antioksidan yang bisa menjadi  campuran untuk berbagai produk herbal, maupun bahan-bahan kosmetik serta bisa digunakan untuk memasak sebagai pengganti minyak goreng.

Madu

Cairan yang dihasilkan dari hewan lebah ini, tidak usah diragukan lagi kandungan gizinya. Rasulullah SAW sering mengonsumsinya, bahkan menjadi salah satu rahasia kuat stamina beliau semasa hidupnya.

Berikut dalil tentang manfaat madu dalam Al-Qur’an tercantum dalam surah An-Nahl ayat 68 sampai 69.

وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ (68) ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, ’Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia’. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir.” (QS. An-Nahl [16]: 68-69)

Ikan

Hewan air yang memiliki protein tinggi, menjadi kunci bagi negara maju seperti Jepang. Jepang yang sempat mengalami masa sulit, mampu mengatasi kondisi seperti itu diperkuat dengan cara hidupnya sebagai negara yang mengonsumsi ikan terbanyak.

 Lima makanan yang mengandung banyak gizi sekaligus dianjurkan oleh agama Islam di mana diabadikan dalam Al-Qur’an, bisa kita konsumsi sehari-hari yang terpenting tidak berlebihan. Sebab apa-apa yang berlebihan akhirnya tidak baik.

Semoga di Hari Gizi dan Makanan ini cita-cita bangsa sesuai dengan tema yang dicanangkan pemerintah dapat tercapai. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY