Handika Pratama Buka Warkop Untuk Bantu Pengangguran, Ini Pandangan Islam Tentang Pengangguran

0
49
Handika Pratama 1

Handika Pratama – Di tengah pandemi covid-19 ini angka pengangguran kian meningkat. Banyak orang yang harus kehilangan pekerjaan atau bahkan kesulitan mencari kerja. Hal ini karena laju ekonomi yang menurun. Sehingga beberapa perusahaan mungkin harus mengurangi jumlah karyawannya atau bahkan gulung tikar. Ini memicu angka pengangguran yang semakin tinggi. Oleh karena itu, Handika Pratama yang merupakan artis sinetron mencoba membuka lapangan pekerjaan baru. Ia membuat usaha warkop kekinian.

Handika Pratama 1

Usaha warkop yang Handika buat ini bertujuan untuk membantu pemerintah juga mengurangi pengangguran di Indonesia. Tentu saja tindakan yang dilakukan Handika patut di contoh. Dengan kemampuan menciptakan lapangan pekerjaan baru, ia berusaha mendirikan usaha yang juga bisa membantu orang lain.

Islam mengajarkan kita untuk saling tolong menolong dalam kebaikan. Dan tentu saja memudahkan urusan orang lain menjadi amalan yang Allah SWT sukai lho.

Handika Pratama Buka Warkop Untuk Bantu Pengangguran, Ini Pandangan Islam Tentang Pengangguran

Handika Pratama 2

Handika Pratama mewujudkan impiannya untuk membuka warkop kekinian dengan sahabatnya. Hanya sebagai sumber usahanya saja, ini juga dalam rangka mengurangi angka pengangguran yang ada. Handika mencoba menyediakan lapangan kerja baru.

Ini adalah salah satu sikap yang terpuji dan lagi bisa menjadi contoh bagi kaum muslim yang lainnya untuk saling membantu. Islam juga mengajarkan kaum muslimin untuk membantu orang lain dan memudahkan urusan orang lain.

وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۖ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (1)

Ayat ini menggambarkan bagaimana islam menjadikan manusia saling berkaitan dengan manusia lainnya. Sebagai makhluk sosial, maka kita diajarkan untuk memiliki jiwa sosial dan hubungan sosial yang baik dengan orang lain. Ini bisa terwujudkan dengan sikap saling tolong menolong. Lalu bagaimana pandangan islam tentang pengangguran?

Pada dasarnya Allah telah mengatur rezeki tiap-tiap orang. Sehingga tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang tidak memiliki rezeki, begitu juga dengan pengangguran. Namun ini juga harus di imbangi dengan usaha ya sobat CahayaIslam. Pengangguran bukan berarti berputus asa untuk terus berusaha mencari pekerjaan. Jika yang sobat lakukan hanya duduk tanpa melakukan usaha apapun, ini yang islam larang. Manusia harus berikhtiar.

Handika Pratama Buka Warkop Untuk Bantu Pengangguran, Ini Manfaatnya Dalam Islam

Handika Pratama 3

Handika yang mencoba membuka lapangan kerja baru bagi pengangguran dengan membuka warkop. Ini adalah sikap yang terpuji dan bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua. Tahukah sobat CahayaIslam, apa yang dilakukan oleh Handika ini mendatangkan manfaat dan pahala baginya tentu saja.

Apa yang dilakukan Handika menjadi suatu bentuk kemudahan bagi orang lain. Orang yang tidak bekerja atau kesulitan mencari kerja akhirnya bisa bekerja dengan adanya lapangan pekerjaan ini. Maka ini akan menjadi salah satu amalan Handika karena telah memudahkan urusan orang lain. Dan juga membantu kesulitan orang lain.

Handika Pratama – membuka usaha warkop untuk memberikan lapangan pekerjaan baru. Inilah salah satu cerminan ajaran islam untuk saling tolong menolong dalam kebaikan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 280

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY