Gojek PHK Ratusan Karyawan, Jangan Khawatir Dengan Rejeki!

0
101
Gojek PHK Ratusan Karyawan dan Rejeki Tidak Perlu Dikejar

Gojek PHK ratusan karyawan – Pandemi covid-19 ini memang memberikan banyak pengaruh. Terutama dalam hal ekonomi yang sangat terasa sekali dampaknya. Hal ini dikarenakan orang mulai takut untuk pergi keluar, sehingga tingkat konsumtif masyarakat juga berkurang. Bagi perusahaan yang menjual jasa, tentu saja ini kondisi yang cukup sulit dan sangat berdampak. Seperti halnya perusahaan Gojek yang mana sejak pandemi covid-19 mengalami masa sulit.

Gojek PHK Ratusan Karyawan Dampak Dari Pandemi

Gojek merupakan perusahaan yang menjual jasa dan pelayanan. Baik untuk mengantar makanan, mengantarkan penumpang dan layanan lainnya. Adanya wabah covid-19 membuat orang mungkin juga enggan untuk sering pergi keluar atau memanfaatkan teknologi yang ada. Ini kemudian membuat Gojek memutuskan untuk melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap 430 karyawannya. Menurut pihak manjamennya, ini dikarenakan adanya dampak covid-19 yang cukup berpengaruh pada kelangsungan bisnis dari Gojek ini.

Gojek PHK Ratusan Karyawan, Tak Perlu Khawatir Karena Rejeki Sudah Diatur

Gojek PHK Ratusan Karyawan dan Pandangan Islam Tentang Rejeki Sudah Diatur

Gojek PHK ratusan karyawan karena adanya dampak covid-19 yang tidak kunjung selesai hingga saat ini. Tidak dipungkiri bahwa wabah virus corona ini cukup berpengaruh untuk sistem perekonomian. Namun bagaimanapun, rejeki merupakan salah satu hal yang sudah Allah tetapkan dan Allah atur. Manusia hanya bisa berusaha, bekerja keras namun tidak ada satupun yang tahu kapan Allah akan membolak-balikan keadaan. Lalu bagaimana pandangan islam mengenai kasus PHK ditengah pandemi ini?

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

Dan jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.(1)

Dari ayat ini, diketahui bahwa Allah menurunkan rejeki sesuai dengan kebutuhan dan keadaan dari hamba-hambaNya. Dengan kata lain, rejeki bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Jika kita sedang diberikan kesulitan dihari ini, tentu Allah juga sertakan kemudahan untuk kita. Dalam perekonomian, kondisi naik turun atau perubahan adalah hal biasa. Begitupun juga dalam dunia bisnis. Itu sebabnya, rejeki jangan dirisaukan karena Allah sudah mengatur.

Rejeki Akan Mengejar Sebagaimana Maut Mengejar Kita

Gojek PHK Ratusan Karyawan dan Begini Rejeki Dalam Islam

Rejeki dan materi adalah salah satu hal yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. Namun sebagai seorang muslim, yang harus kita kejar bukanlah sekedar materi atau rejeki. Hidup tentunya terlalu singkat jika hanya untuk mencari kesenangan duniawi apalagi berupa materi. Tidak sedikit orang yang lupa, terlalu mengejar rejeki yang akhirnya membuat ia terpuruk ketika Allah membalikkan keadaan. Lalu bagaimana seharusnya sikap muslim? Tentu saja bersyukur.

Banyaknya kasus PHK, menurunnya pendapatan atau kondisi yang sulit di masa pandemi ini. Seharusnya justru membuat kita menyadari bahwa materi bukanlah segalanya. Allah menganjurkan untuk tidak berlebihan dalam segala hal, termasuk mengejar rejeki atau materi. Tahukah bahwa jika kita sibuk mengejar akhirat, maka rejeki akan mengejar kita. Sebagaimana maut mengejar. Apa lagi yang harus dikhawatirkan dengan rejeki? Namun jika kita sibuk mengejar materi, maka kita akan lupa tujuan hidup sebagai seorang muslim.

Gojek PHK ratusan karyawan – merupakan salah satu dampak pandemi covid-19. Sebagai seorang muslim, kita tahu bahwa Allah mengatur rejeki dengan adil. Jadi, tidak perlu khawatir dengan rejeki ya sobat Cahaya Islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Asy-Syura Ayat 27

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY