145 Kali Gempa Terkini Jayapura, Ini Amalan Umat Muslim Saat Terjadi

0
42
Gempa terkini Jayapura

Gempa terkini Jayapura – Gempa ini tentu membuat siapa saja khawatir dan merasa takut akan kehilangan nyawa sendiri atau orang yang tersayang. Apalagi, gempa di Jayapura terjadi cukup besar dan mengancam keselamatan jiwa banyak orang.

Sesudah terjadi gempa di Jayapura, rupanya gempa susulan turut menyertai tak lama setelahnya. Oleh sebab itu, para masyarakat Jayapura wajib mewaspadai terjadinya hal tersebut.

Gempa Terkini Jayapura yang Mengkhawatirkan

Terbaru, BMKG kawasan V Jayapura sampai selasa 3 Januari tadi mencatat sudah ada 145 gempa bumi susulan. Di mana gempa susulan itu terhitung terjadi sejak gempa berukuran 4.9 magnitudo pada hari Senin 2 Januari dini hari waktu setempat.

Gempa terkini Jayapura

Yustus Rumakiek selaku Kepala Balai Besar MKG setempat mengakui gempa susulan masih terjadi bahkan sampai jam 07.40 WIT di kawasan Kota Jayapura. Apalagi, sempat terjadi gempa terkini Jayapura tektonik dengan kekuatan 4 magnitudo.

Berdasarkan hasil analisa BMKG, terlihat episenter gempa bumi berada di darat. Lokasi itu tepatnya berada di 13 km Timur Laut Jayapura dan berada di kedalaman 8 KM.

Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman mekanisme dan hiposenter, diketahui gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal. Ini terjadi akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di kawasan Kota Jayapura.

Masyarakat sendiri merasakan gempa bumi dengan kekuatan 4.0 magnitudo dengan skala intensitas II sampai III MMI. Kalau berada di dalam rumah, getarannya terasa seperti mobil truk tengah lewat.

Amalan Saat Terjadi Gempa Menurut Islam

Terjadinya gempa terkini Jayapura membuat umat islam seharusnya lebih mendekatkan diri kepada Allah. Bukan itu saja, Sobat Cahaya Islam juga perlu mengingat akhirat, semangat ibadah dan segera bertaubat.

Di bawah ini ada sejumlah amalan yang baiknya Anda lakukan saat gempa bumi terjadi:

1.       Bertaubat Kepada Allah

Sesungguhnya, gempa bumi seharusnya membuahkan bertambahnya iman mukmin dan memperkuat hubungannya kepada Allah. Ia hendaknya sadar bahwa musibah ini tidak lain adalah akibat dosa-dosa manusia seperti kesyirikan, kemaksiatan dan kebid’ahan.

2.       Banyak Berdoa, Berdzikir dan Istighfar Kepada Allah

Gempa terkini Jayapura

Imam Syafi’i berkata bahwa obat yang mujarab untuk mengobati bencana yaitu memperbanyak tasbih. Hal itu lantaran dzikir bisa mengangkat azab dan bencana, seperti firman Allah dalam QS. Ash Shaffat yang berbunyi:

 فَلَوْلَآ أَنَّهُۥ كَانَ مِنَ ٱلْمُسَبِّحِينَ ﴿١٤٣﴾ لَلَبِثَ فِى بَطْنِهِۦٓ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ ﴿١٤٤﴾

“Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit” (QS. ash-Shoffat [37]: 143–144).

3.       Membantu Korban Gempa

Sobat Cahaya Islam, para korban bencana alam seperti gempa saat ini tengah kesulitan dan kesusahan. Oleh sebab itu, ulurkanlah tangan Anda untuk membantu para korban sebisa mungkin.

Nabi Muhammad SAW sendiri pernah bersabda bahwa:

 مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“Barang siapa yang membantu menghilangkan kesusahan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan menghilangkan kesusahan darinya besok di hari kiamat” (HR. Muslim no. 2699).

Karena itulah, sebagai umat islam hendaknya membantu para korban. Apalagi bagi pengusaha, orang kaya, bangsawan dan pemerintah, hendaknya mengeluarkan hartanya untuk membantu korban bencana.

Selain itu, sebaiknya para relawan saling membantu dan melengkapi antar sesama. Dengan begitu, terwujudlah apa yang menjadi tujuan dan jangan sampai terjadi pertengkaran satu sama lain apalagi dalam segi korban.

Semoga saja para korban gempa terkini Jayapura bisa melalui musibah itu dengan baik dan selalu berada dalam perlindungan Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY