Frans Tumbuan Nekat Menerobos Imigrasi demi Rima, Ini Kata Islam

0
515
Farns Tumbuan

Frans Tumbuan – Rima Melati baru saja meninggal dunia di usianya yang menginjak 84 tahun. Selama hidup, artis senior itu selalu dikenal sebagai sosok yang menggambarkan seperti apa cinta sejatinya dengan Frans Tumbuan.

Di awal-awal pertemuan, Frans bahkan pernah sampai nekat menyusul pujaan hatinya tersebut ke Inggris. Di negara itu, Rima diketahui tengah menghadiri sebuah acara bersama rekan-rekan artis Tanah Air.

Padahal, kala itu Frans berkewarganegaraan Belanda. Di sana, lelaki itu pun sampai rela menjual restoran miliknya. Hal itu dilakukan untuk dijadikan modal melamar dan menikahi Rima. Kini, kisah itu hanya bisa dikenang.

Baik Frans maupun Rima sudah sama-sama meninggal dunia dan tenang dalam keabadian cinta. Dikabarkan, bahwa Rima Melati menghembuskan napas terakhirnya pada Kami, 23 Juni 2022 kemarin.

Setelah sempat masuk ICU karena adanya ulkus dekubitus. Yakni luka pada kulit serta jaringan di bawahnya akibat tekanan panjang karena berbaring terus menerus.

Perjuangan Frans Tumbuan Mengejar Cinta menurut Sudut Pandang Islam

Dalam pandangan Islam, cinta adalah sebuah naluri dan tentang nafsu.

Cinta sejati adalah cinta yang timbul dalam rangka untuk dan karena Allah SWT. Yaitu dengan mengharapkan ridhaNya dan karena ingin menjadikannya sebagai jalan ibadah.

Seperti kisah Frans dan Rima, kita bisa menyimpulkan bahwa cinta yang sungguh-sungguh pasti membutuhkan perjuangan berat untuk bisa sampai mendapatkannya.

Nah, Sobat Cahaya Islam, lalu seperti apa perjuangan cinta menurut pandangan Islam? Demikian ulasannya.

1.      Niat Karena Allah SWT

Farns Tumbuan

Yang pertama, kita harus niatkan perjuangan mengejar cinta karena Allah SWT. Sebab sebagai Muslim, kita tidak boleh menginginkan apapun yang dilandasi oleh hawa nafsu belaka.

Mengapa dilarang? Sebab bisa menjadi awal yang berakhir menyesatkan karena dihinakan oleh Allah SWT.

Keutamaan cinta di dalam agama ini adalah sebagai jalan untuk beribadah kepadaNya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam firman Allah SWT QS. Al-Qasas:50 yang berbunyi:

فَاِنْ لَّمْ يَسْتَجِيْبُوْا لَكَ فَاعْلَمْ اَنَّمَا يَتَّبِعُوْنَ اَهْوَاۤءَهُمْۗ وَمَنْ اَضَلُّ مِمَّنِ اتَّبَعَ هَوٰىهُ بِغَيْرِ هُدًى مِّنَ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ ࣖ

Maka jika mereka tidak menjawab (tantanganmu), maka ketahuilah bahwa mereka hanyalah mengikuti keinginan mereka. Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti keinginannya tanpa mendapat petunjuk dari Allah sedikit pun? Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

2.      Menjaga Pandangan

Mencintai seseorang yang belum menjadi muhrim tentu tak boleh berlebihan, misalnya pada saat memandangnya.

Walau tidak mendekat secara langsung, melihat orang yang bukan muhrim adalah termasuk zina mata yang harus dihindari.

Lebih baik berjuang dengan sabar sampai bisa mendapatkannya secara halal. Yang demikian lebih diberkahi oleh Allah SWT.

3.      Mendekat pada Allah SWT

Farns Tumbuan

Jangan lupa untuk selalu melibatkan Allah SWT dalam setiap langkah perjuangan mendapatkan orang yang kita sukai. Sebab segala urusan memang harus tetap berhubungan denganNya.

Kita juga bisa meminta petunjuk padaNya agar selalu diberi kelancaran dan jawaban terbaik untuk melampaui perjuangan.

4.      Menjauhi Zina

Dalam memperjuangkan seseorang, yang harus dihindari adalah zina. Yakni zina dalam bentuk apapun tidak ada pengecualian sama sekali.

Mulai dari zina hati, zina mata, zina pikiran maupun zina perbuatan. Sebab semua itu termasuk dalam dosa yang amat besar. Naudzubillah.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al-Isra’ Ayat 32)

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai kisah perjuangan Frans Tumbuan untuk mendapatkan cinta Rima Melati hingga nekat terobos imigrasi. Serta apa saja yang harus diingat saat melakukan perjuangan tersebut di dalam Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY