Film Barbie 2023, Bukan Definisi Wanita Cantik Menurut Islam

0
613
film Barbie 2023

Film Barbie 2023 – Sobat Cahaya Islam, film Barbie 2023 menjadi buah bibir di masyarakat sejak teaser dan trailernya dirilis secara resmi. Banyak yang menantikan film ini terutama kaum hawa yang sudah akrab dengan mainan boneka Barbie sejak masih kecil.

Film yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling ini memang bukan film Barbie yang pertama. Sebelumnya Barbie sudah sering dibuatkan film baik untuk TV maupun layar lebar. Namun tetap saja kehadirannya ditunggu oleh para fans Barbie di seluruh dunia. 

Fakta Menarik Dibalik Film Barbie 2023

Sejumlah hal baru akan ditemukan dalam film yang rencananya akan tayang di bulan Juli 2023 ini. Selain nama pemeran utama yang akan menjadi Barbie dan Ken, beberapa fakta menarik lainnya bisa kita temukan dalam film Barbie terbaru ini.

Kita tidak akan menemukan lagu Aqua yang sempat menjadi kontroversi dan perseteruan mengenai UU Hak Cipta di antara pihak Barbie dan Aqua. Font yang digunakan dalam film ini juga masih menggunakan materi dari tahun 1990 yang memang sangat identik dengan Barbie.

Jalan cerita dalam film Barbie 2023 juga lebih manusiawi. Dalam film ini dikisahkan Barbie diundang menghadiri sebuah acara di dunia manusia namun akhirnya terjebak dalam beberapa peristiwa bersama Ken. Namun tetap saja, film ini terlalu feminin dan sangat menonjolkan sisi wanita dengan penataan warna soft yang girly

Barbie dan Filosofi Penampilan Wanita Muslimah

Boneka Barbie dikenal tidak saja oleh kalangan anak-anak, bahkan orang dewasa pun masih ada yang suka memainkan boneka ini dan menjadikannya koleksi. Barbie sangat lekat dengan image wanita cantik dengan penampilan yang seksi dan sempurna.

Bahkan, standar perempuan cantik dan molek pun sangat melekat pada boneka Barbie sehingga banyak wanita yang ingin memiliki kecantikan yang sama. Namun, standar ini sangat jauh dengan arti kecantikan dalam agama Islam. Bagaimana definisi wanita cantik menurut agama Islam?

1.   Selalu Menutupi Auratnya

Wanita cantik menurut agama Islam bukanlah mereka yang memiliki wajah dan postur seksi seperti boneka Barbie. Wanita yang selalu menutup auratnya dan menjaga dirinya dari pandangan lelaki yang bukan pasangan muhrim yaitu suaminya adalah wanita yang cantik di mata Islam. 

film Barbie 2023

Kewajiban menutup aurat bagi wanita tertulis dalam surat An Nur ayat 31

وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

“Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.” (QS. An-Nur:31)

2.   Selalu Menjaga Kehormatannya

Kehormatan seorang wanita bukan hanya dirinya sendiri namun juga keluarganya terutama suaminya. Jadilah wanita muslimah yang senantiasa bersikap santun, ramah dan berwibawa untuk menjaga kehormatan dirinya, suami dan keluarganya. Janganlah mengumbar aurat dan aib diri sendiri maupun suaminya. 

3.   Memiliki Sikap yang Bijaksana

Dalam film Barbie 2023, Barbie digambarkan sebagai wanita mandiri yang bijaksana dan cerdas. Islam pun mengajarkan agar wanita muslimah sebisa mungkin memiliki sikap yang bijaksana dalam menyikapi masalah. 

film Barbie 2023

Wanita yang bijaksana dapat dijadikan partner yang sangat tepat dalam membina rumah tangga. Dengan kebijaksanaannya ia dapat menciptakan suasana yang nyaman dalam keluarganya. 

4.   Memiliki Kerendahan Hati dan Patuh Kepada Suaminya

Janganlah sekali-kali memiliki sifat pamer dalam diri karena itu bukan ciri-ciri wanita yang cantik. Walaupun memiliki paras yang sempurna dan kekayaan berlimpah, hendaknya tidak dipamerkan kepada siapapun karena hanya akan mengundang fitnah.

Wanita yang cantik juga mengutamakan suami dan mematuhi apa saja yang diperintahkan oleh suaminya. Dengan sikapnya ini maka ia telah meninggikan kehormatan suami dalam kehidupannya dan membuat suaminya merasa sangat dihargai. 

Sebagaimana dituliskan dalam QS. An Nisa ayat 34,

اَلرِّجَالُ قَوَّامُوْنَ عَلَى النِّسَاۤءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّبِمَآ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَالِهِمْ ۗ فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ ۗوَالّٰتِيْ تَخَافُوْنَ نُشُوْزَهُنَّ فَعِظُوْهُنَّ وَاهْجُرُوْهُنَّ فِى الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوْهُنَّ ۚ فَاِنْ اَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوْا عَلَيْهِنَّ سَبِيْلًا ۗاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيْرًا

“Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar.” (QS. An Nisa:34)

Sobat Cahaya Islam, wanita dalam kacamata Islam adalah sosok yang sangat mulia dan berharga. Bukan hanya dinilai secara fisik dan terbuka auratnya. Penilaian kecantikan yang sempurna dalam kacamata Islam sangat jauh berbeda dengan standar kecantikan yang sering kita lihat dan sebentar lagi akan kita saksikan dalam Film Barbie 2023.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY