Emma Raducanu, Contoh Teladan Anak Muda

0
40
emma raducanu

Emma Raducanu – Beberapa hari yang lalu, dunia keolahragaan tengah heboh dengan pemberitaan atlit muda Emma Raducanu yang berkebangsaan Inggris di US Open 2021.

Di umurnya yang masih belia, Ia mampu mencetak karya yang juga merupakan impian para atlit senior maupun junior.  Sungguh, pencapaian yang luar biasa bukan?

Sobat Cahaya Islam, karya yang mampu Emma Raducanu cetak tentu saja merupakan pencapaian yang luar biasa di usia muda.

Dari jaman dahulu sampai sekarang, umat selalu mengapresiasi setiap generasi yang mampu mencetak karya yang luar biasa.

Termasuk halnya Emma Raducanu, Ia juga mendapat banyak apresiasi dan pujian dari berbagai mancanegara, termasuk para penggemarnya di Indonesia.

Apa yang Perlu Umat Teladani dari Emma Raducanu?

emma raducanu

Sobat Cahaya Islam, sebagai seorang muslim alangkah baiknya jika dalam kehidupan umat memiliki sosok yang mereka jadikan teladan.

Sosok Emma Raducanu dapat menjadi pilihan bagi role model generasi umat Islam dalam beberapa aspek. Aspek yang dapat umat teladani dari Emma yakni berani, gigih dan semangat juang yang tinggi. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala dalam surat Al Kahfi ayat 13 yakni :

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَاَهُمْ بِالْحَقِّۗ اِنَّهُمْ فِتْيَةٌ اٰمَنُوْا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنٰهُمْ هُدًىۖ

Artinya : Kami ceritakan kepadamu (Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambahkan petunjuk kepada mereka.

Karakter seperti ini, tentu sangat sulit untuk umat aplikasikan dalam kehidupan serba instan dan bebas sekarang.

Faktanya, di jaman kecanggihan teknologi sekarang generasi muda lebih senang untuk rebahan. Adanya musim pandemi tak mengubah sebagian generasi di dunia ini.

Malah semakin memperburuk keadaan. Tentu saja hal tersebut bukanlah asumsi belaka, sebab sudah banyak survei yang memaparkan terkait intensitas aktivitas yang generasi lakukan.

Fakta tersebut, tentu saja berbanding terbaik dengan karakter yang Emma contohkan bukan?

Bayangkan saja jika generasi kehilangan semangat juang yang tinggi, lantas siapa yang akan melakukan perubahan bangsa ini?

Jika generasi tak mau keluar dari zona nyamannya, lantas bagaimana generasi akan belajar untuk mandiri dan menyelesaikan masalahnya sendiri?

Oleh sebab itu, kondisi kehidupan bebas sekarang adalah hambatan terbesar bagi generasi jika ingin berkarya dan berperan dalam perubahan bangsa.

Apa Faktor yang Menyebabkan Kemalasan dalam diri Umat?

emma raducanu

Sobat Cahaya Islam, kondisi kemalasan yang terjadi pada mayoritas umat hari ini bukan hanya karena takdir semata namun memang bisa jadi ada pengondisian yang menjadikan malas sebagai karakter kuat dalam diri.

Mengapa demikian? Secara logika, kondisi kehidupan yang serba ada sekarang memang menjadikan umat malah merasa tidak perlu untuk melakukan kerja keras.

Slogan “just take it” lebih sering umat jadikan senjata agar diri tak segera beranjak dari zona nyaman.

Padahal, sebagai generasi muda sudah seharusnya mereka malah mempersiapkan diri sebagai duta perbaikan bangsa.

Bukan malah melebur bersama dengan generasi yang memilih untuk bermalas-malasan saja.

Memang menjadi generasi dengan semangat juang tinggi, berani dan tangguh akan sangat sulit umat terapkan.

Padahal, sejatinya karakter ini adalah karakter sejati generasi kaum muslimin.  

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai Emma Raducanu dan urgensitas umat untuk meneladani semangat dan keberaniannya untuk umat aplikasikan dalam dakwah Islam.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi umat dan akan segera lahir sosok Emma selanjutnya dalam barisan perjuangan Islam untuk menyongsong peradabannya. Amiin Yarobbal ‘Alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY