Dr. Sulianti Saroso Semangat Memperjuangkan Kehidupan Masyakarat

0
163
Dr. Sulianti Saroso

Dr. Sulianti Saroso – Baru – baru ini, layanan search engine Google merilis gambar seorang wanita yang diketahui bernama Dr. Sulianti Saroso. Beliau adalah salah satu pahlawan wanita yang semasa hidupnya bekerja sebagai dokter wanita yang cukup dikenal di masanya.

Sobat Cahaya Islam, kepiawaian Dr. Sulianti Saroso di bidang kedokteran sangat membantu pemulihan para masyarakat di Rumah Sakit.

Bagaimana Kehidupan Dr. Sulianti Saroso?

Dr. Sulianti Saroso merupakan sosok salah satu dokter di negeri dan dikenal cukup baik karena perjuangan beliau sebagai seorang dokter perempuan.

Selain itu, nama beliau diabadikan menjadi salah satu nama Rumah Sakit terkemuka yang ada di Jakarta, yang mana dinamakan RS. Pencegahan Infeksi (PI) Prof. Dr. Sulianti Saroso.

Melansir dari fakta yang ada, rumah sakit tersebut seringkali menjadi rumah sakit rujukan yang diutamakan manakala ada sejumlah pasien yang terjangkit wabah penyakit menular dan menyebar secara global seperti wabah Covid 19 sejak awal tahun 2020 silam.

Beliau meninggal di tanggal 29 April 1991 dan meninggalkan banyak jasa dalam dunia khususnya di bidang pencegahan serta pengendalian penyakit menular dan Keluarga Berencana (KB).

Tentunya sepak terjang beliau dalam dunia kesehatan tak terbendung. Bahkan dalam salah satu kisahnya beliau, Prof. Dr. Sulianti Saroso hampir tak pernah memberikan suntikan kepada pasien yang sedang sakit. 

Sobat Cahaya Islam, umat muslim tentunya perlu memiliki sikap dan semangat juang

Cara Membangun Semangat Perjuangan Dalam Diri

Semangat perjuangan dan sikap keberanian bukanlah suatu hal yang tiba – tiba ada dalam diri seseorang. Namun perlu dibangun dan diwujudkan dalam diri sebaik mungkin.

Apalagi berjuang dan menyeru kebaikan Islam di tengah kehidupan serba modern seperti sekarang. Pastinya sulit sebab ada banyak kerusakan yang harus segera diselesaikan. Bisa dengan pelatihan maupun hal lainnya.

Ada beberapa hal yang dapat diterapkan untuk membangun semangat perjuangan dalam diri. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Mencari Komunitas

Langkah pertama yang bisa dilakukan yakni dengan mencari komunitas. Mencari komunitas bisa menjadi langkah awal bagi umat untuk bisa menemukan partner maupun wadah dalam berjuang dan menyeru kebaikan Islam. Jika sobat Cahaya Islam sendirian, maka tentu bagai anak ayam yang kehilangan induknya sebab tak dapat menemukan gerombolan maupun komunitas untuk menyeru Islam.

Dr. Sulianti Saroso

Alih – alih menimbulkan sikap dan semangat perjuangan, malah yang ada sobat Cahaya Islam harus terus menata mental dan kesabaran kala menghadapi para umat dimana aktivitasnya bertentangan dengan syariah.

Aktivitas mencari sebuah komunitas sendiri merupakan hal yang baik dan sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni dalam surat Ali Imran ayat 104 yakni sebagai berikut :

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya : Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

2.    Menambah Pengetahuan

Selanjutnya yakni menjadi sosok umat yang senantiasa mampu menyeru kebaikan. Aktivitas menyeru sejatinya adalah aktivitas wajib bagi umat sebab setiap muslim memiliki kewajiban untuk menyampaikan syariat Islam walau hanya satu ayat.

Dr. Sulianti Saroso

Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Mujadalah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Nah demikianlah topik berkaitan dengan sosok Dr. Sulianti Saroso dan beberapa tips dalam membangun semangat perjuangan khususnya demi menegakkan kebenaran dan keilmuan Islam di tengah peliknya kehidupan hari ini. Semoga ulasan ini bermanfaat. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY