3 Pesan Dalam Dakwah Rasulullah di Madinah, Sudah Tahu?

0
288
dakwah Rasulullah di Madinah

Dakwah Rasulullah di Madinah – Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi umat islam di seluruh dunia. Karena itu, Rasulullah kerap kali berdakwah di berbagai tempat berbeda. Salah satu yang paling berkesan adalah dakwah Rasulullah di Madinah.

Dakwah Nabi Muhammad SAW merupakan upaya demi menyampaikan kebenaran dan agama Allah SWT. Dalam dakwahnya, Rasulullah SAW pun kerap menerapkan bermacam strategi agar bisa diterima oleh umatnya. Di dalam dakwahnya tersebut, terdapat berbagai pesan yang patut umat islam pahami.

Masa Dakwah Rasulullah di Madinah

Sobat Cahaya Islam, awalnya Nabi Muhammad SAW melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi. Sesudah itu, beliau menjalankan dakwahnya terang-terangan. Sampai pada akhirnya Nabi Muhammad SAW mendapat perintah Allah SWT tentang hijrah ke Madinah.

Selama dakwah Rasulullah di Madinah, beliau menerapkan beberapa strategi tersendiri. Hal itulah yang membuat Nabi Muhammad SAW berhasil menyampaikan dakwahnya kepada umat islam di Madinah.

Madinah sendiri tak hanya bermakna kota, namun bermakna juga sebagai sebuah peradaban. Sesuai makannya tersebut, Madinah pun menjelma menjadi kota dengan peradaban yang begitu tinggi sesudah Nabi Muhammad SAW datang. Madinah pun menjadi titik balik perkembangan peradaban islam.

Di sinilah Nabi Muhammad SAW tutup usia di dunia. Rasulullah SAW berdakwah di Madinah selama sembilan tahun, sembilan bulan, dan sembilan hari. Rasulullah meneguhkan ajaran tauhid dan mengajarkan tentang kemasyarakatan dan kenegaraan.

Pesan dalam Dakwah Nabi Muhammad di Madinah

Sobat Cahaya Islam, selain strategi, ada beberapa pesan yang disampaikan dalam dakwah Rasulullah di Madinah. Pesan tersebut antara lain:

1.       Menebarkan Salam

Pesan perdamaian yang Nabi Muhammad SAW ini merupakan salah satu prinsip fundamental bagi seorang muslim bahkan manusia pada umumnya. Dalam kesempatan lain, Nabi Muhammad menyatakan bahwa muslim memiliki hak terhadap muslim lainnya. Salah satu dalam hal ini yaitu mengucapkan salam saat berjumpa dengan muslim lainnya.

dakwah Rasulullah di Madinah

Rasulullah SAW bersabda:

 “Hendaklah yang kecil memberi salam pada yang lebih tua, hendaklah yang berjalan memberi salam pada yang sedang duduk, hendaklah yang sedikit memberi salam pada yang banyak.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 3231]

Ibadah salat pun mendidik umat islam untuk senantiasa menebarkan kedamaian serta keselamatan. Bukan tanpa sebab, salah justru menjadi penutup bagi salat yang semua ucapkan semua orang terlepas apakah dia imam atau ma’mum.

2.       Memberi Makan

Pesan berikutnya yaitu memberi makan terhadap sesama. Nabi Muhammad berharap agar umat islam menjadi sosok yang peka, peduli, serta bermanfaat untuk orang lain. Jangan sampai menunggu kaya untuk berbagi.

Sebab dengan berbagi, Allah akan membuat manusia menjadi kaya, baik kaya hati dan harta. Hal ini sejalan dengan perintah Allah SWT yakni:

 ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (Surat Ali ‘Imran Ayat 134)

3.       Menyambung Tali Persaudaraan

Nabi Muhammad SAW juga memberikan pesan agar umatnya selalu menyambung tali persaudaraan dengan silaturahmi. Memang silaturahmi sangat istimewa bagi umat islam dan menjadikan seseorang sangat istimewa.

dakwah Rasulullah di Madinah

Ini sebagaimana firman Allah SWT yaitu:

اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Artinya: “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS An-Nahl: 90)

Sobat Cahaya Islam, hendaknya Sobat sebagai umat islam mentaati dan meneladani pesan dalam dakwah Rasulullah di Madinah tersebut. Dengan demikian, Sobat sudah meneladani kebaikan yang sudah Nabi Muhammad ajarkan selama berdakwah. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY