Ciri-ciri Lelaki Setia Menurut Agama Islam

0
1980
ciri-ciri lelaki setia

cahayaislam.id – Siapa yang tak ingin mempunyai pasangan setia? Terutama kaum wanita yang sangat selektif dalam menentukan calon suami. Nah, ini ciri-ciri lelaki setia menurut agama Islam. Apa saja?

Hampir semua wanita jika ditanya ingin memiliki pasangan yang seperti apa, pasti mereka akan menjawab ingin punya calon suami yang baik, sholeh, penyayang dan setia. Namun banyak yang berpikiran, apakah masih ada lelaki seperti itu di masa kini?

Kesetiaan memanglah sebuah prinsip penting yang dipegang erat dalam menjalani rumah tangga.

Meskipun seorang suami diperkenankan poligami namun harus dipertimbangkan apakah hal tersebut menyakiti hati pasangannya atau tidak.

Tidak ada satu pun wanita di bumi ini yang rela jika cinta suaminya dibagi untuk orang lain. Tidak ada satu pun istri yang mau ada dua istana dalam bangunan surganya.

Nah. Sobat Cahaya Islam, maka dari itu perlu adanya bahan untuk mempertimbangkan apakah lelaki tersebut calon pasangan yang setia hingga ke depannya. Demikian penjelasannya.

Untuk membantu pawa wanita Muslim memilah dengan baik calon pasangannya nanti, ada beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh lelaki setia. Tentu saja Sobat juga perlu mengetahuinya.

Ciri-ciri Lelaki Setia Menurut Agama Islam

Amatilah ciri-ciri lelaki setia di bawah ini agar tidak memiliki penyesalan setelah menentukan calon pasangan nanti.

1.      Selalu Mengingat Allah SWT

Yang pertama, keimanan yang kuat dan teguh akan menundukkan hatinya kepada Allah SWT. Sehingga dirinya pun tak pernah meninggalkan apa yang menjadi kewajibannya serta melanggar apa yang dilarang baginya.

ciri-ciri lelaki setia

Pria yang selalu mengingat Allah SWT kapan saja dan di mana saja pastinya dapat menuntun istrinya kelak. Agar senantiasa berjalan di arah yang benar.

2.      Menghindari Perbuatan dan Perkataan Kotor

Yang kedua, jika seorang lelaki memiliki akhlak yang mulia pada dirinya, maka akan cenderung terbiasa memperlakukan istri dengan baik. Tentunya tanpa pernah mengucapkan sepatah kata yang kotor dan bisa menyakiti hatinya.

إِنَّ خِيَارَكُمْ أَحَاسِنُكُمْ أَخْلَاقًا

“Sesungguhnya sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Bukhari no. 6035).

Orang yang demikian juga akan selalu berusaha membahagiakan sang istri dengan perbuatan-perbuatan yang mampu menyenangkan perasaannya.

3.      Mampu Menahan Hawa Nafsu

Selanjutnya, lelaki yang mulai dari sebelum menikah bisa menjaga hawa nafsunya maka dia layak untuk dijadikan calon pasangan. Sebab dia mampu melindungi pandangannya dari yang mudharat dan mencegah dirinya berlaku dosa.

Apabila telah menjadi suami, dia pun akan menjadi sosok yang penyabar karena mampu menahan amarahnya. Tidak mudah emosi dan sering beristighfar agar tetap bijak dalam membina rumah tangganya. MasyaAllah.

4.      Menunjukkan Keseriusan

Selain itu, lelaki yang benar-benar setia pasti tidak akan mengulur-ulur waktu untuk meminta wanita menjadi istrinya. Artinya, dia sudah merasa hatinya mantap dan tidak ada alasan lagi untuk memikirkan wanita yang lain.

ciri-ciri lelaki setia

Daripada membuang waktu hanya untuk memilih wanita-wanita, dia akan memutuskan serius apabila telah menemukan orang yang dianggapnya tepat untuk menjadi pasangan hidup.

Nah, Sobat, demikian di atas adalah ulasan mengenai ciri-ciri lelaki setia sebagaimana dijelaskan menurut ajaran Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY