5 Penyebab Kufur Nikmat, Perilaku yang Dibenci oleh Allah SWT

0
709
Penyebab Kufur Nikmat

Penyebab Kufur Nikmat – Hai, Sobat Cahaya Islam, ada beberapa penyebab kufur nikmat yang harus kita ketahui. Sebab, hal ini merupakan perilaku yang sangat dibenci olehNya.

Manusia harus selalu mensyukuri segala yang dimilikinya. Di mana ketika mereka telah berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh harta dan kenikmatan lainnya, namun kuasa-Nya tetap hadir dalam setiap nikmat.

Akibatnya, seorang hamba tidak boleh bertindak sombong dan memanjakan diri ketika ada banyak nikmat.

Salah satu hal yang paling dibenci Allah adalah ketika manusia tidak mengungkapkan rasa syukurnya. Bahkan perilaku ini disebut sebagai kufur pada nikmat atas pemberianNya.

Dalam firman-Nya, Allah (SWT), telah memperingatkan terhadap perilaku ini:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim:7)

Selain itu, ayat ini memperingatkan manusia untuk tidak terjerumus ke dalam kufur nikmat dan mendorong mereka agar selalu bersyukur.

Seseorang yang termasuk dalam kufur nikmat akan selalu merasa bangga atas apa pun yang diberikan kepadanya. Kemudian, lupa kapan untuk memuji Allah atas pemberiannya tersebut.

5 Penyebab Kufur Nikmat, Perilaku yang Dibenci oleh Allah SWT

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa orang sulit untuk mengungkapkan rasa syukur sehingga jatuh ke dalam kufur nikmat:

1.   Makan Makanan Haram

Pertama, makan makanan yang tidak diperbolehkan atau haram

Hati ini perlu diselidiki ketika sulit mensyukuri apa yang dimilikinya; Apakah ada cara untuk menghasilkan rezeki itu haram namun tetap kita lakukan?

Apakah kita yakin bahwa asupan yang masuk ke dalam tubuh kita dan yang kita peroleh berasal dari sumber yang halal? Jangan remehkan hal ini.

2.   Tidak Menghargai Nikmat Allah

Yang kedua, adalah orang yang tidak menghargai setiap nikmat Allah yang diberikan untuknya.

Sebab, menurutnya, harta yang ada ini semata-mata diperoleh atas usahanya sendiri. Pikirnya, Allah SWT tidak ikut andil atas itu.

3.   Hanya Peduli Urusan Duniawi

Ketiga, hanya mencari materi dunia. Kekayaan dan segala macam kemewahan duniawi lebih penting dari apapun bagi orang yang hanya mengharapkan imbalan di dunia ini.

Penyebab Kufur Nikmat

Bahkan memikirkan Allah dan bersyukur akan sulit karena semua yang dia pikirkan adalah perkara dunia saja.

4.   Hanya Memikirkan Diri Sendiri

Keempat, karena mementingkan diri sendiri. Salah satu musuh terbesar setiap orang adalah kesombongan. Bagaimana orang yang sombong bisa bersyukur?

Orang-orang yang melakukan langkah mereka dengan bangga; baginya, kekayaan bisa membuat kedudukan seseorang menjadi tinggi. Seperti kesombongan Firaun, yang menganggap kekayaannya setara dengan milik Tuhan. Namun, tahukah, Sobat? Bahwa kekayaannya benar-benar mengujinya.

5.   Akibat Tipu Daya Setan

Kelima, akibat tipu daya setan. Setan akan terus mencoba menggoda umat manusia sampai akhir zaman. Kita pasti akan terbawa arus godaannya jika kita tidak terus memperbaharui iman kita.

Penyebab Kufur Nikmat

Godaan setan juga dapat berkontribusi pada kurangnya rasa syukur ini. Seperti yang Dia nyatakan dalam firmanNya:

ثُمَّ لَاٰتِيَنَّهُمْ مِّنْۢ بَيْنِ اَيْدِيْهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ اَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَاۤىِٕلِهِمْۗ وَلَا تَجِدُ اَكْثَرَهُمْ شٰكِرِيْنَ

Kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur. (QS. A’raf:17)

Nah, Sobat, Jangan pernah lupa untuk bersyukur kepada Allah jika ingin lebih menikmati hidup dan menerima berkah Allah SWT.

Daripada hanya memikirkan dunia, carilah kesempatan sebanyak-banyaknya untuk memastikan kehidupan akhirat yang lebih abadi. Insya Allah!

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai penyebab kufur nikmat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY