Cara Menghadirkan Allah dalam Hati Agar Selalu Mengingat Allah

0
1063
cara menghadirkan Allah dalam hati

Cara Menghadirkan Allah dalam Hati – Dalam kehidupan sehari-hari wajib melaksanakan sholat lima waktu, dengan melaksnakan shalat lima waktu akan mengingat Allah. Walaupun shalat merupakan salah satu cara menghadirkan Allah dalam hati namun masih banyak individu yang enggan melaksanakan.

Cara Menghadirkan Allah Dalam Hati

Ketenangan hati menjadi awal seseorang dalam menjalani kehidupan. Perlu dan cara menghadirkan Allah dalam hati. Hal itu sesuai dengan firman Allah pada QS. Ar-Ra’d: 28 yang berbunyi:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

Artinya: (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram (QS. Ar-Ra’d [13]: 28).”

Berikut ini beberapa cara menghadirkan Allah dalam hati yang bisa selalu diaplikasikan setiap harinya:

1.      Rutin membaca Al-Qur’an

Mendedikasikan dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an setiap hari merupakan praktik yang penting untuk dilakukan. Hal itu berlaku sampai akhir hayat manusia. Bahkan, jika kita membaca ayat pendek dalam Al-Qur’an sudah bisa membantu kembali pikiran dan diri.

cara menghadirkan Allah dalam hati

2.      Mengucap nama-nama Allah

Allah memiliki 99 nama baik yang mencakup setiap aspek. Maka dari itu, umat muslim perlu mempelajari serta memahami artinya. Dengan mengerti nama-nama Allah SWT akan mengetahui bahwa kuasa illahi itu mutlak.

3.      Temukan komunitas

Cara menghadirkan Allah dalam hati yang selanjutnya yaitu temukan komunitas yang positif serta bisa mendekatkan diri dengan Allah. Bagi sebagian orang, cara yang bisa dilakukan yaitu menemukan lingkaran sufi yang duduk tenang dengan berdzikir. Namun, ada juga kelompok yang aktif mengikuti kegiatan dan dekat dengan komunitas masjid.

4.      Selalu berusaha dalam keadaan suci

Saat Anda sedang ingin bepergian ke luar rumah, tetaplah berusaha untuk menjaga wudhu, jadi, Anda bisa dengan mudah membaca Al-Qur’an kapan pun. Selain itu, dalam keadaan suci maka Allah akan selalu hadir dalam hati.

5.      Rencanakan hidup dengan doa

kita perlu selalu merencanakan hidup agar bisa berjalan dnegan baik. Sebagai umat muslim, rencana aktivitas positif setiap hari harus dibuat dan jangan lupa untuk selalu selipkan doa. Karena, apa yang direncanakan oleh manusia itu belum tentu baik untuknya, karena Allah lebih mengetahui mana yang terbaik untuk umat-Nya.

cara menghadirkan Allah dalam hati

6.      Berzikir dan sholawat setiap kali ada waktu luang

Saat ini, sudah banyak adanya tasbih digital yang sangat efisien bisa dibawa kemana-mana. Dengan menggunakan tasbih yang semakin modern, Anda bisa berdzikir saat waktu luang. Selain itu, Anda juga bisa bersholawat kapan saja karena dengan itu maka menjadi salah satu cara menghadrikan Allah dalam hati.

7.      Bersyukur setiap hari

Jika seseorang pandai bersyukur, maka kehidupannya akan merasa lebih bahagia. Ketika seseorang bisa menerima apa adanya maka kebahagiaan akan selalu menghampiri. Untuk itu, kita harus selalu berusaha untuk bersyukur. Sebagaimana dalam firman Allah QS. Ibrahim:14

وَلَنُسْكِنَنَّكُمُ الْاَرْضَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ ۗذٰلِكَ لِمَنْ خَافَ مَقَامِيْ وَخَافَ وَعِيْدِ

Artinya: ““Dan [ingat] ketika Tuhanmu menyatakan, ‘Jika kamu bersyukur, aku pasti akan meningkatkanmu [mendukung]; tetapi jika Anda menyangkal, memang, hukuman saya berat.”

8.      Rajin beramal

Beramal atau bersodaqoh kepada orang-orang yang membutuhkan merupakan hal yang patut dilakukan saat kita mendapat rezeki yang lebih. Namun sodaqoh itu tidak hanya berbentuk uang melainkan bisa juga dengan memberikan senyuman, memberi pujian kepada orang lain.

cara menghadirkan Allah dalam hati

Demikianlah beberapa cara menghadirkan Allah dalam hati yang bisa dilakukan oleh umat muslim setiap harinya walaupun dalam keadaan sibuk sekalipun. Temukan hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan dengan berbuat baik dengan siapapun.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY