Citra Kirana Turunkan Berat Badan, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

0
27
Citra Kirana

Citra Kirana – Baru – baru ini, media digemparkan dengan penampilan Citra Kirana yang berhasil menurunkan berat badannya sampai 22 kg. Hal ini cukup mengundang decak kagum para ibu yang baru melahirkan juga namun belum berhasil membentuk tubuhnya secara ideal.

Sobat Cahaya Islam, muslimah manapun tentu akan iri dan menginginkan bentuk tubuh ideal layaknya Citra Kirana. Namun, hal itu bukan menjadi sebuah kewajiban bagi para ibu sebab tidak akan masuk dalam penghisaban.

Bagaimana Sikap Ummat terhadap Program ala Citra Kirana?

Citra Kirana

Sobat Cahaya Islam, perlu diketahui bahwa fisik seseorang bukanlah hal yang harus dipertanggungjawabkan. Sehingga umat seharusnya menyikapi dengan rasa syukur yang tinggi. Namun, di kehidupan era kapitalistik sekarang umat seakan – akan selalu disuguhkan dengan tayangan yang mengharuskan penampilan fisik harus sempurna.

Sebab demikian, akan muncul rasa insekuritas dalam diri manusia. Kalau sudah demikian, maka ummat akan menjadi tidak percaya diri dengan penciptaan Allah SWT yang sudah ditakdirkan kepadanya.

Padahal dalam Islam, perbedaan seseorang hanya diletakkan pada ranah derajat ketaqwaan saja, bukan tampilan fisik, kecerdasan maupun aspek lain. Namun tampaknya esensi ini mulai menghilang sebab tergerus dengan pemikiran umat yang suka apa adanya dalam memandang hakikat penciptaan manusia. Contoh kecilnya yakni terkait masalah berat badan.

Bagi sebagian muslim, berat badan berlebih adalah hal yang tidak menyenangkan dan tampilannya tidak sempurna. Sudah banyak dijumpai orang – orang yang malu akan berat badan berlebih. Padahal, dalam Islam dilarang untuk ragu dalam penciptaan Allah SWT dan merubah bentuk dilarang oleh Allah.

Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni dalam surat An – Nisa ayat 119 :

وَّلَاُضِلَّنَّهُمْ وَلَاُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَاٰمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ اٰذَانَ الْاَنْعَامِ وَلَاٰمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللّٰهِ ۚ وَمَنْ يَّتَّخِذِ الشَّيْطٰنَ وَلِيًّا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُّبِيْنًا 

Artinya : Dan pasti kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan kusuruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak, (lalu mereka benar-benar memotongnya), dan akan aku suruh mereka mengubah ciptaan Allah, (lalu mereka benar-benar mengubahnya).” Barangsiapa menjadikan setan sebagai pelindung selain Allah, maka sungguh, dia menderita kerugian yang nyata.

Hukum Menurunkan Berat Badan

Dalam Islam, program penurunan berat badan sendiri dihukumi sebagai suatu hal yang mubah artinya boleh dilakukan. Apakah tidak termasuk dalam mengubah bentuk? Pada awalnya tidak, sebab ada alasan syari mengapa seseorang perlu untuk mengurangi berat badan bisa dikarenakan sakit, maupun hal lainnya.

Namun penurunan berat badan tersebut akan menjadi suatu keharaman apabila bila disengaja entah dengan operasi atau obat- obatan kimia yang tidak seharusnya dan bahkan sampai membahayakan tubuh.

Seiring bertambahnya zaman, dengan adanya kecanggihan teknologi dan peningkatan kualitas intelektual, program untuk menyelesaikan masalah seperti berat badan ini mulai digalakkan. Dari yang menggunakan program diet, obat – obatan herbal, kimia serta terapi. Ada juga yang didampingi oleh para coach tersertifikasi di bidang yang terkait.

Peningkatan ini tentunya harus disambut dengan baik oleh ummat, sebab hal tersebut menjadi penanda bahwa sebuah peradaban mulai menunjukkan para generasi hebatnya. Artinya, peradaban berhasil dalam mencetak generasi yang unggul.

Namun keberadaan kecanggihan ini tidak dibarengi dengan peningkatan dalam bidang spiritualitas sehingga menyebabkan landasan penciptaan program serta teknologi tersebut hanya berdasar materi semata.

Padahal seharusnya sebagai kaum muslim, apapun amalan yang dilakukan sudah selayaknya berpeluang untuk mendapatkan pahala dan ridho dari Allah Ta’ala saja sehingga bisa bermanfaat untuk generasi.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan mengenai pandangan Islam mengenai program penurunan berat badan Ala Citra Kirana. Semoga artikel ini dapat menyadarkan ummat untuk lebih mengetahui esensi dalam setiap amalan termasuk menurunkna berat badan. Sehingga tidak salah fokus hanya pada tampilan semata.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY