Jangan Risau, Ini Amalan untuk Membuka Pintu Rezeki

0
83
membuka pintu rezeki

Membuka Pintu Rezeki – Banyak umat Islam yang merasa bingung ketika rezekinya mulai seret. Sebenarnya rezeki bukan hanya tentang uang, namun kesehatan, ketenangan, kebahagiaan dan lainnya juga merupakan rezeki dari Allah.

Akan tetapi tidak dipungkiri jika setiap manusia membutuhkan rezeki untuk memenuhi kebutuhannya. Sebagai umat Islam, Sobat cahaya Islam perlu mengetahui tentang amalan-amalan untuk membuka pintu rezeki.

Allah telah memberikan petunjuk bagi manusia mengenai berbagai macam hal termasuk bagaimana cara untuk mendapatkan rezeki. Hal pertama yang harus dilakukan oleh setiap muslim adalah bekerja dan berusaha untuk menjemput rezeki. Selain itu, Sobat cahaya Islam juga perlu untuk melakukan amalan-amalan yang akan membantu untuk memperlancar rezeki.

Amalan-amalan Membuka Pintu Rezeki

Ada banyak amalan sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap muslim agar rezekinya semakin lancar. Sobat cahaya Islam bisa mempraktekkan salah satu atau semuanya. Berikut ini adalah beberapa amalan membuka pintu rezeki:

1. Banyak Berdzikir kepada Allah

Amalan membuka pintu rezeki pertama yang ringan di lidah namun memiliki dampak yang luar biasa bagi kehidupan adalah berzikir kepada Allah. Allah telah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab : 41-42).

Sobat cahaya Islam bisa membaca bacaan dzikir seperti “subhanallah wabihamdi subhanallahil adzim” karena bacaan tersebut merupakan bacaan yang ringan di lidah namun memiliki pahala yang sangat besar.

membuka pintu rezeki

Dengan terus berzikir kepada Allah, hati akan menjadi tenang dan pintu rezeki semakin terbuka lebar.

2. Istighfar

Amalan membuka pintu rezeki berikutnya yaitu memperbanyak istighfar kepada Allah. Setiap muslim memang tidak pernah luput dari melakukan dosa dan kesalahan. Sobat cahaya Islam perlu memahami bahwa ternyata dosa yang kita miliki bisa menjadi penyebab terhambatnya rezeki. Untuk kembali membersihkan dosa tersebut, sebaiknya sobat cahaya Islam memperbanyak istighfar.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

3.  Bersilaturahim

Amalan yang bukan hanya membuat pintu rezeki semakin lebar namun juga mampu memperpanjang usia adalah bersilaturahim.

Menjalin silaturahmi dengan saudara dan orang-orang di sekitar sangat efektif untuk membantu membukakan pintu rezeki. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557).

Banyak orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang baik dalam silaturahmi dan berhubungan dengan orang-orang di sekitar. Sobat cahaya Islam juga bisa mulai dengan bersilaturahim kepada kerabat yang mungkin saja sudah lama tidak bertemu.

4. Banyak sedekah

Amalan berikutnya yang juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki adalah bersedekah. Orang-orang yang rajin bersedekah, biasanya akan semakin lancar rezekinya.

membuka pintu rezeki

Sobat cahaya Islam jangan berpikir bahwa ketika mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki, rezekinya akan berkurang. Justru dengan bersedekah, rezeki akan terus ditambah oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Seperti salah satu hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang menyebutkan:

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim, no. 2588)

Orang yang bersedekah nantinya harta yang dikeluarkan akan diganti dan dilipatgandakan oleh Allah. Dari rezeki yang kita dapat, terdapat jatah rezeki untuk orang lain yang harus dikeluarkan. Selain mampu melipat gandakan rezeki yang dimiliki, bersedekah juga akan menjadikan harta semakin berkah.

Selain amalan-amalan membuka pintu rezeki di atas, Sobat cahaya Islam juga bisa melakukan amalan lain seperti bertakwa kepada Allah, salat tepat waktu, membaca surat al-waqiah setelah salat subuh, sholat dhuha dan lain sebagainya.

Setiap kebaikan yang dilakukan oleh setiap muslim, akan dibalas oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Jadi niatkan semuanya untuk mendapatkan rezeki yang halal barokah, serta agar dijauhkan dari meminta-minta kepada selain Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY