Bocah SD Tulis Surat Saat Minta Jambu Tetangga, Ini Pelajaran Yang Bisa Kita Ambil Menurut Islam

0
66
Bocah SD Tulis Surat 1

Bocah SD tulis surat – Seorang bocah SD menulis surat untuk meminta jambu kepada tetangganya. Kejadian di Sleman, Yogyakarta ini kemudian viral di sosial media setelah dibagikan oleh pemilik pohon jambu tersebut. Menurut kisahnya, pemilik pohon jambu tersebut sedang pergi ketika itu. Saat pulang, ia menemukan tulisan tersebut ketika membuka pagar. Ia juga merasa terkesan dengan apa yang dilakukan oleh anak SD itu.

Bocah SD Tulis Surat 1

Cara meminta yang dilakukan oleh anak SD ini dianggap sangat sopan. Bahkan dalam  surat tersebut juga dituliskan bagaimana jambu mawar yang ingin dimintanya. Dalam islam sendiri, kita diajarkan untuk tidak mengambil apa yang bukan hak atau miliknya. Itu sebabnya, meminta ijin saat meminta tentu saja merupakan perbuatan yang terpuji. Seperti halnya yang dilakukan oleh anak SD ini hingga membuat pemilik pohon terkesan dengan sikapnya.

Bocah SD Tulis Surat Saat Minta Jambu Tetangga, Pelajaran Apa Yang Bisa Diambil?

Bocah SD Tulis Surat 2

Bocah SD tulis surat saat meminta jambu tetangga mencerminkan sikap yang sopan. Sehingga sang pemilik pohon mengaku sangat senang saat bertemu dengan anak tersebut. Dalam pandangan islam sendiri, ini salah satu sikap yang mencerminkan bagaimana ajaran islam. Dimana islam mengajarkan untuk tidak mengambil sesuatu yang bukan miliknya tanpa sepengetahuan pemiliknya. Ini bisa menjadi perbuatan mencuri, dan itu dilarang dalam islam.

Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Dalam ayat ini telah ditegaskan bagaimana islam melarang kaum muslimin untuk mencuri. Dan bagi siapapun yang mencuri, maka Allah perintahkan untuk memotong tangannya sebagai pembalasan. Tentu saja ini menunjukkan bahwasanya perbuatan mencuri sungguh perbuatan yang tercela. Itu sebabnya, meminta ijin saat mengambil sesuatu yang bukan milik kita tentu saja jauh lebih baik. Seperti yang dilakukan oleh bocah SD ini.

Lalu pelajaran apa yang bisa kita ambil menurut pandangan islam?

Mengajarkan Kesopanan

Kejadian viral tentang bocah SD yang menulis surat untuk minta jambu tetangganya mencerminkan kesopanan. Dan ini bisa menjadi salah satu contoh sekaligus pelajaran yang patut ditiru oleh kaum muslimin. Bagaimanapun, kesopanan adalah nilai yang harus diterapkan dalam  kehidupan sehari-hari.

Mengajarkan Untuk Tidak Mencuri

Dalam kejadian viral diatas juga mengajarkan kita untuk tidak terjerumus dalam perbuatan mencuri lho sobat CahayaIslam. Dengan meminta ijin saat meminta sesuatu yang bukan miliknya, tentu saja ini menjauhkan kita dari perbuatan mencuri. Sehingga apa yang kita ambil dari orang lain juga halal karena dengan sepengetahuan dan ijin dari pemiliknya.

Mengajarkan Kejujuran

Saat meminta ijin untuk mengambil sesuatu dari orang lain, pelajaran yang bisa kita ambil adalah nilai kejujuran. Dalam kejadian tersebut mengandung cerminan sikap jujur. Dan tentu saja ini merupakan ajaran islam dimana kaum muslimin selalu dianjurkan untuk berbuat jujur dalam berbagai hal.

Bocah SD tulis surat – untuk meminta jambu milik tetangganya. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa ini mengajarkan banyak hal kepada kita. Mulai dari kesopanan, kejujuran hingga bagaimana kaum muslimin tidak seharusnya mencuri. Semoga kita termasuk golongan orang yang menanamkan nilai-nilai tersebut ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ma’idah Ayat 38

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY