Baca Al-Quran Tapi Tidak Paham, Apakah Dapat Pahala?

0
42
Baca Al-Quran Tapi Tidak Paham Apakah Dapat Pahala

Baca Al-Quran Tapi Tidak Paham – Al Qur’an adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup umat muslim. Itulah kenapa banyak umat muslim yang rajin membacanya. Pasalnya, membaca kalamullah ini mendapatkan pahala yang sangat besar. Namun, bagaimana jika yang membaca tidak paham akan maknanya? Masihkah tetap mendapatkan pahala?

Pahala Membaca Ayat-ayat Al Qur’an

Siapapun yang membaca ayat-ayat dalam Al Quran, akan memeperoleh pahala. Bahkan, setiap huruf dari kalamullah ini mengandung pahala bagi yang membacanya. Sebagaimana firman Allah:

 مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا 

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Al Qur’an, baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat.” (1)

Jadi, membaca satu huruf dalam Al Qur’an bernilai 10 kebaikan. Bagaimana dengan satu ayat, satu halaman, satu juz, apalagi sampai khatam Al Qur’an? Tentu saja pahalanya sangat banyak, sampai tidak terhitung.

Apakah Baca Al-Quran Tapi Tidak Paham Tetap Mendapat Pahala?

Dari hadits di atas, kesimpulannya adalah bahwa membaca ayat-ayat Al Qur’an akan mendatangkan ganjaran kebaikan yang berlipat-lipat, meskipun si pembaca tidak memahami makna yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut.

Tentu saja, ini menunjukkan betapa luasnya Rahmat Allah. Selain itu, hadits tersebut juga dapat memotivasi kita semua umat muslim agar semangat dalam membaca Al Qur’an untuk menambah pahala kebaikan.

Berbeda dengan amal-amal lain, pahala membaca Al Qur’an cukup unik, karena hitungannya per huruf. Al-Khattabi mengatakan bahwa jumlah ayat-ayat Al Qur’an sesuai tingkatan surga. Jadi, siapa yang menyempurnakan bacaan seluruh ayat Al Qur’an, ia punya puncak tertinggi tingkatan surga.

Sebaiknya Mempelajari Makna Ayat-ayat Al Qur’an

Meski begitu, Allah menurunkan Al Qur’an sebagai pedoman hidup atau petunjuk bagi umat manusia. Oleh karena itu, hendaknya kita berusaha mempelajari maknanya. Allah berfirman:

كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ اِلَيْكَ مُبٰرَكٌ لِّيَدَّبَّرُوْٓا اٰيٰتِهٖ وَلِيَتَذَكَّرَ اُولُوا الْاَلْبَابِ

“Kitab (Al Qur’an) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkar supaya mereka menghayati ayat-ayatnya dan supaya orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran.” (2)

Imam At-Thabari mengatakan bahwa ayat di atas bertujuan mengajak umat manusia, khususnya umat muslim, untuk mentadabburkan makna ayat-ayat Al Qur’an dan mengamalkannya. Bagaimanapun juga, ayat tersebut menyuruh kita untuk tidak hanya membaca Al Qur’an tapi juga merenungkan dan memahami isinya. Dengan demikian, kita berharap agar Allah memberikan hidayah dan hikmah kepada kita semua. Aamiin.


Referensi:

(1) Jami’ at-Tirmidhi 2910

(2) Q.S. Shad Ayat 29

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY