Asmaul Husna Beserta 3 Keajaibannya, Sudahkah Sobat Tahu Apa Saja?

0
34

Asmaul Husna – Nama-nama yang indah yang dimiliki oleh Sang Maha Indah yakni Allah SWT. Jumlah nama-nama untuk menyanjung kebesaran-Nya tidak mungkin dapat dituliskan dengan tinta seluas samudera.

Jumlah Asmaul Husna ada 99, setiap asma atau nama mempunyai penjabaran yang luas, tidak khayal bilamana setiap majelis-majelis pengajian sering mengumandangkan nama-nama-Nya dengan berbagai nada yang merdu.

Sobat Cahaya Islam, coba lihat telapak tangan kalian akan terlihat garis yang membentang membentuk angka 81 dan 18 menggunakan angka Arab yang bila digabungkan menjadi 99, ya persis sama dengan jumlah nama-Nya. Subhanallah.

Berikut ayat yang menjelaskan keberadaan asma Allah yang tertuang dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 180.

{وَلِلَّهِ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ}

Hanya milik Allah-lah asma-ul husna (nama-nama yang maha indah), maka berdoalah kepada-Nya dengan nama-nama itu, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran) dalam (menyebut dan memahami) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka lakukan” (QS al-A’raaf:180).

Asma-Nya tentu wajib diucapkan mana kala kita sholat, ada bacaan takbir, ada surah Al-Fatihah yang memiliki banyak nama yang indah. Bagaimana dengan kalian sudahkah kalian memuji Allah SWT kekasih yang tidak ada tandingannya hari ini?

Memuji Allah SWT, berarti tahu diri, bila kita sebagai manusia tidak mempunyai daya, lemah. Nikmat yang diberikan kepada kita mampu kita hitung. Miris bila tidak mempunyai waktu sekadar untuk memuji.

Jika memuji kekasih manusia saja berbelit-belit merumuskan kata apa yang pantas, puitis lagi mengena. Yuk berikan kasih kepada yang memberikan kasih tiada dua.

3 Keajaiban Asmaul Husna

The Miracle atau keajaiban datang tidak diundang namun bisa diusahakan. Diusahakan dengan ikhtiar dan doa yang diselipkan asma Allah SWT, ibarat meminta uang untuk suatu keperluan kadang anak-anak memuji orang tuanya agar mau memberikan uang.

“Ibu cantik baik lagi, adik minta uang dong mau buat beli mainan” ujaran seperti itu adalah pelajaran sederhana untuk sekedar memohon atas hajat minta uang. Allah SWT senang bila hamba-Nya memuji, sehingga mudah bagi-Nya untuk mengabulkan semua hajat.

Adapun keajaiban dari asma Allah SWT ini dapat digolongkan menjadi tiga bagian besar, seperti di bawah ini:

  1. Mencangkup Semua Doa

Berdoa tanpa dibumbui asma Allah SWT terasa hampa seperti ada yang kurang. Bila punya hajat dunia maupun akhirat, jangan sungkan dengan memuji Allah SWT terlebih dahulu. Sebab memuji ini mencangkup semua doa.

  1. Dimudahkan Urusan

Tidak ada manusia yang tidak mempunyai urusan, lahirnya manusia ke dunia adalah urusan. Urusan ini mencangkup semua urusan dunia hingga akhirat. Memuji asma Allah SWT bermanfaat sebagai berikut.

  • Ada kesulitan maka dimudahkan
  • Punya hutang, hutangnya ditunaikan sehingga lunas
  • Dizalimi maka dikembalikan kezalimannya
  • Orang sesat dikasih petunjuk
  • Orang sakit maka disembuhkan
  • Gelapnya hati maka diterangkan

  1. Hidup Terarah

Kadang manusia mengalami masa-masa ketidakpastian, kegundahan yang menjadi-jadi, gelisah tidak kunjung hilang. Ingatlah dan bacalah asma Allah maka hidup akan semakin terarah lagi berkah.

Orang yang selalu ingat bahwa Allah SWT Maha Mengetahui segala perilaku manusia, maka bisa diurungkan usaha kejahatan yang akan dilakukan tidak jadi. Sebab adanya rasa khauf atau takut kepada Allah SWT bila melenceng dari koridor syariat Islam.

Itu tiga keajaiban Asmaul Husna yang bisa kita gapai bersama. Semoga kita tergolong dalam orang-orang yang selalu mengingat Allah SWT di mana pun berada, dan kapan pun situasinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!