Cut Syifa Inginkan Taaruf, Ternyata Ini Pengertian dan Manfaatnya  

0
35

Cut Syifa – Artis yang memerankan tokoh sebagai Intan di film Samudra Cinta yang tayang di SCTV dikabarkan menginginkan taaruf. Rumor yang beredar dia ta’aruf dengan Rangga Azof yang juga main di film yang sama yaitu film Omen dan Samudra Cinta.

Benarkah Cut Syifa gadis yang baru menginjak umur 21 tahun itu sedang taaruf dengan Rangga Azof? Biarlah fakta kemudian yang akan menjawabnya tentang hubungan mereka yang sebenarnya.

Masyarakat Indonesia, istilah taaruf familiar dengan sebuah prosesi yang kerap dilakoni oleh orang yang ingin menempuh kehidupan baru alias menikah dengan tujuan agar calon kedua mempelai saling mengenal satu sama lain.

Padahal, sebenarnya kata ta’aruf bukan hanya dipakai untuk lanjut ke jenjang peristiwa sakral yakni pernikahan. Ta’aruf atau kenalan juga dipergunakan untuk keperluan lain seperti perkenalan di sekolah baru atau bisa disebut Masa Orientasi Siswa (MOS).

Akan tetapi pada artikel ini, ta’aruf yang dibahas yang menuju jenjang pernikahan. Sobat Cahaya Islam, ta’aruf mari kita telaah bersama terkait ta’aruf dalam pandangan Islam dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari ta’aruf.

Cut Syifa Inginkan Taaruf, Berikut Pengertian dan Manfaat dari Taaruf

Taaruf atau perkenalan adalah salah satu dari ajaran agama Islam dalam bidang muamalah (hubungan antar manusia). Sebagaimana hakikat kehidupan yang Allah SWT ciptakan beberapa golongan dari berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling kenal-mengenal.

Berikut dalil tentang taaruf yang tertuang dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 13.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya:

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Al-Maidah: 13)

Taaruf dalam mengusung pernikahan, biasanya dengan cara saling mengenalkan kedua belah pihak keluarga, dengan harapan bisa lanjut ke khitbah atau lamaran. Kenyataannya memang tidak semua taaruf bisa berujung ke pernikahan tapi tidak ada salahnya mencoba untuk menggenapi separuh iman.

3 Manfaat Taaruf

Manfaat dari taaruf banyak, hanya saja akan dibahas tiga manfaat taaruf secara umum saja.

  1. Menjalin Silaturahmi

Adakalanya pihak laki-laki dan pihak perempuan belum saling-mengenal. Taaruf menjadi langkah pasti untuk saling mengenal. Meskipun, kedua belah pihak sudah saling kenal dalam artian karena adanya perjodohan.

Taaruf bermanfaat menjalin silaturahmi sehingga lebih kenal jauh dan menunjukkan bahwa hubungan benar-benar serius bukan main-main. Islam juga mengajarkan untuk saling mempererat silaturahmi.

  1. Menghindari Hal yang tidak Diinginkan

Godaan laki-laki salah satunya adalah perempuan, begitu pun sebaliknya godaan perempuan adalah laki-laki. Melihat fenomena yang terjadi saat ini di mana pergaulan bebas merajalela. Tingkat hamil sebelum nikah boleh dikata setiap tahun ada, miris bukan?

Melalui taaruf diharapkan bisa menghindari segala hal yang tidak diinginkan, pasalnya proses taaruf pasti ditemani pihak ketiga yang merupakan mahramnya. Sehingga adegan berdua-duaan tidak terjadi.

  1. Efektif Menuju Pernikahan

Efektivitas taaruf lebih menjamin dibandingkan pacaran. Pacaran yang dilakukan dalam waktu yang lama tidak dijamin bisa terus bersanding hingga ke pelaminan. Banyak orang yang pacaran lama malah ditinggal nikah sama orang lain.

Begitu sobat Cahaya Islam mengenai pengertian taaruf dan manfaatnya di kehidupan. Semoga Cut Syifa yang menginginkan taaruf dapat terwujud, serta mendapatkan jodoh yang soleh sehingga dapat membimbing lebih dekat dengan Allah SWT. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!