Anies Baswedan Balas Budi ke Petani Daerah, Ini Alasan Perlunya Balas Budi Dalam Islam

0
62
Anies Baswedan Balas Budi 3

Anies Baswedan balas budi – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ini mengingatkan untuk daerah perkotaan agar membalas budi kepada para petani. Bentuk balas budi yang dilakukan oleh Anies ini adalah dengan kerja sama pertanian antar daerah. Ini menjadi ucapan terima kasih karena para petani sudah menyiapkan pangan bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Menurut Anies sendiri, warga perkotaan DKI Jakarta ini memiliki ketergantungan tinggi dengan produk pertanian dari luar.

Anies Baswedan Balas Budi 1

Pemerintah provinsi DKI Jakarta meneken kerja sama antar daerah dengan pemerintah Kabupaten Ngawi, dan juga dengan menggandeng PT Food Station Tjipinang. Tujuan kerja sama ini juga disampaikan oleh Anies bahwa bukan hanya untuk pemenuhan kebutuhan pangan di Jakarta saja. Namun juga memungkinkan petani untuk memiliki sistem kerja yang meningkatkan kesejahteraannya dan juga menerima manfaat yang semakin baik.

Anies Baswedan Balas Budi ke Petani Daerah, Ini Alasan Perlunya Balas Budi Dalam Islam

Anies Baswedan Balas Budi 2

Anies Baswedan balas budi kepada petani daerah dengan membangun kerja sama. Sehingga petani tidak menjadi golongan yang paling akhir dalam menikmati kegiatan produksi beras. Tentu saja ini menjadi suatu tindakan yang terpuji tentu saja. Sehingga bukan hanya memikirkan kesejahteraan masyarakat Jakarta saja, namun juga para petani yang sudah berjuang. Terutama dalam memenuhi pangan untuk DKI Jakarta. Ini adalah bentuk balas budi dan terima kasih untuk para petani.

Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.

Surat ini menjelaskan bagaimana sesuatu harus dibalas dengan sesuatu yang lebih baik. Seperti halnya kebaikan. Itulah yang disebut dengan balas budi. Maka dari itu sobat CahayaIslam, balas budi atas kebaikan orang lain juga perlu lho. Ada beberapa alasan kenapa pentingnya balas budi dalam islam.

Sebagai Bentuk Kebaikan

Anies Baswedan Balas Budi 3

Balas budi juga merupakan suatu kebaikan karena sama halnya membalas kebaikan orang lain. Ini bisa menjadi kebaikan bagi diri kita sendiri. Apalagi islam juga mengajarkan agar kaum muslimin senantiasa berbuat kebaikan kepada sesama. Saat kita menerima kebaikan dari orang lain, balas budi bisa menjadi salah satu bentuk ucapan terima kasih kepada orang lain.

Untuk Menciptakan Hubungan Yang Baik

Balas budi akan kebaikan orang lain ini perlu, karena bisa menciptakan hubungan yang baik dengan orang lain. Semakin banyak kebaikan yang kita perbuat, maka ini juga akan memperbaiki hubungan dengan orang lain supaya semakin erat. Sehingga tali silaturahmi akan terjalin dengan baik tentu saja.

Sebagai Amalan

Berbuat kebaikan bukan hanya kewajiban sebagai seorang muslim. Namun juga sebagai bentuk amalan. Membalas budi atas kebaikan orang lain bisa menjadi pahala bagi yang melakukannya lho sobat CahayaIslam. Itu sebabnya, jangan ragu untuk membalas kebaikan orang lain dengan kebaikan yang sama atau bahkan lebih. Ini akan menjadi amalan dan pahala untuk kita.

Anies Baswedan balas budi – kepada para petani yang telah memenuhi pangan bagi masyarakat perkotaan. Dalam islam, balasan kebaikan adalah kebaikan pula yang artinya sebagai seorang muslim juga harus berbuat baik kepada orang lain. Apalagi jika orang lain telah memberikan kebaikan kepada kita.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 86

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY