Elon Musk Tokoh Dunia yang Pekerja Keras, Inilah Anjuran Islam untuk Bekerja Keras!

0
122

Elon Musk – Baru-baru ini, media diramaikan dengan berita internasional yang hangat. Disebut-sebut ada seorang tokoh dunia Elon Musk menjadi orang terkaya sejagad raya. Pencapaian tersebut tentu tidak didapatkan dengan mudah. Setiap hal dibutuhkan usaha dan kerja keras. Sebagaimana Islam mengajarkan kepada umatnya untuk bisa beikhtiar dalam mencari rizki.

Anjuran Islam untuk Bekerja Keras!

Elon Musk menjadi salah satu tokoh besar dunia yang patut ditiru perihal kerja kerasnya dalam berusaha. Setiap hal dibutuhkan perjuangan guna mencapai hasil yang memuaskan. Sebagaimana yang diajarkan Islam kepada setiap umatnya.

1.   Islam Mengajarkan untuk Bergerak dan Berkarya

Sobat Cahaya Islam tentunya sudah tahu betul apa yang diajarkan Islam, salah satunya yakni mengajarkan untuk bergerak dan berkarya. Rasulullah saw, senantiasa mengingatkan umatnya untuk bersikap waspada terhadap waktu luang. Hal ini dikarenakan, luangnya waktu akan menjadi ladang kesuburan syetan sehingga mempemudah dalam menanamkan kemunkaran pada diri manusia. Oleh karena itu, bekerja menjadi salah satu langkah untuk menggapai kemuliaan.

2.   Siang Hari Mencari Rezeki, Malam Hari Beristirahat

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa siang hari menjadi salah satu ladang rezeki dan malam hari untuk waktu beristirahat. Masyarakat akan lebih menghargai tukang sayur ketimbang mereka yang duduk diam berpangku tangan penuh malas. Sebagaimana yang disebutkan dalam Firman Allah swt. agar senantiasa mengais rezeki di siang hari.

  وَجَعَلْنَا ٱلَّيْلَ لِبَاسًا وَجَعَلْنَا ٱلنَّهَارَ مَعَاشًا

 “Dan Kami jadikan malam sebagai pakaian. Dan Kami jadikan siang untuk penghidupan. (QS An-Naba: 10-11).”

3.   Setiap Rezeki Harus Diusahakan

Islam mengajarkan untuk senantiasa bekerja keras sebagai salah satu langkah berikhtiar untuk mendapatkan rezeki. Hal ini amat berkaitan dengan kondisi keimanan seseorang. Jika mereka yang bekerja keras, maka kondisi keimanannya aktif dan dinamis. Namun, lain lagi dengan yang bermalas-malasan tidak berikhtiar dan hanya berpangku tangan, maka imannya sedang terimpotensi.

Firman Allah swt dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 105:

 وَقُلِ ٱعْمَلُوا۟ فَسَيَرَى ٱللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُۥ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

 “ Dan Katakanlah: Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS At-Taubah: 105).

4.   Mencari Nafkah dengan Empat Prinsip Orang Beriman

Selanjutnya, Islam mengajarkan untuk mencari nafkah dengan memegang prinsip orang beriman. Terdapat empat prinsip yang harus dipegang yakni “thalaba addunya halaalan” artinya yakni setiap muslim hendaknya bekerja secara halal. Selanjutnya, “ta’affufaan ‘anil mas’alah” artinya untuk bekerja agar tidak membebani hidup orang lain.

Prinsip lainnya yakni “sa’yan ‘ala iyalihi” sebuah prinsip untuk mencukupi apa yang dibutuhkan keluarga serta prinsip “ta’ath-thufaan ‘alaa jaarihi” yakni sebagai langkah untuk meringankan beban hidup tetangga. Oleh karena itu, bekerja keras menjadi salah satu hal yang dianjurkan dalam Islam.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah ulasan sekilas terkait anjuran Islam untuk bekerja keras. Sebagaimana yang diketahui, orang yang bekerja keras pasti akan menuai hasilnya. Hal ini bisa terlihat dari seorang Elon Musk yang membuktikan bahwa pohon yang ditanam dan disiram akan berbuah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY