Agar Silaturahmi Tetap Terjaga Selama Covid-19? Ini Tipsnya!

0
69
Agar Silaturahmi Tetap Terjaga Tidak Harus Dengan Berkumpul

Agar Silaturahmi tetap terjaga – Physical distancing merupakan salah satu himbauan pemerintah guna mengurangi resiko penyebaran dari covid-19. Sehingga mau tidak mau, masyarakat harus mengurangi kegiatan yang melibatkan interaksi dengan orang lain bahkan dengan sanak saudara. Di bulan Ramadhan, biasanya terdapat kegiatan seperti buka bersama, mengadakan pertemuan dengan saudara dan kegiatan lainnya. Apalagi pada moment Idul Fitri yang merupakan moment setiap tahun untuk berkumpul dengan saudara.

Di tahun ini, dimana adanya wabah corona membuat kegiatan berkumpul atau mengadakan acara yang melibatkan banyak orang tidaklah memungkinkan. Himbauan larangan untuk mudik juga diberlakukan. Hal ini membatasi kegiatan dan juga menjadi jarak bagi kita untuk sekedar pulang bertemu dengan keluarga tercinta. Sedangkan dalam agama islam, menjaga silaturahmi adalah sikap seorang muslim. Lalu bagaimana agar silaturahmi tetap bisa terjaga ditengah pandemi covid-19 ini?

Agar Silaturahmi Tetap Terjaga Ditengah Covid-19, Teknologi Jadi Solusi Tepat

Agar Silaturahmi Tetap Terjaga Ditengah Wabah Covid-19

Agar silaturahmi tetap terjaga, tidak harus melanggar himbauan yang ada. Apalagi ditengah pandemi covid-19 ini. Menjaga silaturahmi merupakan salah satu yang dianjurkan dalam agama islam. Bahkan dalam ajaran islam, memutus tali silaturahmi adalah perbuatan yang dilarang. Sayangnya, dalam wabah yang cukup meresahkan saat ini tentu tidak memungkinkan untuk menjalin silaturahmi dengan melakukan pertemuan atau perkumpulan.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.(1)

Jalin Silaturahmi Dengan Kemajuan Teknologi Saat Ini

Agar Silaturahmi Tetap Terjaga Dengan Teknologi Masa Kini

Ditengah pandemi covid-19, kita tetap bisa melakukan silaturahmi walaupun dianjurkan untuk physical distancing. Di era yang modern saat ini, teknologi sudah mengalami kemajuan pesat. Ponsel menjadi salah satu teknologi yang hampir setiap orang menggunakannya. Itu artinya, kita masih bisa memanfaatkan ponsel untuk tetap menjaga silaturahmi atau sekedar berkabar. Baik melalui pesan ataupun panggilan, bahkan bisa juga melakukannya dengan fitur videocall.

Meskipun hanya melalui ponsel, ini bisa menjadi cara efektif untuk tetap menjalin silaturahmi jarak jauh. Sehingga selain tidak harus keluar rumah atau melakukan interaksi. Kita tetap bisa berbincang dengan keluarga maupun sanak saudara. Bahkan juga tetap bisa melihat mereka meskipun tidak dilakukan secara langsung. Untuk saat ini, ini tentu lebih baik.

Banyak Media Untuk Ungkapkan Kasih Sayang dan Rindu Keluarga

Agar Silaturahmi Tetap Terjaga Dengan Memanfaatkan Social Media

Teknologi internet merupakan bagian dari kemajuan teknologi yang ada. Sehingga mendukung untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Selain itu, ada banyak media yang bisa menjadi solusi untuk tetap menjalin silaturahmi dengan baik. Social media menjadi salah satu yang bisa digunakan. Mulai dari melakukan obrolan dengan sanak saudara, mengungkapkan kasih sayang dan kerinduan pada mereka dan lain sebagainya.

Agar silaturahmi tetap terjaga – kita tidak harus membahayakan keluarga dengan resiko penyebaran virus corona. Teknologi sudah cukup mumpuni untuk mendukung komunikasi jarak jauh. Jadi sobat cahaya islam, lebaran tahun ini tidak perlu bersedih ya. Kita masih bisa menjaga silaturahmi dengan cara yang berbeda.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa Ayat 1

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!