Amalan-amalan yang Mendekatkan Rejeki (Tips Cespleng Menjadi Kaya)

3
1087

Rejeki adalah pemberian dari Allah dan setiap orang memiliki porsinya masing-masing yang telah ditentukan oleh Allah. Namun, mengetahui hal itu bukan berarti kita kemudian berpangku tangan dan tidak berusaha dalam meraih rejeki tersebut. Namun tahukah kalian sobat Cahayaislam, bahwa rejeki-rejeki dari Allah itu bisa lebih cepat datang kepada kita dengan cara kita menariknya dengan beberapa amalan-amalan yang mendekatkan rejeki? Kami akan beri 9 Amalan yang bisa lakukan hal itu disini, khusus untuk Sobat Cahayaislam semua!

Banyak meminta ampun kepada Allah

Amalan yang mendekatkan rejeki pertama adalah istighfar. Sebagai manusia yang banyak memiliki kekurangan, kita harus selalu meminta ampun dengan beristighfar kepada Allah. Namun siapa sangka dalam Hadits Ahmad dijelaskan juga bahwa mereka orang-orang yang senantiasa beristighfar kepada Allah akan diberi kemudahan kepada Allah dari banyak kesusahannya. Tidak hanya itu, mereka akan diberi rizki oleh Allah dari mana tempat atau arah yang tidak dinyana-nyana (tidak terduga).

مَنْ أَكْثَرَ مِنَ اْلاِسْتِغْفَارِ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ * رواه أخمد

Berderma dan membantu sesama atau infaq fiisabilillah

Beberapa orang mungkin memiliki pemikiran bahwa memberi sesuatu, maka berkuranglah apa yang kita punya. Secara logis memang begitu, namun kita tidak bisa menggunakan logika ketika berurusan dengan Allah. Bahkan Allah berjanji bahwa mereka yang suka berderma, shodaqoh, dan infaq fiisabilillah akan diganti dengan yang lebih baik oleh Allah dengan kekuasaan Allah sebagai dzat sebaik-baiknya pemberi rizki. Jadi memperbanyak shodaqoh juga bisa mendatangkan lebih banyak rejeki lho!

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ * سورة سبإ 39

Menyambung tali persaudaraan supaya tidak putus

Dalam hadits Bukhori dielaskan bahwa mereka yang dengan senang hati menyambung tali persaudaraan (gemar bersilaturahim) akan dipanjangkan umurnya serta dibentangkan rejekinya oleh Allah. Menurut para alim ulama, dipanjangkan umurnya dihadits tersebut bisa juga berarti secara literal memang dipanjangkan umurnya atau bisa jadi dipanjangkan hidupnya dengan kehidupan yang jauh lebih baik (bisa dengan rijeki yang berlimpah, anak yang sholeh dan sholihah dan lainnya. Sobat Cahayaislam pasti mau kan?

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ  * رواه البخاري

Bersikap ramah-tamah pada Tamu

الضَّيْفُ يَأْتِى بِرِزْقِهِ وَيَرْتَحِلُ بِذُنُوْبِ الْقَوْمِ يُمَحِّصُ عَنْهُمْ ذُنُوْ بَهُمْ * رواه ابو الشيخ

Menurut hadits yang telah tim Cahayaislam kaji bersama para ulama mengatakan bahwa tamu adalah anugerah untuk penerimanya. Tidak hanya karena tamu datang membawa rezeki bagi tuan rumah, tamu juga pergi dengan membersihkan dosa-dosa tuan rumah yang didatanginya. Jadi secara eksplisit dijelaskan bahwa kita bisa menarik tamu dengan bersikap ramah-tamah pada tamu. Itulah kenapa banyak orang yang bilang bahwa tamu adalah raja seperti yang menjadi slogan dibanyak hotel-hotel berkelas.

Nah, kira kira itu beberapa amalan yang mendekatkan rejeki Allah yang bisa kami ulas disini. Namun tetap update artikel kami ya, karena masih ada kelanjutannya lho.

3 KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!