4 Tips Agar Rumah Tidak Kebobolan Saat Mudik Libur Idul Fitri 2023

0
570
idul Fitri 2023

cahayaislam.id – Mudik memang menjadi salah satu rutinitas yang sering dilakukan orang saat menjelang Lebaran tiba. Setelah selesai bekerja dan berpuasa, saat memasuki libur idul Fitri 2023 terasa membahagiakan karena akan mudik.

Berjumpa dan berkumpul bersama sanak keluarga di kampung halaman menjadi momen yang  paling ditunggu. Biasanya kegiatan mudik akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong sementara waktu.

Sebagaimana bunyi hadits di bawah ini,

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

أنَّ رجلًا زارَ أخًا لَهُ في قريةٍ أخرى ، فأرصدَ اللَّهُ لَهُ على مَدرجَتِهِ ملَكًا فلمَّا أتى عليهِ ، قالَ : أينَ تريدُ ؟ قالَ : أريدُ أخًا لي في هذِهِ القريةِ ، قالَ : هل لَكَ عليهِ من نعمةٍ تربُّها ؟ قالَ : لا ، غيرَ أنِّي أحببتُهُ في اللَّهِ عزَّ وجلَّ ، قالَ : فإنِّي رسولُ اللَّهِ إليكَ ، بأنَّ اللَّهَ قد أحبَّكَ كما أحببتَهُ فيهِ

“Pernah ada seseorang pergi mengunjungi saudaranya di daerah yang lain. Lalu Allah pun mengutus Malaikat kepadanya di tengah perjalanannya. Ketika mendatanginya, Malaikat tersebut bertanya: “engkau mau kemana?”. Ia menjawab: “aku ingin mengunjungi saudaraku di daerah ini”. Malaikat bertanya: “apakah ada suatu keuntungan yang ingin engkau dapatkan darinya?”. Orang tadi mengatakan: “tidak ada, kecuali karena aku mencintainya karena Allah ‘Azza wa Jalla”. Maka malaikat mengatakan: “sesungguhnya aku diutus oleh Allah kepadamu untuk mengabarkan bahwa Allah mencintaimu sebagaimana engkau mencintai saudaramu karena-Nya“ (HR Muslim no.2567).

Tips Agar Rumah Tidak Kebobolan Saat Libur Idul Fitri 2023

Kondisi rumah kosong, pasti akan membuat kita merasa cemas. Apalagi jika rumah dijadikan sebagai sasaran kejahatan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun, kita tak perlu merasa cemas, jika melakukan beberapa cara berikut ini.

1.   Lapor ke Petugas Keamanan

Langkah pertama yang dapat kita lakukan saat melakukan perjalanan mudik libur idul fitri 2023 dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, yaitu melapor ke petugas keamanan setempat.

Katakan kepada mereka bahwa kita akan mudik untuk beberapa hari, sehingga harus meninggalkan rumah dalam keadaan tidak berpenghuni.

Dengan melakukan langkah seperti ini, paling tidak petugas keamanan yang berada di dekat rumah turut mengawasi saat ditinggal mudik lebaran.

Jadi, apabila terjadi hal yang mencurigakan, petugas keamanan dan warga sekitar dapat bertindak untuk memastikan aman.

2.   Simpan Barang Berharga

Sebelum kita melakukan perjalanan mudik, simpan semua barang-barang berharga di tempat yang aman.

Langkah ini untuk menghindari terjadinya kehilangan barang berharga apabila ada hal yang tidak diinginkan.

3.   Pasang CCTV

Tips menjaga keamanan rumah saat mudik selanjutnya adalah pemasangan kamera CCTV di sudut rumah. Melalui alat ini, turut mengawasi keadaan rumah. Jadi, kita tidak perlu cemas terkait kondisi rumah yang kosong.

Pasang CCTV pada beberapa sudut rumah, seperti garasi, pintu gerbang depan dan belakang, ruang tengah, dan tempat lainnya.

Selain memudahkan kita dalam mengawasi rumah, semua peristiwa yang terjadi di rumah akan langsung terekam dan tersimpan.

4.   Tetap Menyalakan Lampu

Tips ini untuk mengelabui pencuri maupun orang lain yang ada niatan jahat terhadap rumah kita. Ketika mereka melihat lampu menyala, maka akan mengira penghuninya ada di rumah.

Usahakan keadaan rumah seolah-olah ada penghuninya, salah satunya menyalakan lampu pada beberapa tempat.

Jangan sampai rumah menjadi terlihat sepi saat ditinggal mudik libur idul Fitri, hal ini karena bisa mengundang perhatian para pencuri.

Kita dapat menggunakan lampu sensor yang menyala secara otomatis, agar pada siang hari lampu dapat mati. Pastikanlah keadaan rumah kita aman dengan melakukan beberapa tips yang ada di atas tadi.

Nah, Sobat Cahaya Islam, selain upaya di atas yang bisa kita lakukan. Perlu diingat, bahwa semua harus kita kembalikan lagi kepada Allah Ta’ala.

Sebab, hanya Allah lah sebaik-baik Dzat yang mampu menjaga seluruh yang ada pada kita.

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS. At-Thalaq:3)

Dengan begini, perjalanan mudik Anda bisa tenang dan terbebas dari rasa cemas terkait kondisi rumah tanpa penghuni. Selamat mudik libur idul Fitri 2023 semuanya, hati-hati di jalan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY