Viral Video Parakan 01, Bagaimana Islam Menyikapi Hal Tersebut?

0
430
parakan 1

Parakan 01 – Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan trending Parakan 01. Tahukah Sobat Cahaya Islam apa itu Parakan 01? Sebuah video menjadi viral di sosial media Twitter dengan tagar Parakan 01. Video ini merupakan video mesum pasangan di depan sebuah dinding bertuliskan Parakan 01.

Setelah dikonfirmasi ternyata Parakan 01 ada di Desa Kareo, Jawilan, Serang. Saat dikonfirmasi kepada pihak Kepala Desa setempat mereka membenarkan aksi tidak senonoh tersebut terjadi di desa mereka. Namun, pelaku dalam video yang viral dan menjadi bahan omongan netizen bukan berasal dari desa tersebut, melainkan warga dari desa lain.

Dalam video yang berdurasi sekitar 2 menit itu tampak sepasang pelajar melakukan perbuatan mesum di sebuah ruko yang telah lama kosong. Dari video tersebut pelaku laki-laki mengenakan jaket hitam dan bertopi. Sementara pelaku perempuannya mengenakan kardigan warna kuning lengkap dengan hijab warna hitam yang masih dipakainya.

Selain komentar negatif dari warganet, sejumlah akun juga menjadikan video tersebut sebagai bahan komedi. Sebab, dari video tersebut pelaku laki-laki terlihat memaksa pasangannya untuk membuka baju dan menuruti nafsunya. Bahkan, pelaku laki-laki dalam video itu juga sempat mendorong pasangannya ketika ada orang lewat dan memergokinya.

Sobat Cahaya Islam, video tersebut menjadikan tamparan keras bagi kita perihal moral pelajar masa kini. Meski tidak dapat dipungkiri juga bahwa hal tersebut sebenarnya sudah ada sejak lama. Cukup menyayat hati kita sebagai perempuan, seolah perempuan hanya sebagai pemuas nafsu laki-laki.

Parakan 01 dan Hukum Melakukan Perbuatan Mesum menurut Islam

Sobat Cahaya Islam, menanggapi viralnya video mesum sepasang pelajar di depan dinding bertuliskan “Parakan 01” kita semua dapat mengambil pelajaran. Terutama bagi para perempuan dan Sobat Cahaya Islam di sini. Menjaga kehormatan diri penting bagi perempuan. Sebenarnya tidak hanya perempuan saja, laki-laki juga perlu menjaganya.

Dalam kasus ini tampak pelaku perempuan dipaksa dan terpaksa membuka bajunya. Padahal, sebenarnya ia juga bisa dan memiliki hak bahkan wajib menolak apa yang dilakukan pasangan laki-lakinya. Lalu, bagaimana hukumnya? Simak penjelasan berikut ini:

1.     Hukum Melakukan Perbuatan Mesum

Melakukan perbuatan mesum jika belum menikah apalagi dilakukan di tempat terbuka hukumnya haram, berdosa. Dalam Islam perbuatan ini dapat dikatakan sebagai zina. Hukuman bagi pelaku zina dibedakan berdasarkan status perkawinannya. Dalam Al-Quran dijelaskan sebagai berikut:

“Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dera.” (QS. An-Nur Ayat 2).

2.     Pentingnya Perempuan Menjaga Kehormatan Diri

Sebagaimana penjelasan di atas dan video Parakan 01, nampak pelaku perempuan terpaksa menuruti ajakan pasangannya untuk membuka baju. Sebagai perempuan kita tidak boleh hanya menurut dan mengikuti arus. Ibu Kartini telah memberikan contoh nyata bagaimana perempuan mampu dan berdaya, tidak hanya selesai sebagai pemuas nafsu laki-laki.

Sobat Cahaya Islam, khususnya perempuan atau yang kini sedang menjalin asmara dengan pasangan masing-masing, pelu diingat bahwa bukti cinta seorang pasangan bukan dari melakukan perbuatan mesum seperti video “Parakan 01”. Menjaga kehormatan perempuan juga wajib dilakukan oleh laki-laki. Semoga kita dijauhkan dari keinginan nafsu yang buruk.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY