Tips Melatih Anak Berpuasa, Harus Dibiasakan Sejak Dini

0
597
tips melatih anak berpuasa

cahayaislam.id – Berpuasa adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh umat Muslim. namun banyak anak-anak yang masih belum melaksanakannya karena tidak kuat, padahal ada tips melatih anak berpuasa.

Secara istilah, puasa yaitu keadaan di mana kita harus menahan diri dari lapar dan dahaga. Selama itu kita dilarang untuk makan, minum atau melakukan hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Puasa akan dimulai dari kumandang adzan subuh hingga adzan magrib.

Nah, Sobat Cahaya Islam, perlu diketahui bahwa kegiatan berpuasa seharusnya ditanamkan pada anak sejak usianya masih dini. Sebab, jika sudah terbiasa maka dia akan lebih siap saat umurnya telah cukup atau baligh.

Sebagai orang tua, sudah sepatutnya untuk mengajarkan kepada anak-anaknya untuk berlatih menjalankan puasa dengan cara yang benar.

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدَهُ أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ}.

Nabi SAW bersabda, “Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan) tata krama yang baik.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dan imam Al-Hakim dari sahabat Amr bin Sa’id bin Ash r.a.

Tips Melatih Anak Berpuasa

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa coba diterapkan kepada anak-anak agar mulai terbiasa berpuasa sejak masih dini. Apa saja? Demikian ulasannya.

1.      Puasa Setengah Hari

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membiasakan anak untuk berpuasa mulai dari setengah hari terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan anak yang masih kecil belum kuat untuk berpuasa full satu hari penuh.

Bisa dilakukan mulai sahur hingga tiba waktu makan siang atau adzan dzuhur berkumandang. Cara ini pun tidak cukup satu kali, namun dibutuhkan konsistensi agar bisa melatihnya berpuasa full secara bertahap.

2.      Menyampaikan Makna Puasa

Anak kecil pastinya belum mengetahui tentang banyak hal, maka peran orang tua di sini sangat diperlukan. Terutama untuk menyampaikan apa saja makna, manfaat, serta hikmah yang bisa diperoleh dari melakukan puasa Ramadhan.

3.      Menyiapkan Menu Berbuka Kesukaannya

Sebagai upaya memotivasi anak kecil agar semakin semangat melakukan puasa, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan menu berbuka kesukaannya.

tips melatih anak berpuasa

4.      Menjadi Tauladan bagi Anak

Yang terpenting, sebagai orang tua harus lebih dulu siap menjadi tauladan bagi anak-anaknya. Sebab, mereka akan mencontoh segala sesuatu yang biasa dilakukan oleh orang tuanya.

5.      Memberikan Reward

Atas usahanya yang mau berlatih puasa, maka pada hari lebaran sebaiknya mereka pun diberi reward sebagai penghargaan. Hal ini bertujuan agar momen puasa Ramadhan selanjutnya anak-anak mau diajak untuk berpuasa lagi.

Tak hanya itu, anak-anak pun akan semakin kooperatif dan bersungguh-sungguh karena ingin membuktikan bahwa mereka layak untuk menerima reward tersebut.

6.      Membimbing dengan Penuh Sabar

Mengajarkan anak untuk berpuasa adalah salah satu tugas yang menjadi tanggung jawab orang tua. Meskipun hal ini sangat sulit untuk dilakukan, baik anak maupun orang tua juga harus mau sama-sama bersabar.

tips melatih anak berpuasa

Tidak perlu memaksa karena hal tersebut hanya akan membuat anak semakin bebal dan memberontak. Fatalnya lagi, mereka akan lebih memilih untuk menolak diajak berlatih.

Sobat, demikian di atas adalah ulasan mengenai tips melatih anak berpuasa, mengingat hal ini harus dikenalkan pada mereka sejak usia masih dini maka harus segera dicoba, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY