Hidup Rukun dengan Saudara, Begini Tipsnya!

0
73
Hidup Rukun dengan Saudara Begini Tipsnya

Hidup Rukun dengan Saudara – Di zaman akhir ini, kita banyak melihat fenomena di mana ada orang-orang yang tidak akur dengan saudara-saudara kandungnya. Bahkan, tak jarang seseorang berebut warisan dengan kakak atau adiknya. Tentu saja, kita tidak ingin melihat hal semacam ini pada kita dan keluarga seperti anak-anak kita kelak. Lalu, bagaimana sikap orangtua agar anak-anak saling hidup rukun?

Adil dalam Pemberian Membuat Hidup Rukun dengan Saudara

Terkadang, perbedaan karakter dan prestasi anak membuat orangtua mengistimewakan salah satu anaknya. Tapi, hal itu dapat memicu rusaknya hubungan antar saudara. Itulah kenapa Rasulullah bersabda:

اعْدِلُوا بَيْنَ أَوْلاَدِكُمْ اعْدِلُوا بَيْنَ أَبْنَائِكُمْ

“Bersikap adil-lah di antara anak-anak kalian dalam pemberian.” (1)

Memang, apresiasi orangtua untuk anaknya sangat penting. Tapi, jangan sampai pujian atau pemberian hadiah padanya membuat kakak atau adiknya merasa iri. Oleh karena itu, kita sebagai orangtua harus bijak dalam memberikan apresiasi terhadap prestasi anak supaya anak-anak tetap menjaga kebersamaan tanpa ada rasa iri satu sama lain.

Membiasakan untuk Saling Memaafkan

Penting untuk membiasakan anak-anak kita sejak kecil untuk mudah memaafkan, terlebih kepada saudara kandungnya. Tentu saja, ini akan menjadi kebiasaan yang baik. Bertengkar dengan saudara adalah hal yang kerap terjadi. Namun, jangan sampai pertengkaran berlarut-larut hingga terjadi permusuhan antar saudara. Allah berfirman:

خُذِ الْعَفْوَ

“Jadilah pemaaf.” (2)

Jika anak sudah terbiasa saling memaafkan, mereka akan berdamai dengan saudara-saudaranya. Dan jika terjadi perselisihan, mereka tidak akan sulit untuk memaafkan satu sama lain. Dengan demikian, akan tercpta kehidupan yang guyub rukun dengan para saudara dan juga orang lain pada umumnya.

Berdoa kepada Allah

Sekuat apapun usaha kita untuk menjaga kerukunan anak-anak kita, jangan sampai kita lupa untuk berdoa kepada Allah. Biasanya, orangtua hanya mendoakan anak-anaknya tentang keselamatan dan rezeki mereka. Padahal, kerukunan antar saudara di antara mereka juga tak kalah pentingnya.

Maka, hendaknya orangtua berdoa agar hati mereka selalu terikat dalam persaudaraan. Selain itu, penting untuk mengajarkan anak-anak kita untuk selalu bersyukur kepada Allah. Dengan demikian, hidup tidak hanya rukun tapi juga damai.

Berapapun jumlah anak kita, tidak mudah untuk menjadikan mereka saling rukun. Tapi, dengan usaha-usaha seperti di atas, insyaallah hati mereka akan lembut. Dengan kelembutan hati itulah mereka akan dijauhkan dari sifat-sifat yang dapat merusak hubungan antar saudara. Mudah-mudahan kita semua bisa hidup rukun dengan saudara-saudara kita. Begitupun dengan anak dan cucu kita nantinya. Aamiin.


Referensi:

(1) Sunan Abi Dawud 3544

(2) Q.S. Al-A’raf Ayat 199

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY