Meneladani Timnas Indonesia U-17, Tentang Pentingnya Konsistensi

0
140
timnas Indonesia U-17

Timnas Indonesia U-17 – Selama beberapa tahun terakhir, timnas Indonesia U-17 maupun senior seringkali memberikan banyak kebanggaan. Tentu hal tersebut berupa prestasi dalam dunia sepakbola maupun terkait aktivitas sebagai atlit.

Sobat Cahaya Islam, kegigihan yang dibangun oleh timnas Indonesia U-17 wajib diteladani oleh generasi muslim dalam melakukan berbagai aktivitas utamanya dalam hal menegakkan syiar Islam.

Meneladani Sikap Kegigihan Timnas Indonesia U-17

Dalam dunia sepak bola dan atlit, keuletan dan kegigihan Timnas Indonesia U-17 tentu tidak perlu diragukan lagi.

Bagi yang hanya sekedar menontonnya saja, mungkin menganggap bahwa kegigihan tersebut normal. Padahal, tak semua generasi mampu memiliki kegigihan yang konsisten semacam itu.

Akan ada godaan yang membuat generasi terkecoh dan beralih tujuan. Konsep kegigihan ini di dalam Islam bisa juga disebut sebagai sikap bahdilan juhdi.

Sikap tersebut yakni sikap dimana seorang muslim berusaha dan bersungguh – sungguh dalam melaksanakan beragam aktivitas utamanya belajar dan syiarkan Islam.

Dalam belajar, jika tidak ada konsistensi, tentu tujuan tidak pernah tercapai bahkan mustahil didapatkan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi umat untuk senantiasa menumbuhkan sikap tersebut dalam diri.

Pada awalnya, bisa saja sikap tersebut tidak serta merta ada dalam diri. Namun perlu dipantik dan diberi dorongan eksternal. Dorongan inilah yang akan menjadi inspirasi dalam diri untuk menjadi sosok yang gigih, sabar serta tetap konsisten.

timnas Indonesia U-17

Hal ini sebagaimana yang sudah para sahabat teladankan pada umat Islam. Misalnya, umat perlu meneladani kegigihan seorang Aisyah, istri Rasulullah. Beliau merupakan sosok yang gigih dalam memperjuangkan kemurnian ilmu.

Pun juga diberikan keteladanan oleh seorang Khadijah. Harta yang berlimpah tak menjadikannya wanita sombong, melainkan sosok yang sangat dermawan. Beliau seringkali mendermakan hartanya manakala menemukan seseorang maupun tempat yang sedang kesulitan.

Selain itu, keteladanan juga dicontohkan oleh  para sahabat Rasul dan umat yang taat. Mereka memberikan keteladanan yang sebenarnya bisa diambil hikmah dan diimplementasikan dalam kehidupan masa kini.

Tips Menjadi Generasi Konsisten

Idealnya, konsistensi akan muncul manakala dilakukan secara berkala. Tentu ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa konsisten dalam diri. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Tentukan Cita – Cita

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni generasi harus belajar dalam menentukan cita-cita. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam hidup.

Kadangkala hal inilah yang menjadikan generasi bingung ‘what’s next?’ Padahal sebagai umat yang baik dan mulia, hal utama yang perlu terus diupayakan adalah berjuang dan gigih dalam beribadah. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

2.    Istiqomah dalam Kebenaran

Selanjutnya hal lain yang bisa dilakukan yakni senantiasa berusaha untuk istiqomah dalam kebaikan. Istiqomah menjadi seorang yang konsisten mengejar cita – cita tentu bukan hal yang mudah.

timnas Indonesia U-17

Generasi harus banyak berlatih dan mendalami ilmu dalam kondisi apapun. Derajat orang berilmu sebagaimana yang Allah Ta’ala sampaikan dalam firmanNya yakni di surat Al Mujadilah ayat 11 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan timnas Indonesia U-17 dan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi generasi yang tetap konsisten. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY