Tiket PRJ 2023 Termasuk Undian, Bagaimana Pandangan Islam?

0
258
tiket PRJ 2023

Tiket PRJ 2023 – Di momen liburan sekolah, banyak sekali event yang menarik untuk masyarakat ikuti, salah satunya PRJ 2023. Bagi orang yang ingin ikut serta dalam event tersebut, tentu perlu mengetahui berapa harga tiket PRJ 2023.

Dengan begitu, Sobat bisa ikut serta dalam keseruan dan acara di dalam PRJ 2023. Lantas berapa harga tiket event PRJ 2023?

Ketahui Harga Tiket PRJ 2023

Jakarta Fair Kemayoran atau JFK 2023 atau yang populer dengan nama Pekan Raya Jakarta 2023 sudah resmi dibuka. Adapun event tersebut berlangsung sejak tanggal 14 Juni sampai 16 Juli mendatang alias selama 33 hari.

Pergelaran yang dahulu terkenal sebagai PRJ ini adalah ajang pameran dan hiburan terbesar di Asia Tenggara. Event tersebut berlangsung di JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta Pusat.

Tahun 2023 merupakan tahun ke 55 sejak JFK pertama kali diadakan pada tahun 1958 silam. Adapun besaran harga tiket PRJ 2023 yakni:

·         Senin s/d Jumat: Rp 30 ribu tanpa akses ke area konser musik

·         Senin s/d Jumat: Rp 70 ribu boleh akses ke area konser musik

·         Sabtu s/d Minggu: Rp 50 ribu tanpa mengakses area konser musik

·         Sabtu s/d Minggu: Maksimal Rp 250 ribu untuk akses ke area konser musik

Hukum Undian dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, membayar tiket PRJ 2023 memungkinkan semua peserta berkesempatan untuk mengikuti undian. Namun banyak orang yang belum tahu tentang hukum mengikuti undian dalam islam.

tiket PRJ 2023

Melakukan undian bukanlah termasuk hal tercela. Orang soleh di masa lalu, termasuk para nabi sekalipun pernah melakukan undian.

Tetapi tetap saja, Sobat tidak boleh melakukan undian secara sembarangan. Sebab tetap ada undian yang boleh dan haram dalam pandangan islam.

Undian yang Boleh dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, berikut ini ada beberapa kriteria undian yang boleh dalam pandangan islam:

1.       Undian yang Tidak Ada Unsur Perjudian atau Mukhatarah alias Untung Rugi

Bentuk undian yang boleh dalam islam yakni jika tidak terdapat unsur perjudian atau untung rugi di dalamnya. Sebab hukum judi jelas terlarang dalam agama yang tertuang dalam:

إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan” (QS. Al Maidah: 90).

Sebagai contoh, ada orang mengikuti undian berhadiah dengan syarat membayar tertentu kepada panitia. Ini hukumnya haram lantaran terdapat unsur perjudian serta untung rugi.

Jika namanya keluar ketika undian maka akan untung. Sebaliknya, jika namanya tidak keluar makai a menjadi rugi lantaran sudah mengeluarkan biaya.

2.       Undian untuk Menentukan Siapa yang Berhak

Undian boleh dilakukan untuk menentukan orang yang berhak saat terjadi ibham al huquq. Untuk menentukan siapa yang berhak, maka boleh menggunakan undian.

tiket PRJ 2023

Hal ini seperti yang terjadi dalam:

 كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا أَرَادَ سَفَرًا أَقْرَعَ بَيْنَ نِسَائِهِ فَأَيَّتُهُنَّ خَرَجَ سَهْمُهَا خَرَجَ بِهَا مَعَهُ

“Apabila Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam hendak safar, beliau mengundi diantara istrinya. Siapa yang namanya keluar, beliau akan berangkat bersama istri nya yang menang.” (HR. Bukhari 2593, Muslim 7196 dan yang lainnya).

3.       Undian Ketika Terjadi Benturan Hak Beberapa Orang

Boleh melakukan undian saat semua orang berhak dan semuanya ingin mendapatkannya. Tepat di saat itu, maka undian berguna untuk menentukan siapa orang yang berhak.

Ini seperti yang tertuang dalam:

وَإِنَّ يُونُسَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ . إِذْ أَبَقَ إِلَى الْفُلْكِ الْمَشْحُونِ. فَسَاهَمَ فَكَانَ مِنَ الْمُدْحَضِينَ

Sesungguhnya Yunus termasuk para rasul Allah. (ingatlah) ketika dia lari, ke kapal yang penuh muatan, Kemudian dia ikut berundi lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian.” (QS. As-Shaffat: 139 – 141)

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa pandangan islam terhadap undian. Jika ada tambahan dalam tiket PRJ 2023 khusus undian, ada baiknya Sobat tidak ikut serta.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY