Benarkah Tawajjuh adalah Salah Satu Metode Dakwah?

0
44
Tawajjuh adalah

Tawajjuh adalah – Tawajjuh adalah salah satu metode dakwah yang istilahnya jarang dikenal oleh sebagian umat muslim. Tawajjuh sendiri merupakan salah satu jenis metode dakwah dalam Tarekat Naqsabandiyah.

Sobat Cahaya Islam, beberapa makna dari tawajjuh adalah pelaksanaan kegiatan kebatinan. Biasanya kegiatan ini terlaksana dengan mempertemukan para murid dengan guru atau syekhnya sambil membahas beberapa bacaan dzikir.

Makna Tawajjuh adalah Metode Dakwah dari Tarekat Naqsabandiyah

Tawajjuh adalah metode dakwah yang mempertemukan antara murid dengan syeikhnya secara langsung dan di momen tersebut mengajarkan terkait bacaan dzikir. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan seminggu sekali di hari Kamis, di waktu sebelum dzuhur sampai ashar.

Kemudian, diisi dengan beragam kegiatan seperti shalat berjamaah kemudian tawajjuh, berdzikir serta penyampaian materi kajian dan lainnya. Ini merupakan salah satu pengembangan dari Tareqat Naqsabandiyah.

Tarekat Naqsabandiyah sendiri merupakan salah satu bentuk keragaman organisasi dakwah yang sudah fenomenal sejak dahulu, salah satunya yakni juga yang ada di provinsi Sumatera Barat.

Bagi sebagian umat muslim, mungkin tidak banyak yang memahami tentang Tareqat tersebut. Menelisik dari beberapa pernyataan sejarah, Tareqat Naqsabandiyah sudah berada di Indonesia sejak 1850.

Tokoh utamanya sendiri di Sumatera Barat adlah syekh Ismail yang berasal dari Sibaur dan beberapa murid – muridnya bertempat dari surau ke surau untuk mengembangkan Tareqat Naqsabandiyah.

Semakin bertambahnya tahun, dakwah Tareqat Naqsabandiyah berkembang pesat sehingga jamaahnya terdiri dari berbagai level mulai dari remaja, para orangtua dan senior di desa tersebut.

Inilah hakikat bahwasannya dakwah Islam memang perlu disyiarkan walaupun umat musliim hanya memahami satu ayat. Pun ini sebagaimana yang termaktub dalam dalil di surat Ali Imran ayat 104 bahwa :

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya : Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Tips Berdakwah Agar Semakin Berkembang

Seiring berjalannya waktu, syiar Islam tentu akan menghadapi beragam cobaan dan ujian. Maka dari itu, penting bagi seseorang untuk senantiasa membina dan mensyiarkan dengan metode dimana umat muslim dapat menerimanya dengan baik. Beberapa tips diantaranya syiar Islam yakni :

1.    Gunakan Visual Dakwah yang Menarik

Hal pertama yang perlu dilakukan agar dakwah jadi semakin didengarkan dan dipelajari yakni gunakan visual dakwah yang menarik.

Tawajjuh adalah

Ada banyak program baik berbayar maupun gratis untuk membantu dakwah agar semakin mudah tersampai pada khalayak umum khususnya bagi gen Z dan Alpha.

Mendedikasikan diri dalam syiar dakwah menjadi salah satu kewajiban seorang muslim sekaligus sebagai pembuktian ibadah. Hal ini sebagaimana yang termaktub di dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

2.    Perdalam Ilmu Agama dalam Diri

Hal yang kedua dan tidak boleh sampai terlupa yakni untuk terus memperdalam ilmu agama dimanapun berada. Memastikan diri dalam lingkungan pembelajaran Islam yang kondusif sangatlah penting, agar ilmu mudah diresapi.

Tawajjuh adalah

Selain itu, memperdalam ilmu agama juga akan meningkatkan derajat ketaqwaan sebagaimana yang termaktub di surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Nah Sobat Cahaya Islam demikianlah ulasan yang berkaitan dengan tawajjuh adalah salah satu metode untuk syiar agama Islam sekaligus tips sederhana agar syiar lebih dapat diterima oleh masyarakat jaman sekarang. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY