Social Distancing, Bagaimana Muslim Menyikapinya?

Social distancing mencegah penyebaran virus corona

0
369
social distancing

Social DistancingVirus corona kini telah menyebar di Indonesia. Hingga saat ini telah lebih dari 227 orang yang dinyakatakn positif corona di Indonesia. Penyebaran virus ini memang sangat cepat ke berbagai penjuru dunia hingga akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan lockdown dan juga menganjurkan social distancing untuk sementara waktu.

Social Distancing

social distancing 2

Masyarakat dihimbau untuk melakukan social distancing. Apa itu yang dimaksud dengan social distancing?

Social distancing merupakan upaya pencegahan virus corona dengan menghindari kontak langsung atau menjaga jarak dari masyarakat sosial dan lingkungan. Arti lain dari sosial distancing adalah melakukan isolasi diri dengan tidak melakukan jabat tangan, saling bersentuhan, dan menghindari kerumunan.

Dengan melakukan upaya ini, diharapkan agar rantai penyebaran virus corona dapat terputus sehingga penyebarannya dapat dihentikan. Penularan virus ini sangat cepat ketika masyarakat saling berdekatan dan melakukan kontak satu dengan yang lainnya.

Sobat cahaya Islam mungkin saja masih bertanya-tanya mengenai hal ini apakah harus begitu ekstrem menjaga diri dari orang lain sehingga tidak berjabat tangan ketika bertemu dengan orang dekat atau dengan teman. Padahal kita tahu berjabat tangan dengan teman sejenis mampu menggugurkan dosa. Berikut ini adalah hal yang perlu disadari oleh setiap muslim agar tidak salah dengan social distancing:

social distancing

–          Tidak Berjabat Tangan Hingga Virus Corona Dapat Dihentikan Penyebarannya

Kita perlu menyadari bahwa tidak berjabat tangan, tidak traveling, tidak berada di kerumunan dan mengisolasi diri dirumah bukan hal yanh dilakukan selamanya. Kita perlu sadar bahwa social distancing yang kita lakukan hanyalah sementara agar penyebaran virus corona dapat dihentikan secepatnya. Kita perlu menjadi orang yang bijaksana dan jangan terlalu berlebihan dalam menyikapi hal ini.

–          Mengutamakan Keselamatan Bersama

Anjuran untuk melakukan social distancing atau menjauhkan dari kerumunan social tujuan adalah membatasi penyebaran penyakit itu sendiri. Sebaiknya, kita sebagai masyarakat memahami bahwa penyakit ini sangat mudah menular melalui sentuhan dan bahkan berdasarkan berita terbaru, virus ini dapat menular juga melalui udara. Jadi sebaiknya kita jangan egois dan hanya mengutamakan diri sendiri tanpa memikirkan keselamatan yang lainnya.

–          Menyadari Lebih Besar Manfaatnya Dibandingkan Mudhorotnya

Sebagai muslim kita juga harus pandai menimbang sisi positif dan sisi negatifnya. Ketika kita dalam masa isolasi maka itu artinya kita menjaga keselamatan bersama. Mungkin kita memang tidak bisa bersilaturahmi sementara waktu namun hal itu adalah hal yang terbaik agar kondisi tidak semakin buruk dan virus ini segera diatasi.

social distancing 1

–          Niatkan Untuk Menjaga Diri, Keluarga dan Masyarakat

Sebagai orang yang beriman, kita sebaiknya selalu berusaha untuk mementingkan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi. Dalam masa social distancing, kita niatkan semuanya untuk menjaga diri, keluarga dan masyarakat sehingga dalam masa ini kita tetap mendapatkan pahala ibadah karena memiliki niat yang baik. Seperti hadist nabi berikut ini

ًقَحَكْيَلَعَكِدَسَِلَِورواه مسل

…dan sesungguhnya badanmu mempunyai hak atas dirimu….” HR Muslim No.1967-

Di antara hak badan adalah memberikan makanan pada saat lapar, memenuhi minuman pada saat haus, memberikan istirahat pada saat lelah, membersihkan pada saat kotor dan mengobati pada saat sakit.

–          Mematuhi Kebijakan Bersama dengan Baik Demi Bangsa

Hal selanjutnya yang perlu kita sadari adalah kita merupakan warga negara Indonesia yang juga perlu mengikuti kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Apalagi kita tahu kebijakan ini bukan hanya diberlakukan oleh Indonesia saja melainkan hampir semua negara yang terpapar virus ini juga memberlakukan kebijakan yang sama.

Setelah mengetahui bahwa social distancing merupakan hal yang sangat penting maka kita sebaiknya jangan menjadi orang yang bingung dalam menjaga prinsip. Islam telah mengajarkan agar umatnya saling tolong menolong dan saat ini cara efektif yang bisa kita lakukan adalah menlakukan isolasi diri demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang banyak. Semoga musibah ini segera berakhir dan sobat cahay Islam semuanya bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!