Sandra Dewi Ajari Anak Kata Terima Kasih dan Maaf, Begini Ungkapan Terima Kasih Dalam Islam

0
89
Sandra Dewi Ajari Anak Kata Terima Kasih dan Maaf dan Begini Menurut Islam

Sandra Dewi ajari anak – Sebagai seorang Ibu, Sandra Dewi mengaku sudah mengajarkan anak tentang kata maaf dan terima kasih sejak dini. Ini agar anak bisa mengerti bagaimana cara menghargai orang lain. Terlebih lagi menurutnya, peran orang tua sangat penting untuk membentuk kepribadian anak. Terutama mencontohkan hal baik di depan anak. Dengan membiasakan anak berterima kasih dan meminta maaf, maka ini menjadi ilmu bagi anak untuk menghargai orang lain.

Sandra Dewi Ajari Anak Kata Terima Kasih dan Maaf dan Begini Menurut Islam

Untuk mengajarkan kata maaf dan terima kasih kepada anak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan membacakan buku kepada anak menjelang tidur atau di siang hari. Ini menjadikan Sandra Dewi lebih mudah berkomunikasi dengan anak. Dalam islam sendiri, terima kasih dan kata maaf adalah cerminan perbuatan baik. Bahkan terima kasih juga salah satu bentuk rasa syukur lho sobat CahayaIslam.

Sandra Dewi Ajari Anak Kata Terima Kasih dan Maaf, Bagaimana Ungkapan Terima Kasih Dalam islam?

Sandra Dewi Ajari Anak Kata Terima Kasih dan Ungkapan Terima Kasih Dalam Islam

Sandra Dewi ajari anak kata terima kasih dan juga maaf. Kedua kata ini mengandung banyak kebaikan. Apalagi terima kasih yang merupakan ungkapan sederhana namun mengartikan banyak hal. Mulai dari cerminan menghargai orang lain hingga bentuk syukur. Islam sendiri mengajarkan kaum muslimin untuk senantiasa bersyukur. Dan mengucapkan terima kasih kepada kebaikan orang lain juga termasuk bentuk rasa syukur.

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(1)

Ayat ini menjelaskan tentang syukur. Dan Allah pun memerintahkan kaum muslimin untuk bersyukur, maka dengan itu ditambahNya nikmat. Sementara terima kasih sendiri adalah ungkapan syukur atas apa yang kita terima, baik dari Allah ataupun dari orang lain. Dan terima kasih juga bisa diungkapkan dengan beberapa cara yang sesuai dengan ajaran islam.

Mengucapkan Jazakallah Khairan

Sandra Dewi Ajari Anak Kata Terima Kasih dan Maaf

Salah satu ungkapan terima kasih adalah dengan mengucapkan “jazakallah khairan”. Ini bukan hanya sekedar ucapan terima kasih, namun maknanya bahkan lebih daripada itu. Dengan mengucapkan jazakallah khairan maka kita sedang mendoakan orang lain dengan kebaikan. Ungkapan ini bisa diganti menjadi “jazakillah khairan” jika diucapkan kepada perempuan. Dan “jazakumullah khairan” jika diucapkan kepada lebih dari satu orang.

Membalas Dengan Kebaikan

Untuk mengungkapkan rasa terima kasih juga bisa dilakukan dengan membalas kebaikan. Salah satunya dengan pemberian yang baik. Pemberian yang baik pun bisa berupa apa saja yang bermanfaat. Islam juga tidak melarang kaum muslimin untuk memberikan semacam hadiah atau pemberian untuk orang lain.

Memuji Orang Lain

Rasa terima kasih juga bisa diungkapkan dengan memuji orang lain. Ini adalah bentuk apresiasi kita untuk kebaikan yang orang lain berikan. Namun dalam islam, pujian juga tidak boleh dilakukan dengan berlebihan. Sehingga dalam memuji juga sebaiknya dilakukan dengan secukupnya. Seperti ketika dihadiahi sesuatu, maka pujilah pemberiannya misalnya dengan mengatakan “barang ini bagus”.

Sandra Dewi ajari anak – untuk mengenal kata maaf dan juga terima kasih. Keduanya adalah ungkapan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang muslim. Bukan hanya sebagai bentuk menghargai orang lain, namun terima kasih juga mencerminkan rasa syukur.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ibrahim Ayat 7

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY