hujan

Ketika hujan tiba biasanya kita akan merasa bahagia karena tanah menjadi basah, tanaman tumbuh dengan baik, air kolam tergenang kembali, ikan berbahagia, dan banyak seklai hal yang penuh kebahagiaan lainnya. Disamping itu ketika turun air langit banyak juga yang merasa sedih karena banyak terjadi bencana, gagal panen dan lain sebagainya.

Jika dibandingkan antara hal positif yang disebabkan oleh hujan dengan kerusakan yang disebabkan tentu akan jauh lebih banyak manfaatnya. Bisa dibayangkan sendiri bagaimana jika tidak turun air sama sekali. Bumi akan kering sehingga tumbuhan tidak dapat hidup begitu juga dengan manusia dan hewan.

hujan

Waktu yang mustajab untuk berdoa

Perlu untuk diketahui oleh setiap muslim bahwa ternyata ketika air langit jatuh ke bumi saat itu adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Pada jaman dahulu Rasulullah tidak melewatkan kesempatan untuK berdoa apabila hujan turun. Kebanyakan masyarakat saat ini apabila penghujan tibajustru lebih banyak mengeluh dibandingkan bersyukur. Jangan sampai kita termasuk orang yang tidak bersyukur apabila musim penghujan tiba.

hujan

Apabila turun air langit maka kita hendaknya membaca doa karena pada waktu tersebut masuk sebagai salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Seperti dalam sebuah hadis berikut ini:

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.”[1]

Dalam hadis tersebut dapat kita lihat bahwa ada 3 waktu mustajab untuk berdoa dan salah satunya adalah ketika hujan turun. Sebenarnya masih ada banyak hadist lain dengan kesmpilan yang sama. Hadis lainnya adalah dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.[2]

Pada saat hujan tiba kita bisa meminta kepada Allah mengenai apasaja terutama apabila kita sedang memiliki hajat tertentu. Saat hujan tiba kita juga hendaknya membaca doa ketika turun air dari langit. Doa ketika turun hujan memiliki makna yang dalam meskipun bacaan doanya sangat pendek.

Doa turun hujan

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

Allahumma shoyyiban naafi’aa [Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat].

Doa tersebut sangat mudah untuk dihafal dan hendaknya setiap muslim mengetahui bacaan doa tersebut. Dengan  membaca doa tersebut semoga Allah menurunkan hujan yang penuh dengan Rahmat sehingga air yang turun membawa banyak manfaat dan tidak mengandung bencana.

hujan

Sebagai umat Islam kita juga perlu untuk selalu bersyukur apabila musim penghujan tiba. Kita bisa melihat ada banyak tempat yang saat ini mengalami kekeringan. Ketika hujan tidak turun dan terjadi kekeringan tentu kita akan kesulitan untuk menemukan bahan makanan dan juga sumber mata air.Air langit yang Allah turunkan merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada hambanya.

Saat ini Indonesia sudah memasuki musim penghujan, semoga sobat cahaya Islam semua terhidar dari bencana alam. Dengan banyak berzikir dan memohon kebaikan kepada Allah maka Inshaallah kita akan diberi keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.

Itu tadi penjelasan mengenai hujan yang ternyata ketika turun air langit adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat cahaya Islam semuanya.

Catatan kaki:

  1. Dikeluarkan oleh Imam Syafi’i dalam Al Umm dan Al Baihaqi dalam Al Ma’rifah dari Makhul secara mursal. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shohihul Jaami’ no. 1026.
  2. HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY