Doa Hujan Turun

Doa Turun Hujan – Saat ini wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan. Hujan merupakan rahmat yang Allah berikan kepada makhluk ciptaannya di dunia. Dengan diturunkan hujan maka tumbuhan akan tumbuh, hewan dan manusia juga dapat hidup karena tersedia bahan makanan dan minuman. Ketika musim hujan tiba, kita hendaknya selalu bersyukur karena ini merupakan rahmat yang diharapkan oleh setiap makhluk hidup.

Doa Hujan Turun

Ketika hujan tidak kunjung datang maka bumi akan mengalami kekeringan sehingga makhluk hidup juga akan kesulitan untuk menemukan bahan makanan. Ada banyak sekali hal positif yang didapatkan oleh makhluk hidup ketika musim hujan tiba. Namun meksipun demikian, hujan yang deras dan berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai macam bencana mulai dari banjir, tanah longsor, hujan badai, dan lain sebagainya.

Di musim hujan kali ini, curah hujan yang turun cukup tinggi dan di berbagai daerah bahkan terjadi hujan lebat yang disertai dengan angin kencang. Hal ini tentu menyebabkan sebagian masyarakat merasa takut dan juga resah.

Doa Hujan Turun

Ketika hujan tiba, Rasulullah SAW telah memberikan contoh kepada umat Islam untuk membaca doa. Doa yang diajarkan Rasulullah sangat mudah dan juga cukup pendek. Meskipun demikian, doa tersebut mengandung makna yang dalam dan memang sebaiknya dibaca apabila hujan tiba.

Doa ketika hujan

Berdasarkan hadist riwayat dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Doa ini memang sangat sederhana karena ketika hujan tiba Rasulullah SAW meminta agar Allah menurunkan hujan yang bermanfaat dan bukan hujan yang membawa bencana. Bencana alam ketika musim hujan tiba memang sering kali terjadi. Namun kebanyakanbencana alam terjadi karena ulah dan perbuatan manusia sendiri.

Misalnya saja bencana banjir dan juga tanah langsor. Bencana banjir di kota-kota besar sering terjadi akibat kerusakan lingkungan, sambah yang menyebabkan sungai dangkal serta karena kurangnya daerah resapan air. Daratan yang seharusnya menjadi daerah resapan saat ini banyak yang di semen sehingga air tidak bisa terserap ke dalam tanah.

Begitu juga dengan becana tanah longsor. Biasanya tanah longsor terjadi karena hutan telah banyak digunduli. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu menjaga lingkungan agar bencara dapat diminimalkan resikonya.

Apabila hujan telah tiba maka jangan lupa untuk Doa Turun Hujan. Doa ini sangat bermanfaat dan inshaalah mustajab. Apalagi berdoa ketika hujan juga akan menjadikan  doa lebih cepat terkabul karena waktu turun hujan adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

Membantu terhindar dari bencana

Doa yang telah disampaikan diatan bukan hanya menjadikan kita mendapatkan hujan yang bermanfaat namun juga akan membantu kita terhindar dari bencana alam. Hal yang terpenting selain membaca Doa Turun Hujan adalah dengan memperbanyak zikir dan juga beristigfar.

Doa Hujan Turun

Jangan mengeluh ketika turun hujan karena hujan merupakan Rahmat dari Allah untuk makhluk di bumi.

Memperbanyak mengingat Allah dalam segala situasi juga menjadi kunci agar kita selalu diberi keselamatan dan pertolongan dari Allah. Sobat cahaya Islam, apabila hujan tiba, kita jangan lupa untuk banyak bersyukur dan berdoa. Pada waktu tersebut doa akan lebih mudah terkabul. Jadi jangan siakan waktu mustajab tersebut dengan perbuatan yang tidak bermanfaat. Semoga informasi ini menambah wawasan kita semua terutama mengenai doa setelah turun hujan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!