Kandungan Dan Penjelasan Hadits Arbain Nawawi Nomer 7

0
1434

Dalam beragama, hadits merupakan salah satu rujukan yang menjadi pedoman, selain Al Qur’an. Sebagaimana kita tahu, hadits adalah seluruh perkataan, perbuatan, dan juga ketetapan Nabi yang diriwayatkan dan menjadi pedoman bagi umatnya untuk beribadah kepada Allah SWT, bergaul dalam masyarakat, dan menyelesaikan berbagai macam masalah. Salah satu hadits yang menjadi pedoman khususnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari adalah hadits arbain nawawi. Lalu apa isi dari Kandungan Dan Penjelasan Hadits Arbain Nawawi Nomer 7

Sobat Cahaya islam, pada kesempatan ini kita hendak membahas kandungan dan juga penjelasan dari hadits arbain nawawi nomer 7. Perlu diketahui, dalam hal ini, Imam Nawawi mengatakan bahwa arbain nawawi merupakan salah satu hadits yang paling penting untuk diketahui dan juga dihafalkan oleh umat Muslim. Banyak sekali pelajaran dan juga petunjuk yang akan diperoleh dari hadits-hadits yang ada. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Kandungan Dan Penjelasan Hadits Arbain Nawawi Nomer 7

عَنْ أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيمِ بْنِ أَوْسٍ الدَّارِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: “الدِّينُ النَّصِيحَةُ.” قُلْنَا: لِمَنْ؟ قَالَ: “لِلَّهِ، وَلِكِتَابِهِ، وَلِرَسُولِهِ، وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ.

Artinya: Dari Abi Ruqayah Tamim bin Aus Ad Daari bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Agama ini adalah nasihat.” Kami bertanya, “Bagi siapa?” Beliau menjawab, “Bagi Allah, bagi kitab-kitab-Nya, bagi Rasul-Nya, bagi para pemimpin kaum muslimin, dan bagi kaum muslimin pada umumnya.”

Tema utama hadits

Tema utama dari hadits arbain nawawi ini adalah tentang nasihat. Sobat Cahaya islam dapat melihat arti yang terkandung dalam hadits tersebut yang mengatakan bahwa agama adalah nasihat. Nasihat yang diatur dalam hadits ini disebut juga sebagai ketulusan hati pada pihak-pihak yang diberikan nasihat agar dia mengetahui apa yang harus ia perbuat dalam rangka beriman kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Nasihat seperti hal tersebut juga penting karena umat yang tidak merugi adalah umat yang saling menasihati dalam kebaikan, sebagaimana dijelaskan dalam QS Al ‘Asr.

Dari tema utama, dalam pembahasan hadits arbain nawawi selengkapnya, ada beberapa poin penting yang harus senantiasa kita perhatikan. Beberapa poin penjelasan yang dimaksud adalah:

Nasihat adalah hal yang penting

Dalam menjalani kehidupan, nasihat adalah hal yang sangat penting. Kehidupan manusia sungguh tidak akan bebas dari konflik batin, masalah dan hal lainnya yang tidak jarang akan menghasilkan sebuah keraguan dan pasang-surut keimanan pada Allah SWT.

Dengan adanya nasihat tersebut, tentu saja, umat akan bisa saling membantu orang lain menjaga keimanan mereka. Nasihat yang diberikan dapat membantu orang lain untuk senantiasa berjalan pada jalan yang benar meskipun ia sedang diuji dalam berbagai macam ujian. Dalam hadits arbain nawawi, nasihat tidak hanya khusus pada sesama manusia saja, tetapi secara rinci dibagi menjadi beberapa hal, seperti nasihat untuk Allah, Al Qur’an dan juga Nabi Muhammad SAW.

Nasihat untuk Allah

Mungkin sobat Cahaya islam bertanya tentang apa maksud dari nasihat ini? Nah, maksud dari nasihat untuk Allah dalam poin ini adalah beriman kepada Allah SWT dengan tidak pernah mensekutukannya. Tidak hanya itu, umat manusia juga tidak boleh mengingkari sifat-sifat Allah SWT dan harus selalu berusaha menaati segala perintahnya dan juga menjauhi segala larangannya.

Nasihat untuk Al Qur’an

Maksud dari penjelasan hadits arbain nawawi poin ketiga ini adalah sikap kita terhadap iman kepada Al Qur’an. Al Qur’an adalah kalam Allah SWT yang sempurna dan suci serta tidak ada satu orang pun yang mampu menandinginya. Adanya Al Qur’an merupakan berkah bagi manusia karena ialah petunjuk dan jalan hidup yang diridhai oleh Allah SWT. Sebagai orang yang beriman, tentu seorang muslim harus senantiasa berpegang teguh pada hukum dalam Al Qur’an serta mempelajari dan juga mengajarkannya.

Nasihat demi Rasulullah

Maksud dari penjelasan kandungan hadits arbain nawawi adalah kaum muslim seharusnya selalu menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai contoh dalam berperilaku dan senantiasa berusaha untuk menjalankan sunnahnya.

Nasihat untuk pemimpin

Poin terakhir dari penjelasan hadits arbain nawawi adalah nasihat untuk pemimpin termasuk ulama. Dalam hal ini, seorang muslim sebaiknya menasihati pemimpin mereka agar senantiasa berbuat adil kepada rakyat dan tidak menjadikan kekuasaan sebagai apa yang mereka cari selama ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!