Raja Salman Dikabarkan Meninggal? Cek Dulu Faktanya

Raja Salman dikabarkan meninggal dunia, benarkah?

0
42
raja salman 1

Raja Salman – Pembuat konten youtube memang banyak yang membuat sesuatu yang controversial demi menarik subscriber dan penonton agar membuka chanelnya. Baru-baru ini ada satu chanel youtube yang membuat content mengenai berita meninggalnya Raja Salman.

raja salman 2

Dalam video yang berdurasi hanya sekitar 1 menit tersebut memang menyebutkan mengenai kematian sang raja. Namun pada kenyataannya berita tersebut hanyalah berita bohong yang sama sekali tidak berdasar. Raja Salman hingga saat ini masih sangat sehat dan juga dalam kondisi yang baik-baik saja. Sehingga kita jangan mempercayai mengenai berita kematian tersebut.

Hoax Tentang Meninggalnya Raja Salman

Sobat Cahaya Islam, mendengar berita akan kematian seorang tokoh memang sangat mengejutkan dan tentu akan membuat seseorang mencari informasi lebih lanjut mengenai bagaimana detail beritanya. Namun jika berita yang disampaikan adalah berita dusta, maka kita harus waspada dan cobalah untuk mencari referensi lain yang lebih terpercaya.

Saat ini memang jaman yang penuh dengan dusta. Banyak sekali orang yang membuat berita palsu hanya demi untuk mendapatkan uang. Perbuatan berdusta seperti ini akan sangat mudah menyebar di jaman teknologi canggih seperti sekarang ini.

raja salman 1

Video dan berita mengenai meninggalnya Raja Salman menyebar pada tanggal 8 Maret kemarin. Setelah di telusuri ternyata Raja Salman masih melakukan  tugas kerajaan yakni memimpin pelantikan Duta Besar Arab Saudi yang diangkat sebagai duta di Ukraina dan juga Uruguai.

Hati-hati dengan Berita Dusta

Pada jaman sekarang memang menyebarkan dan mendapatkan berita begitu mudah. Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar masyarakat telah melek teknologi dan sangat akrab dengan yang namanya internet. Berita apapun bisa menyebar ke berbagai penjuru dunia hanya dalam waktu singkat.

Kecanggihan ini memang memberikan manfaat yang besar namun apabila digunakan untuk kejahatan maka akan memberi dampak yang juga sangat berbahaya. sobat cahaya Islam, kita perlu untuk berhati-hati dengan berita yang beredar saat ini. JIka berita yang ada  terkesan meragukan dan memang tidak ada informasi dari sumber lain yang mendukung maka sebaiknya jangan dipercaya. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Aku melihat dua orang (Malaikat), keduanya berkata: “Orang yang engkau lihat disobek mulutnya hingga telinga, adalah seorang pendusta. Ia berdusta dengan kedustaan, dibawanya kedustaan itu berkeliling atas nama dirinya hingga mencapai ufuk, maka dibuatlah ia sebagai pendusta sampai hari kiamat”.[HR. Bukhâri][1]

Kita perlu menjadi masyarakat yang jelas agar tidak mudah terbawa oleh berita bohong yang dibuat oleh orang-orang yang tidak brtanggung jawab. Alangkah baiknya jika endengar suatu berita kita simpan dahulu sebelum menyebarkannya kepada orang lain. Apabila memang sudah jelas beritanya maka bisa disampaikan kepada orang lain namun dengan syarat berita tersebut bukanlah berita yang masuk dalam kategori ghibah.

Tips menghindari berita hoax

Sobat cahaya Islam, penting bagi kita untuk mengetahui cara agar terhindardari berita hoax seperti berita mengenai Raja Salman yang baru saja tersebar. Hal yang pertama adalah jangan terlalu gagap dengan informasi. Kita harus tetap tenang ketika ada informasi yang baru saja masuk. Jangan langsung menyebarkan berita kepada orang lain jika belum diketahui faktanya. Selanjutnya jangan terlalu sibuk dengan social media. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan dibandingan mencari-cari berita yang tidak bermanfaat.

dusta

Sebagai umat islam yang beriman, kita perlu untuk menjadi orang yang menjaga lidah dan menjaga pikiran. Ketika kita qonaah dan berusaha untuk taat serta mencari ridho Allah maka Inshaallah akan diberikan petunjuk mengenai perkara apapun sehingga tidak mudah terbawa oleh fitnah akhir zaman dan juga berita-berita dusta.

Catatan kaki:

  1. Shahîh al-Bukhâri, Fathul Bâri X/507, no. 6096.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!